√ Tanaman Sambung Nyawa [Yang Sangat Banyak Manfaatnya]

4 min read

Prolog

CalonBos.com – Indonesia negara paling banyak terdapat jenis-jenis tanaman, dan tumbuhan yang dapat digunakan untuk sebagai obat herbal salah satunya adalah tanaman sambung nyawa.

Pengobatan herbal ini yang digunakan dengan tanaman-tanaman sangatlah cukup efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang cukup serius.

Pengobatan herbal memang sudah lama digunakan oleh para nenek moyang kita yang tentunya sudah lebih dahulu hidupnya dibandingkan dengan kita, untuk dijadikan sebagai obat atau penawar rasa sakit pada tubuhnya.

Keistimewaan dari pengobatan herbal ini, tidak mempunyai evek samping seperti obat-obatan kimia pada umumnya.

Salah satu tanaman yang mampu mempunyai banyak khasiat dan yang bisa mengobati berbagai penyakit kecuali kematian yaitu tanaman sambung nyawa atau akar sebiak.

Apa Itu Tanaman Sambung Nyawa

tanaman sambung nyawa
pixabay.com

Tanaman sambung nyawa, atau akar sebiak, atau daun sambung nyowo yang mempunyai nama latin Gynura procumbens ini merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk pengobatan tradisional di Indonesia.

Daun sambung nyawa ini paling banyak ditemui di Pulau Jawa, sumatera, dan di Pulau Bali.

Daun sambung nyawa sangat memiliki banyak kandungan tanim, polifenol, saponin, triterpenoid, quercetin,steroid, dan senyawa lainnya. Daun ini juga mengandung berbagai mineral seperti kalium dan natrium.

Tanaman ini dapat tumbuh liar, namun banyak juga yang berkembiakan tanaman ini dengan menggunakan stek batang. Pertumbuhan Gynura procumbens ini sangat terbilang cepat dan baik jika ditanam ditempat yang tidak terkena dengan sinar matahari langsung.

Daun sambung nyawa yang tumbuh di tempat yang dinaungi daunnya akan tumbuh lebih tipis dan akan tetapi lebih lebar untuk daunnya.

Perbungaan Tanaman Sambung Nyawa

perbungaan sambung nyawa
pixabay.com

Perbungaan dengan susunan bunga yang majemuk cawan, 2-7 cawan tersusun dalam susunan mulai (panicula). Setiap  cawan mendukung 20-35 bunga, ukuran panjang 1,5-2 cm, lebar 5-6 mm.

Tangkai karangan dan tangkai karangan 0,5-0,7 cm.

Brachtea dalam berbentuk garis berujung tumpul atau runcing, panjang 0,3-1 cm. Lebar 0,6-1,7 cm, ujung berwarna hijau atau cokelat kemerahan.

Mahhkota merupakan tipe tabung, panjang 1,5 cm, jingga kuningan atau jingga. Benang sari berbentuk jarum, kuning kepala sari berletakan menjadi satu.

Baca juga : 17+ Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Khasiat Lain Berdasarkan Penelitian

  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Mengatasi polip dan amandel
  • Mengatasi kanker dan tumor
  • Memabantu mengatas batuk sinusitis
  • Mengatasi radang tenggorokan

Manfaat Tanaman Sambung Nyawa

manfaat tanaman sambung nyawa
pixabay.com

 

Tanaman sambung nyawa ini telah bertahun-tahun sangat diandalkan oleh masyarakat Indonesia karena keampuhannya dalam pengobatan tradisional.

Berikut inilah manfaat tanaman sambung nyawa yang banyak dipercayai oleh masyarakat Indonesia dan berdasarkan penelitian dari tanaman sambung nyawa :

1. Mengatasi Gejala Sinusitis

tanaman
Abahtani

Manfaat tanaman sambung nyawa adalah dapat mengatasi sinusitis. Kondisi ini merupakan kondisi di mana rongga di sekitar hidung mengalami peradangan.

Sinusitis merupakan jenis gangguan penyakit yang dimana pernapasan kronis yang dapat terjadi hingga sampai 7 minggu lamanya.

Gejala penyakit ini meliputi sakit kepala, hidung tersumbat, hidung meler, dan nyeri wajahnya.

Cara mengatasi sinusitis adalah dengan meredakan gejalanya. Cara yang sangat ampuh dilakukan adalah menggunakan daun sambung nyawa untuk merdakan gejala-gejala tersebut.

2. Mengatasi Esofagitis

tanaman sambung nyawa
malangtoday

Manfaat tanaman sambung nyawa ini yang paling banyak disinggung selanjutnya adalah mengatasi sakit pada radang tenggorokan.

Kerongkongan atau esofagus merupakan saluran pada tenggorokan hingga tersambung ke lambung. Penyebab penyakit ini disebabkan karena naiknya asam lambung, akibat reaksi alergi, dan infeksi.

3. Membantu Pengobatan Ginjal

tanaman
beritagar

Manfaat daun ini selanjutnya adalah sebagai pengobatan ginjal. Manfaat daun ini masih berkaitan dengan efek diuretik dari daun sambung nyawa.

Obat diuretik ini untuk pengobatan ginjal diberikan untuk mengurangi penumpukan cairan pada bagian tubuh yang sakit.

4. Menurunkan Tekanan Darah

dapat membuat ruangan jadi segar
mbrilio.net

Manfaat daun sambung nyawa juga sangat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Dan daun sambung nyawa juga diketahui dapat memberikan evek Antikoagulan atau dapat mencegah penggumpalan darah. Daun sambung nyawa juga dapat memberikan efek diuretik yang mampu mengeluarkan kelebihan natrium dalam tubuh penyebab tekanan darah.

Baca Juga : 25+ macam-macam tanaman hias

5. Menjaga Saluran Pencernaan

tanaman segar
mega insurace

Daun sambung nyawa juga sangat dipercaya dapat mengatasi beberapa masalah system pencernaan. Daun ini juga sering digunakan sebagai mengatasi disentri karena daun sambung nyawa dipercaya mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Daun ini juga mampu menyembuhkan penyakit maag, dan radang lambung yang sangat umum ditemui oleh masyarakat.

6. Membantu Mengatasi Tonsillitis

tanaman segar
hipwee.com

Selain mampu mengatasi radang pada lambung dan tenggorokan, daun ini juga dapat mengatasi tonsillitis atau radang amandel.

Kondisi yang satu ini juga dapat menggangu saluran pencernaan karena membuat penderitaan kesulitan untuk menelam makanan. Radang amandel juga umumnya disebabkan karena infeksi virus atau bakteri.

Daun ini juga mampu memiliki efek antimikroba yang membuatnya dapat membantu meredakan infeksi akibat mikroorganisme tertentu.

7. Mencegah Kanker Dan Tumor

nama lain tanaman sambung nyawa
pixabay.com

Manfaat daun ini juga dapat mencegah penyakit kanker dan tumor. Daun ini memang banyak memiliki banyak sekali senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Tidak hanya dapat mencegah kanker dan tumor, daun ini juga dipercayai dapat membantu penyembuhan kadua penyakit ini.

Beberapa studi pada hewan menunjukan bahwa ekstra daun ini mampu menghambat perkembangan sel kanker yang sudah terlanjur berkembang.

8. Tanaman Sambung Nyawa Mengatasi Wasir

tanaman yang mengatasi wasir
pixabay.com

Manfaat daun ini juga selain itu mampu mengatasi wasir. Ambeien atau wasir merupakan pembengkakan vena dan perdagangan pada rektum serta anus yang terkadang juga disertai pendarahan.

Konsumsi daun ini bisa juga sebagai lalap atau jus secara rutin dapat meredakan gejala wasir.

9. Menghentikan Pendarahan

tanaman hias rumah
dekoruma

Ramuan yang berasal dari daun dan umbi tanaman sambung nyawa serta dicampurkan dengan kunyit dan beberapa bahan lainnya juga dipercayai dapat mengatasi pendarahan pada pada rahim atau pendarahan saat melahirkan. Daun sambung nyawa juga mampu melancarkan haid.

10. Pengobatan Infeksi Kulit

tanaman pengobatan
pixabay.com

Daun ini juga mampu mengatasi berbagai infeksi kulit mulai dari bisul hingga gigitan serangga. Daun ini juga dapat meredakan peradakan serta meradakan gejala seperti gatal-gatal yang umumnya muncul ketika terjadi infeksi kulit.

11. Tanaman Sambung Nyawa Menghilangkan Tetanus

tanaman penghilang tetanus
pixabay.com

Daun ini mampu menyembuhkan dan menghilangkan tetanus yang diakibatkan karena benda berkarat.

Cara menggunakan daun ini, siapkan 2 kencur, lalu bengle setengah, dan gula arena tau enau secukupnya. Kemudian tambahkan 2 gelas air lalu direbus hingga tersisa 1 gelas, setelah itu diminum air tersebut rutin setiap hari hingga tetanus benar-benar hilang.

Cara Perbanyak Tanaman Sambung Nyawa

Selain berfungsi menjadi aksentuasi pada tampilan interior, kehadiran tanaman hias juga dapat memberikan sirkulasi udara yang sejuk dan menyegarkan.
dekorasirumah

Cara perbanyaknya tanaman ini dapat dilakukan dengan menggunakan menyetek batang. Pertumbuhan batang dan daunnya cepat sehingga dapat segera dimanfaatkan. Tanaman akan tumbuh baik pada tempat ternaungi karena helaian daun lebih tipis dan sangat lebar, sehingga lebih enak untuk dimakan segar.

Baca juga : cara mencangkok tanaman

Cara Menggunakan Daun Tanaman Sambung Nyawa

tanaman hias rumah
tanaman indor.com

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengambil manfaat daun sambung nyawa. Jika anda menadapatkan daun sambung nyawa yang sangat segar.

Maka anda dapat mengonsumsi sebagai lalapan atau merebusnya dan mencampurkan dengan bahan-bahan lain sesuai dengan kebutuhan anda. Cara mengolahnya daun ini dengan menjadikannya jus.

Pengobatan menggunakan daun ini untuk infeksi kulit dapat dilakukan dengan cara membalurkan, daun ini yang sudah ditumbuk kebagian kulit yang terkena infeksi. Jika kesulitan untuk mendapatkan daun ini, anda bisa membeli daun ini yang banyak dijual di daring.

Cara lainnya yang sangat peraktis lagi adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun sambung nyawa yang sudah tersedia dalam bentuk kapsul.

Sebelum anda mengonsumsi daun ini, anda sebaiknya juga memahami terlebih dahulu efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat herbal yang satu ini.

Penggunaan daun ini untuk ibu hamil tidak disarankan. Selain itu, jika anda mempunyai penyakit tertentu dan sedang menjalani pengobatan, maka sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan daun sambung nyawa ini sebagai pengobatan.

Jadi, konsumsilah daun sambung nyawa ini sesuai aturan dengan tidak berlebihan.

Selamat mencoba dan semoga yang calonbos informasikan bermanfaat untuk anda semua.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *