√ Macam-macam Tanaman Hias Daun [Yang Harus Diketahui]

4 min read

Prolog

Calonbos.com – Tanaman hias daun pasti mempunyai banyak macam-macamnya dan sangat banyak untuk dijadikan tanaman hias. Jenis tanaman ini termasuk yang sangat banyak diminati oleh para pecinta alam ataupun ibu rumah tangga.

Terdapat banyak alasan kenapa tanaman ini sangat banyak diminati dan sangat sering dijadikan hiasan di kantor maupun dirumah.

Alasan-alasan ini diantaranya adalah karena perawatannya yang sangat cukup mudah dan harganya pun tidak terlalu mahal. Meski perawatannya sangat mudah, dan sangat terbukti merawat tanaman hias daun membuat seseorang senang.

Macam-macam tanaman hias

tanaman hias daun yang bagus untuk kesegaran dirumah anda
m.brilio.net

Kelebihan yang lain dari tanaman hias ini adalah menjadikan tempat sekitarnya dan ruangan disekitarnya Nampak menjadi segar, dan tanaman ini menjadikan seseorang yang melihatnya menjadi rileks sehingga mampu mengurangi stress.

Tak hanya merilekskan pikiran akan tetapi tanaman hias ini juga mampu mengurangi kecemasan dan membantu pikiran kreatifnya bagi orang didekatnya.

Tak heran, jika kebanyakan rumah-rumah orang kaya, kantor-kantor, dan perusahaan-perusahaan memilih tanaman ini untuk menghiasi ruangan kerja mereka.

Ada banyak sekali macam-macam tanaman hias daun ini yang dapat dijadikan pilihan diantaranya :

1. Lili Paris

ruang tengah tanaman hias daun
rooangan.com

Tanaman ini merupakan jenis tanaman daun yang mempunyai daun yang panjang. Tanaman ini hanya memiliki daun yang sangat unik dan tidak ada satu pun bunganya. Maka dari itu tanaman ini digolongkan sebagai tanaman hias daun.

2. Calathea

tanaman hias daun calathea
youtube

Tanaman hias yang satu ini adalah tanaman hias calathea yang dimana tanaman ini sangat diminati masyarakat. Karena tanaman ini memang sangatlah indah karena memiliki corak daun yang sangat beragam.

Untuk masalah perawatannya jangan khawatir karena tanaman ini sangatlah mudah untuk merawatnya, cukup memberikan air setiap harinya, selain itu tanaman ini juga akan cepat tumbuhnya.

Jangan pernah pergi ke rumah sakit atau dokter yang apabila tanaman di kantornya sudah mati.

3. Puring

tanaman hias puring
kompasiana.com

 

Warna daun yang dimiliki pada tanaman hias ini sangatlah eksotis dengan perpaduan empat warna, yaitu kuning, hijau, merah, dan hitam. Tanaman ini berbentuk perdu dengan bentuk daun yang sangat bervariasi, seperti oval, memanjang, dan bergelombong.

Diantara macam-macam tanaman hias puring ini yang cantik adalah puring arjuna, puring anting raja, dan puring asmara jingga.

4. Kuping Gajah

tanaman hias daun gajah
lumikasa.com

Tanaman selanjutnya adalah tanaman kuping gajah yang sudah tidak asing lagi pada tanaman ini.

Tanaman kuping gajah adalah tanaman yang sangat diminati oleh banyak orang, karena tanaman ini yang sangat unik dan perawatannya sangatlah mudah sekali.

5. Sri Rezeki

tanaman hias daun
idea.grid.id

Nama lain tanaman hias ini adalah Aglaonema tanaman ini sangatlah cukup populer dan tanaman ini juga mudah ditanam dan tidak memelukan perawatan yang intensif.

Namun, tanaman ini juga tidak boleh terkena cahaya matahari dengan secara langsung dan harus disimpan di tempat yang cukup lembab.

Baca juga : cara menanam cabe

6. Kadaka

tanaman hias daun indor
magazine.job.like.com

Tanaman kadaka atau yang seirng disebut sebagai tanaman pakis sarang burung ini memiliki daun yang sangat tebal dan bisa anda temukan tanaman ini di hutan.

Pada waktu dahulu, tanaman ini dianggap tidak berharga karena dianggap sebagai daun hama, namun sekarang tanaman hias ini cukup laris di pasar-pasar karena tampilannya yang sangat unik

7. Daun Dollar

tanaman hias daun dolar
womantalk.com

Zamia kulkas biasa disebut sebagai tanaman dollar. Selain memiliki tampilan yang sangat unik, jenis zamia kulkas ini juga sangat mudah untuk berkembang biak yang menyesuaikan dengan lingkungannya.

Zamia kulkas juga mampu hidup dengan cahaya yang sangatlah minim. Bisa anda letakkan dalam sebuah ruangan kantor, rumah, maupun apartemenserta tanaman hias ini juga sangat tahan terhadap serangan hama serta penyakit.

Benih tanaman kebahagiaan adalah, harapan, keberhasilan, dan cinta itu semua akan kembali kepada anda semua dalam keadaan yang melimpah. ini adalah suatu hukum alam.

8. Lidah Mertua

tanaman hias daun lidah mertua
intisari.grid.id

Lidah mertua atau nama lainnya adalah Sansevieria adalah marga tanaman hias yang sangat cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah, karena tanaman lidah mertua juga tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sanseviera sangat banyak meminati karena selain bagus dan unik, tanaman lidah mertua juga bisa dijadikan sebagai penetralisir rasun pada udara di dalam rumah anda.

9. Alokasia

tanaman hias daun indor
shopback

Salah satu tanaman hias daun selanjutnya adalah Alokasia. Banyak yang menyebut tanaman ini sebagai tanaman keladi. Tidak salah sepenuhnya jika tanaman ini disebut sebagai tanaman keladi oleh masyarakat awam.

Karena bentuknya sangatlah mirip dengan keladi. Bentuk daun tanaman ini sangatlah mirip dengan hati dan memiliki umbi.

Baca juga : Budidaya tanaman melon

10. Pisang Kipas

tanaman hias daun indor pisang kipas
agoda

Pisang kipas merupakan anggota tanman dari suku atau jenis pisang-pisangan yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Disebut sebagai tanaman hias pisang, karena bentuknya yang sangat persis seperti ppohon pisang.

Pisang kipas biasanya disebut sebagai sebutan madagaskar. Pisang kipas mempunyai nama sains yang namanya adalah Revenala Madagascariensis. Pisang kipas ini merupakan salah satu dari bagian tanaman pisang hias.

Tumbuhan ini termasuk bagian dari tumbuhan monokotil.

11. Kolesom Jawa

tanaman hias daun
hipwe.com

Kolesom jawa atau gingseng jawa atau nama lainnya adalah Talinun paniculatum adalah spesies tanaman daun dari genius TALINUM.

Tanaman ini dimanfaatkan sebagai tanaman hias daun dan digunakan juga sebagai obat untuk penambah stamina.

Baca juga : jenis-jenis tanaman bonsai

12. Suplir

tanaman hias daun
popmama.com

Tanaman hias daun yang satu ini adalah suplir, tanaman ini memiliki habitat asli dipinggir-pinggir sungai yang ternaung pada pepohonan, karena itu suplir membutuhkan sedikit cahaya matahari untuk bisa tumbuh dengan baik.

Karena itu tanaman ini harus di tarukan di tempat yang teduh contohnya di dalam rumah. Jenis tanaman ini juga tidak terlalu banyak membutuhkan air.

13. Keladi Red Star

tanaman hias daun indoor
99.com

Keladi red star mempunyai warna yang sangat cantik pada urat daunnya yang terbentuk bintang dan berwarna merah cerah, tangkai daun tanaman hias daun ini berwarna agak kemerahan (pink) dengan belang hitam.

Untuk merawat tanaman ini cukup disiram setiap paginya saja, untuk penyiramannya harus ke medianya jangan ke daun.

14. Palem Zamia

tanaman palam di dalam rumah
damailand.com

 

Tanaman hias daun selanjutnya adalah palem zamia dengan nama lainnya adalah Arecaceae atau palmae.

Ini juga merupakan jenis tanaman hias daun yang sangat cukup populer dan sangat mudah untuk dipeliharanya.

Tanaman ini juga sangat bermanfaat untuk membersihkan udara di rumah anda.

Baca juga : jenis tanaman hidroponik

 15. Spider Plant

tanaman hias daun
fauna dan flora

Untuk anda yang mempunyai bahan yang sangat terbatas, tanaman hias daun yang satu ini sangatlah cocok untuk menghiasi ruangan di rumah anda karena ukuranya yang sangat mini.

Tanaman ini asli dari Afrika.

Tanaman hias daun yang sangatlah mudah untuk dipelihara dan sangat dijamin bisa memperindah tampilan ruangan dengan bentuk daunnya yang terkesan unik.

Itulah beberapa macam-macam tanaman hias daun yang bisa anda coba.

Cinta itu bagaikan tanaman yang sangat berharga.

Kau harus teratur untuk merawat dan menyiraminya

Sungguh-sungguh merawat dan memupukinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *