√ 7+ Jenis Tanaman Hias Batang Beserta Nama Latinnya

4 min read

Prolog

Tanaman hias batang dalam penjabaran umumnya adalah merujuk kepada semua tumbuhan dan tanaman yang memang sengaja ditanam sebagai komponen taman di halaman rumah, kebun rumah, sebagai penghiasan acara-acara, sebagai bunga potong, dan sebagai mempercantik ruangan.

Ada begitu banyak macam-macam tanaman hias, ini khususnya di negara Indonesia.

Berdasarkan jenisnya, tanaman hias ini terbagi menjadi 5 kelompok, yaitu : tanaman hias batang, tanaman hias akar, tanaman hias bunga, tanaman hias daun, dan tanaman hias buah.

Sedangkan berdasarkan tempatnya, ada juga tanaman hias gantung, tanaman hias biasa, dan ada juga tanaman hias air.

Oleh karena itu, jika saat ini anda sedang ingin menanam tanaman hias batang di rumah anda. Maka alangkah lebih baiknya anda harus melihat dulu bagaimana ulasan dari calonbos.com ini yang akan membahas tentang mengenai tanaman hias batang.

Berikut ini contoh dan penjelasannya :

Jenis Tanaman Hias Batang dan Contohnya

Tanaman Hias Batang Bambu air

tanaman hias bambu air
javalandscape.com

Tanaman hias bambu ini merupakan salah satu jenis tanaman hias batang yang hidup disebuah daratan akan tetapi dengan memakai genangan air.

Tanaman bambu ini dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah bamboo air belang, dan bambu air hijau putih, atau yang biasa sering disebut dengan bambu air kuning.

Bambu air menjadi salah satu jenis tanaman hias batang yang sangat cukup populer dan sudah banyak sekali orang yang membudidayakannya.

Tinggi pada tanaman bambu air ini hanya bisa mencapai 3 meter saja.

Batang yang berwarna hijau segar dan ukuran diameternya cukup kecil dibandingkan dengan jenis tanaman bambu yang lainnya.

Daun pada tanaman bambu air ini keluar diantara sendi-sendinya, dan menyerupai cincin yang berwarna coklat yang terdapat pada rongga batang tersebut.

Jenis tanaman hias batang ini sering dikenal juga dengan nama paku ekor kuda, karena tekstur yang runcing dan warnanya juga hijau seperti tanaman paku.

Tanaman bambu ini juga sangat diminati oleh sebagian banyak orang, karena merupakan jenis tanaman yang sangat cantik.

Apalagi jika tanaman hias ini dijadikan sebagai tanaman hias indoor, sehingga akan banyak orang yang betah memandangnya.

Bambu air juga merupakan contoh jenis tanaman hias batang yang mempunyai permintaan yang sangat cukup banyak, oleh para pencinta tanaman hias.

Tanaman hias bambu air juga jelas berbeda dengan cara penanaman kelompok tumbuhan berbiji terbuka karena menurut calonbos.com lebih sulit menanam tanaman hias bambu dibanding dengan kelompok tumbuhan berbiji terbuka.

Konon katanya tanaman hias bambu ini mempunyai hoki yang snagat bagus jika disimpan di suatu kamar rumah, selain itu jug acara menanamnya memang sangatlah mudah dan tidak sulit dilaksanakannya.

Tanaman Hias Batang Bambu Kuning

Tanaman Hias Batang Bambu Kuning
jualbibittanaman.com

Tanaman hias bambu kuning merupakan salah satu tanaman hias yang sangatlah unik, karena bentuknya yang mini.

Tanaman tersebut mempunyai cabang atau ruas batang berwarna kuning dengan ukuran kecil, ramping, dan bertumbuh tidaklah sangat besar.

Itulah sebabnya mengapa tanaman hias ini biasa disebut dengan bambu kuning mini.

Biasanya bambu ini digunakan sebagai ornamen tanaman, taman, dan juga sebagai tanaman pembatas atau border.

Tanaman bambu kuning juga bisa digunakan untuk edging dan backround.

Jika anda menginginkan jenis backround yang bagus maka sebaiknya ditanam dengan berkelompok agar tanaman tersebut terlihat indah dan rimbun.

Tanaman bambu kuning juga bisa disimpan di dalam ruangan, anda bisa manaruhnya di dekat jendela agar bisa terkena cahaya matahari secara tidak langsung.

Tanaman bambu kuning ini biasanya harus ditaruhkan ditempat yang teduh dan harus kena sinar matahari juga sepanjang hari.

Uniknya lagi tanaman ini katanya sangat ampuh untuk mengusir setan atau hantu.

Di balik keindahan tanaman bambu ini juga.

Ternyata tanaman hias bambu ini juga sangat banyak memiliki akan manfaatnya.

Tanaman hias bambu kuning ini sering kali menghiasi taman-taman yang berada di pekarangan rumah, atau bisa juga dipakai sebagai pagar rumah.

Negara China dan India, biasanya tanaman bambu ini dijadikan sebagai tanaman pengobatan yang alternatif.

Tanaman Hias Batang Palem Bambu

tanaman hias batang
pixabay.com

Tanaman hias selanjutnya adalah tanaman hias palem bambu. Tanaman ini tidak termasuk ke dalam jenis tanaman bambu-bambuan.

Tanaman hias palem bambu ini merupakan tanaman hias batang yang sangatlah sering digunakan dan sering dibudidayakan juga.

Cara tumbuh dari tanaman palem bambu ini dengan bergerombolan, dan itulah yang membuat tanaman palem bambu yang menjadi unik.

Sebenarnya tanaman atau pohon palem bambu ini sangat sering dijadikan sebagai tanaman indoor.

Karena tanaman ini mempunyai kelebaihan yaitu, mampu membersihkan udara yang kotor di dalam suatu ruangan.

Bahkan jika anda perhatikan, tanaman hias bambu ini juga sebuah jenis tanaman yang sering ditaruh dibeberapa tempat bioskop agar terlihat sejuk dan indah.

Kegunaan Dan Kelebihan Dari Tanaman Palem Bambu Ini Yaitu :

  • Mampu bertahan di dalam ruangan yang dingin.
  • Mampu menyerap udara yang kotor
  • Memiliki jenis dan yang sangat kuat
  • Memiliki umur yang panjang dan kuat

Tanaman Hias Batang Kamboja

Tanaman Hias Kamboja
pkkprovpapua.com

Tanaman hias batang secara umum yaitu jenis tanaman hias yang mempunyai keunikan dan keindahan tersendiri yang biasa dilihat dari bentuk atau warna batangnya.

Salah satu jenis tanaman hias batang yang indah dan sangat banyak dikagumi yaitu tanaman kamboja.

Ada 2 jenis macam tanaman kamboja yaitu tanaman kamboja biasa dan tanaman kamboja jepang atau adenium.

Tanaman kamboja biasa adalah tanaman yang sering anda lihat di pemakaman atau kuburan, sedangkan kalau tanaman kamboja jepang merupakan tanaman kamboja adenium.

Akan tetapi kedua jenis tanaman kamboja ini masih 1 jenis atau masih satu spesies.

Perbedaannya adalah, pada tanaman kamboja Jepang ukuran batangnya lebih besar dan akarnya juga menyerupai umbi.

Tanaman kamboja biasa yaitu lebih memiliki bentuk batang yang kecil, dan bagian akarnya juga mempunyai bentuk yang sangat normal dan tidak sama dengan umbi.

Sedangkan bentuk tanaman bagian atasnya lebih besar dan lebih condong memanjang.

Menanam tanaman kamboja biasa dan kamboja jepang sangatlah berbeda dengan cara menanam bunga matahari karena cara menanam bunga matahari lebih gampang dari pada menanam kamboja biasa dan kamboja Jepang.

Tanaman hias bunga kamboja jepang ciri-cirinya adalah sebagai berikut :

  • Bagian dalam batangnya berwarna putih dan basah
  • Di setiap 2-3 cm pada bagian batangnya terdapat tunas yang tidak bergetah
  • Kulit batangnya hijau, keputih-putihan dan juga sangatlah halus

Tanaman Hias Batang Palem Merah

Palem Merah
home.co.id

Tanaman selanjutnya adalah palem merah, tanaman hias batang yang satu ini memang sangatlah populer untuk digunakan sebagai penghias halaman rumah.

Nama tanaman palem merah ini diambil dari batangnya sendiri yang berwarna merah. Dari batangnya itulah tanaman ini mempunyai keunikan tersendiri.

Tanaman hias ini juga memang hampir mau punah, bisa anda lihat juga dari masyarakat yang sudah jarang memelihara tanaman ini.

Agar tanaman ini tetap terjaga dan tetap hidup, anda juga bisa memakai beberapa macam-macam pupuk agar tanaman tersebut selalu terjaga.

Hal itu disebabkan karena ada pemburuan secara besar-besaran di hutan sumatera.

Tanaman Hias Batang Mammillaria Elongata

tanaman bambu
pixabay.com

Jenis tanaman hias yang terakhir ini tergolong ke dalam family kaktus yang mini.

Nama lainnya adalah Mammillaria Elongata mempunyai batang yang sangat cukup banyak dan bergerombolan. Dan di permukaan batangnya juga ditumbuhi duri-duri yang halus dan sangat lebat.

Jika anda ingin mempercantik ruangan kerja anda maka pakailah kaktus mini ini, dan taruhkanlah di tempat yang sangat sulit untuk dijangkau oleh anak-anak agar tidak terkena tusukan duri kaktus tersebut.

Sekian mengenai tanaman hias, apabila ada kesalahan mohon di koment di bawah, dan berilah masukan-masukan yang positif.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *