√ 17+ Desain Kolam Ikan Sederhana [Terbaru 2020]

6 min read

macam ikan kolam air tawar

Kolam Ikan Sederhana – Rumah harus menjadi tempat nyaman bagi para penghuninya. Rumah bukan hanya saja sebagai tempat tinggal, akan tetapi juga sebagai salah satu tempat melepas rasa lelah setelah seharian beraktivitas.

Untuk mendapatkan suatu kenyamanan di rumah, tidak sedikit orang rela merombak berapa sudut bagian rumahnya, mulai dari ruang tamu, teras, hingga taman belakang rumah.

Meskipun mempunyai minimalis alias tidak terlalu besar, tetap saja pasti semua orang ingin mempunyai tempat tinggal yang begitu nyaman.

Keberadaan kolam yang berada di rumah juga dapat menghilangkan rasa bosan bagi para penghuninya. Jika anda ingin membuat kolam di halaman rumah tetapi merasa sulit untuk membuatnya, anda dapat mencontoh beberapa desain kolam ikan yang sederhana, kolam ini bisa juga sebagai salah satu contoh kolam budidaya ikan.

Berikut ini akan calonbos.com jelaskan yaitu :

Kolam Ikan Minimalis Outdoor Seperti Akuarium

jenis kolam ikan
pixabay.com

Memang paling nikmat jika menikmati pemandangan ikan peliharaan di kolam ikan minimalis yang berada di depan halaman rumah. Selain menambah keindahan depan rumah, proses pada perawatan dan pembersihan kolam pada kolam minimalis juga akan semakin mudah.

Anda bisa menciptakan kolam ikan minimalis bergaya akuarium rendah yang bisa ditempatkan pada posisi lantai menggantikan fungsi pada dinding pembantas tertentu. Cukup sisakan sedikit ruang untuk sebuh kolam ikan tersebut. Selamat mencoba.

Kolam Ikan Dengan Dekorasi Alami

jenis kolam ikan koi
pixabay.com

Anda ingin mempunyai kolam ikan dengan dekorasi alam yang tidak susah dan tidak ribet? Anda dapat  membuat kolam ikan dengan dekorasi alam yang tidak bakalan menguras kantang anda dan tidak terlalu ribet dalam pembuatan kolam tersebut.

Aksesoris yang perlu anda pakai hanya batu alam, pepohonan yang berukuran sedang dan rindang, dan juga anda bisa memakai air mancur sebagai alat tambahan.

Dengan memakai air mancur maka latar bagian rumah anda akan menciptakan suasana yang sangat segar.

Kolam Ikan Minimalis Depan Rumah

jenis kolam ikan nila
dekoruma.com

Salah satu gaya kolam ikan yang sangat minimalis dan sangat favorit yaitu yang berukuran di  bawah pinggang dan benar-benar cocok untuk anda nikmati sambal duduk santai di pembatasnya.

Anda juga bisa menghadirkan kolam ikan yang minimalis ini memang sangatlah pas di belakang maupun di depan bagian halaman rumah anda dengan mengukur ruangan yang masih ada.

Anda juga dapat mengecek di web Avantela.com disana membahas tentang design dan juga dekorasi rumah.

Anda juga jangan lupa untuk selama menambahkan tanaman hijau dan sistem pada udara yang juga sangatlah berkesan minimalis untuk tampilan depan rumah dengan kolam ikan minimalis yang paling indah.

Kolam Ikan Minimalis Dengan Kombinasi Kaca

jenis kolam ikan hias
dekoruma.com

Dengan perpaduan yang benar-benar sangatlah pas antara konkrit dengan kaca, anda dapat menghadirkan sebuah kolam ikan yang sangat minimalis dari yang lain. Dengan hiasan layar kaca ini dan menikmati acara tarian pada ikan yang semakin mengasyikkan sekali.

Yang lebih uniknya lagi dari kolam ikan sederhana ini, desain dari kolam ini didesain dan dibuat di tengah-tengah taman dalam rumah.

Desain kolam ikan minimalis ini memang benar-benar cocok sekali buat kalian yang ingin menambahkan kesan tradisional dengan suatu aksen modern di dalam rumah anda sendiri.

Kolam Ikan Yang Sangat Elegan

jenis kolam ikan patin
pixabay.com

Sekilas terlihat kalau area kolam ini mempunyai kolam ikan yang di sekat-sekat terpisah.

Akan tetapi pada dasarnya, kolam ikan minimalis ini adalah sebuah kolam yang besar dan sekaligus menjadi tempat bagi ikan-ikan cantik di dalamnya.

Anda bisa menciptakan sebuah ruangan yang khusus untuk untuk menikmati kola mini setiap saat, yakni dengan cara menambahkan bangku dan sofa empuk.

Hasilnya, kolam ikan minimalis yang tadinya hanya berbentuk kolam biasa, sekarang kola mini bisa menjadi sebuah area bersantai dan beristirahat dengan bangku sofa yang sangat elegan.

Kolam Ikan Mini yang Hemat Tempat

jenis kolam ikan gurame
Grid.ID

Kolam mini ini sangatlah cocok untuk anda yang tidak mempunyai banyak ruang kosong, kolam ikan mini ini dihadirkan di taman belakang rumah anda dengan cara menyekat ruang seadanya saja.

Dengan dinding keramik dan pembatas kaca, kolam ikan ini bisa berukuran lebih dari 1 meter, akan tetapi kolam ini bisa anda jadikan dekorasi rumah anda yang membuatnya sejuk.

Kolam Ikan Minimalis Dengan Struktur Effisien

jenis kolam ikan mujair
pixabay.com

Pada umumnya kolam ikan minimalis berbentuk simetrus baik persegi panjang maupun berbujur sangkar dalam mengikuti pola rumah yang dihuni, akan tetapi kolam ikan yang minimalis ini tidak mengikuti aturan-aturan main pada umunya.

Dengan posisi yang sejajar dengan dinding rumah tersebut, kolam ikan ini hadir dalam ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan porsi ruangan yang masih kosong.

Jadi walaupun tidak simetris, kolam ikan ini malah membaur dengan apik di depan halaman belakang rumah anda.

Kolam Ikan Lingkaran dan Klasik

jenis kolam ikan mas
pixabay.com

Kolam ikan minimalis yang sangat ideal untuk berada di halaman rumah anda, berbentuk lingkaran pada kolam ikan ini sangat cocok sekali sebagai tambahan yang sangat manis.

Jangan lupa untuk mendekorasi halaman rumah anda agar terlihat sangat indah yang dikelilingi oleh kolam ikan yang minimalis ini dengan aksen yang masih alami seperti batu-batuan hingga tanaman kecil yang sangat sesuai.

Kolam Ikan Perpaduan Platform Kayu dan Bernuansa Alami

jenis kolam ikan minimalis
idea.grid.id

Kolam ikan ini akan menimalis yang sangat sederhana tanpa banyak polesan sama sekali. Akan tetapi, penambahan pada platform kayu di sekelilingnya mampu menjadikan nilai tambahan yang sangat evektif dan membuat suasana semakin hangat.

Jika anda tidak ingin merepotkan dengan dekorasi yang bermacam-macam, maka anda bisa memilih satu saja dekorasi yang utama yang berukuran besar seperti kendi raksasa di dalam kolam ikan menimalis tersebut.

Calonbos.com jamin, pasti kolam ikan yang minimalis tersebut akan terlihat lebih hidup tanpa melihatnya membosankan sama sekali.

Kolam Ikan Minimalis Berlukuk Indah

kolam ikan sederhana
dekoruma.com

Jika anda menginginkan kolam ikan minimalis dengan bentuk dan lekukan yang khusus, maka desain kuston bisa kalian jajaki dengan penyediaan jasa pembuat kolam ikan minimalis tersebut.

Selain bisa disesuaikan dengan besarnya ruangan, anda juga bisa mengatur budget yang sesuai dengan kebutuhan anda sendiri.

Kolam Ikan Fiber

kolam ikan minimalis
se.china.container.com

Bicara tentang cara pembuatan kolam fiber, tentunya akan menjadi salah satu produk yang sangat penting sekali yang harus anda punya. Sebab kolam ini begitu besar kegunaannya untuk anda yang ingin membudidaya ikan atau ingin memelihara ikan di kolam fiber ini.

Memang sekarang banyak orang yang ingin mempunyai kolam ikan yang berjenis fiber ini, yang terdapat di halaman rumah maupun di bagian belakang rumah.

Walaupun memang tidak terlalu besar dan kelihatan begitu mewah dan juga sangat indah.

Kolam Terpal

kolam ikan dalam rumah
pinterest.com

Kolam terpal merupakan salah satu kolam yang memanfaatkan lahan yang sempit dan seadanya saja dengan bagian dasar dan dindingnya dilapisi oleh terpal.

Kolam ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang sangat utama dalam membudidayakan ikan biasanya untuk kolam terpal ini biasa dibudidayakan dengan budidaya ikan sidat dan cara membuat kolam ini juga terbilang tidak cukup mahal.

Kolam terpal juga dapat anda bentuk-bentuk sesuai dengan keinginan anda sendiri. Akan tetapi, kolam ini juga dapat dibentuk dengan berbentuk bundar, persegi panjang maupun persegi empat, sesuai dengan bentuk kerangka atau bidang dasar kolam tersebut.

Kolam Tanah

kolam ikan depan rumah
pixabay.com

Pada umumnya, kolam tanah ini digunakan sebagai tempat membudidayakan ikan entah itu budidaya ikan gurame maupun budidaya ikan kerapu oleh para peternak dan pembudidaya hingga sampai sekarang.

Kolam tanah ini yang juga dikenal dengan sebutan Blumbang, Empang, ataupun Balong. Ini merupakan kolam dengan lebih dari 90% ditutupi oleh tanah disetiap dindingnya.

Keunggulan pada kolam ini yaitu :

Keunggulan :

  • Pemeriharaan dan penopang dengan bahan yang alami yakni dengan lahan tanah
  • Kaya akan dengan mikroorganisme yang sangat baik untuk pakan ikan lele seperti cacing
  • Pergantian air tidak terlalu sering dilakukan karena untuk menghemat air, dan bahkan akan bertahan hingga musim panen tiba

Kekurangan :

  • Memerlukan bidang tanah yang cukup luas untuk membudidayakan
  • Rentan terhadap hama, bakteri, dan juga penyakit yang sangat tidak sehat bagi kesehatan ikan
  • Sulit untuk mengontrol pada suhu kolam karena kondisi cuaca yang masih kurang menentu
  • Sangat sulit untuk proses penyortiran ikan karena sulit terlihat di air yang keruh sehingga akan membahayakan kelangsungan hidup ikan tersebut

Perawatan, pembersihan dan juga pengolahan untuk kolam ini lebih memerlukan tenaga dibandingkan dengan kolam yang lainnya.

Kolam Beton (semen)

kolam terpal
pixabay.com

Kolam beton (semen) ini menggunakan metode kolam yang memang sangat mirip dengan kolam tanah. Akan tetapi bagian dasar yang menjadi konstruksi kolam ini adalah dinding yang terbuat dari semen, sehingga kola mini tidak mudah rusak dan bocor.

Berikut adalah keunggulan dan kekurangan dari kolam beton tersebut :

Keunggulan :

  • Struktur pada kolam yang sangat kokoh akan memperlama waktu penggunaannya dibandingkan dengan kolam terpal
  • Mampu mengontrol pada perubahan suhu sehingga ikan tersebut tidak mudah stres dan terserang penyakit juga
  • Pengaturan dan perawatan air kolam akan mudah terjaga
  • Dapat bertahan lama sehingga sangat jarang mengalami kerusakan

Kekurangan :

  • Baik bahan maupun konstruksi akan membutuhkan biaya yang relatif sangat besar
  • Saat kolam beton mengalami kerusakan, maka kolam tersebut akan sangat sulit untuk diperbaiki
  • Bau pada semen yang muncul dalam kolam tersebut perlu dilestarikan terlebih dahulu
  • Lumut akan sangat mudah tumbuh pada permukaan semen

Kolam Drum

macam kolam ikan minimalis
pixabay.com

Kolam drum adalah kolam yang sebagian besar berbahan plastik dan besi dan memang sangat tergolong kuat.

Kolam jenis ini sangat bagus untuk membudidayakan ikan gurame, karena sangat mudah dalam perawatan maupun pembersihannya.

Kolam ini juga memang mudah untuk ditata serta mempunyai kualitas lebih bagus dibandingkan dengan kolam tanah dan kolam terpal.

Keunggulan :

  • Perawatan lebih mudah dan bisa dipindah-pindahkan
  • Terhindar dari bakteri dan penyakit
  • Pengontrolan air kolam lebih sangat mudah dilaksanakan
  • Masa penggunaan juga lebih panjang
  • Lebih mudah mengontrol perubahan suhu
  • Bahan yang digunakan drum ini tidak mudah berkarat dan sangat tahan lama

Kekurangan :

  • Biaya yang digunakan sangat mahal
  • Daya tampung pada ikan lebih sedikit
  • Air kolam harus sering diganti

Kolam Keramba

macam kolam ikan hias
pixabay.com

Keramba merupakan metode pembudidayaan ikan dengan memanfaatkan jarring atau keramba yang panjang sebagai kerangka untuk menopang kolam ikan tersebut.

Kolam keramba biasa dibuat di beberapa perairan sepereti contohnya di sungai, waduk, danau, bahkan dibagian pulau juga ada. Kolam keramba juga biasa dipakai untuk budidaya ikan kerapu atau budidaya ikan gurame.

Namun keramba juga dapat dipasang dikolam tanah atau seperti empang agar lebih mudah untuk pengontrolan pada ikan tersebut.

Jenis kolam keramba juga biasa dikenal sebagai kolam tambak dan penerapan kolam keramba juga sangat mirip dengan kolam tanah.

Kolam Plastik

macam kolam ikan koi
pixabay.com

Penerapan kolam lebih mirip sepereti kolam terpal, hanya saja kolam ini dilapisi dengan lembaran-lembaran plastik. Metode konstruksi dilakukan dengan menggali tanah terlebih dahulu dan membuat kerangka dari kayu.

Secara umum, keunggulan dan kelemahan dari kolam plastik ini sama saja dengan kolam terpal. Akan tetapi, kola mini sangat beresiko tinggi untuk bocor, robek dan akan tidak tahan lama.

Diperlukan usaha dalam pencegahan untuk mengantisipasi hal tersebut, bisa dengan menambahkan plastik dengan beberapa bahan yang lainnya seperti karung bekas, karpet bekas, dan bisa juga memakai plastik bekas.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *