√ Cara Mudah Membuat Kerajinan dari Plastisin Terbaru 2020

4 min read

kerajinan dari plastisin dan cara pembuatannya

Kerajinan dari Plastisin – Plastisin merupakan salah satu mainan yang sangat disukai oleh anak-anak.

Di Indonesia sendiri sangat banyak para pengrajin dan juga para pembuat karya seni yang sangat kreatif dan juga unik. Salah satunya yaitu kerajinan dari plastisin.

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat plastisin, maka di artikel ini calonbos.com akan berbagi informasi apa itu plastisin, pengertian plastisin dan juga tentang bahan apa saja yang nantinya akan digunakan untuk membuat plastisin dengan sangat mudah.

Sebenarnya adonan plastisin ini sudah banyak sekali tersedia diberbagai toko-toko, akan tetapi adonan yang nantinya calonbos gunakan ini sangat jauh lebih mudah apabila anda buat sendiri di rumah. Dan juga cara membuat plastisin ini sangat mudah dan tidak terlalu sulit.

Berikut ini cara pembuatannya:

Contoh Kerajinan dari Plastisin

Berikut ini merupakan contoh-contoh kerajinan yang dapat anda  buat dengan menggunakan plastisin sebagai salah satu bahan utamanya, antara lain:

Kerajinan dari Plastisin – Bentuk Gajah

kerajinan dari plastisin dan cara membuatnya
pixabay.com

Jika anda ingin membuat kerajinan dalam bentuk gajah yang sangat mudah dan juga sederhana, maka anda harus banyak membuat plastisin yang berwarna hitam, , abu-abu dan juga putih.

Plastisin berwarna hitam berfungsi untuk mewarnakan mata, plastisin berwarna abu-abu itu untuk bagian pada tubuhnya, plastisin berwarna putih untuk gading.

Pertama : Anda dapat mengambil sepotong besar tanah liat dan dapat membuat mata dari tanah tersebut. Dan anda dapat memberikan sedikit dan juga memanjang.

Lalu kemudian anda dapat membuat bola mata sebanyak empat untuk kakinya, duanya untuk bagian telinga dan satunya untuk bagasi.

Lalu anda dapat membuat sosis tipis kecil untuk bagian ekor tersebut.

Buatlah sebanyak empat kaki dan juga empat bola, dua bola tersebut dapat anda ratakan dengan menjadikan telinga.

Langkah kemudian tempelkan pada kaki, telinga ekor, dan juga batang pada bagian tubuhnya. Sapukan jahitan dengan menggunakan jari anda dengan cara lembut.

Buatlah dua buat mata yang berukuran kecil dari kerajinan plastisin berwarna hitam. Kalau dengan warna putih anda dapat membuat dua sosis, lalu kemudian tekuk sedikit dan tempelkan pada bagian bawah batang.

Gajah sudah jadi.

Kerajinan dari Plastisin – Bentuk Siput

kerajinan dari plastisin beserta cara membuatnya
pixabay.com

Kerajinan selanjutnya yaitu membuat siput dari kerajinan plastisin. Kerajinan satu ini memang benar-benar sangat unik dan juga cocok banget untuk dapat anda jadikan sebagai salah satu bahan mainan anak-anak.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kerajinan dari plastisin:

Merancang

Rancangan ini merupakan suatu ide untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan lunak yaitu plastisin, jika rancangan tersebut sudah bagus maka hasil yang nanti ditunggu juga akan bagus.

Siapkan Bahan dan Alat

Jika rancangan sudah dapat anda buat, maka anda tinggal mempersiapkan beberapa alat dan juga bahan utamanya yang mempunyai nilai yang utama dan juga bagus berkualitas, agar memperoleh hasil yang result dan juga baik.

Buatlah Benda Sesuai dengan Rancangan

Jika semuanya sudah anda siapkan, maka anda sudah dapat membuat polanya terlebih dahulu agar mudah untuk dibentuk dan juga dapat mempercepat suatu proses pembuatan.

Penyelesaian

Pada tahap terakhir ini anda tinggal rapihkan saja dan juga berikan tambahan sebuah hiasan sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Kerajinan dari Plastisin – Bentuk Hiu

kerajinan dari plastisin
pixabay.com

Kerajinan yang satu ini sangatlah lucu dan juga lebih mudah untuk anda buat, anda hanya dapat menyiapkan bahan lunak tersebut atau plastisin sebagai salah satu bahan utamanya dan anda dapat mengikut tutorial untuk cara pembuatannya di video ini.

Cara Membuat Playdough atau Plastisin

kerajinan dari plastisin yang bermanfaat
pixabay.com

Berikut ini adalah turorial cara membuat kerajinan plastisin, yaitu sebagai berikut:

1. Sediakan Air Sebanyak Satu Gelas

Anda dapat menuangkan air sebanyak satu gelas ke dalam mangkuk atau ke dalam baskom yang besar untuk dapat menampung dan juga bisa mengaduk bagian seluruh bahan yang nantinya akan anda campurkan.

2. Tambahkan Pewarna

Anda dapat memberikan pewarna makanan sesuai dengan warna yang anda inginkan, akan tetapi jangan terlalu banyak dalam memberikan pewarna makanan tersebut.

Karena semakin banyak anda memberikan pewarna, maka plastisin yang nantinya akan anda hasilkan akan semakin pekat dan juga akan kurang baik.

3. Masukkan Bahan Kering

Setelah anda sudah memberikan pewarna, lalu proses selanjutnya yaitu masukkanlah tepung sebanyak 5 gelas dan juga air sebanyak 1,5 gelas garam ke dalam baskom yang sudah anda isi dengan air pewarna.

4. Beri Minyak Goreng

Setelah anda sudah memberikan tambahan minyak goreng, fungsi dari pemberian minyak disini agar dalam pembuatan plastisin nantinya akan lebih mudah untuk dibentuk.

Hal yang pertama anda dapat memberikan minyak sebanyak 3 sendok makan.

Apabila adonan tersebut sudah menggumpal atau sudah mulai terlihat kering, maka anda dapat memberikan tambahan lagi sekitar beberapa sendok agar tidak mongering.

5. Remas-Remas Adonan Tersebut

Proses selanjutnya anda dapat meremas-remas adonan pada plastisin tersebut dengan menggunakan dua tangan anda sampai terasa lembut dan juga tingkat pada kelembabannya sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Pada langkah ini apabila adonannya menggumpal dan kering, maka anda harus menambahkan minyak sebanyak 3 sendok makan.

6. Penyimpanan Plastisin

Apabila sudah hangat, anda dapat membuat dengan menyerupai bentuk pola. Adonan ini sudah siap digunakan untuk mainan anak-anak, terutama sebagai keterampilan dalam membentuk.

Kalau sudah tidak anda gunakan, maka segera anda simpan plastisin tersebut ke dalam wadah yang sekiranya kedap dengan suara, sebagai contoh plastik.

Hal tersebut bertujuan agar adonan plastisin ini dapat tetap dalam keadaan lembut dan juga dapat dengan mudah untuk anda bentuk.

Tips Membuat Playdough

kerajinan dari plastisin bentuk taman
pixabay.com
  1. Seandainya anda berkeinginan menaruh permainan playdough ini atau plastisin setelah selesai dipakai, maka kalian bungkuslah mainan tersebut ke dalam kantong Ziplock atau wadah berbahan plastik agar mainan tersebut yang demikian tidak mudang mengering. Anda juga dapat menaruh plastisin ke dalam lemari es untuk membuatnya lebih awet. Umumnya lilin plastisin ini dapat bertahan selama 3-7 hari dikala anda simpan pada lemari es.
  2. Anda tidak boleh meremehkan fungsi pada garam, sebab garam yang ditambahkan ke dalam adonan itu mempunyai fungsi sebagai pengikat air, sehingga tekstur yang kenyal dan juga kelembaban pada adonan dapat bertahan lebih lama.
  3. Untuk bahan minyak goreng hal yang demikian bisa anda ganti dengan minyak bayi (baby oil) yang mempunyai wewangian jauh lebih wangi, hal yang demikian dikhususkan sekiranya adonan tidak memakai minyak wangi.

Jenis Permainan dari Plastisin

1. Belajar Bangun Datar

kerajinan dari plastisin bentuk mobil
pixabay.com
  • Ajari terhadap anak-anak anda bahwa mereka itu akan bermain dalam membuat bermacam-macam wujud memakai lilin plastik sebagai bahan utamanya. Diawali dari benetuk yang paling simpel dulu, seperti membuat sebuah buletan. Ajak juga anak-anak anda untuk mengaitkan ke dunia nyata yang terdapat di sekitar mereka.
  • Tak cuma membikin sebuah lingkaran, pola yang awam dipakai merupakan membikin wujud segiempat lalu sambungkan dengan barang-barang yang berada di sekitar mereka pada dunia nyata.
  • Langkah terakhir yakni dengan membikin wujud segitiga.

2. Mengenal Angka dan Huruf

kerajinan dari plastisin yang mudah
pixabay.com
  • Ajarkan dan kenalkan terhadap anak anda bahwa mereka itu akan bermain permainan angka dan huruf.
  • Ambilah kertas lalu kemudian gambar salah satu angka sebagai sebuah model untuk buah hati.
  • Lalu kalian ajarkan anak untuk memipihkan lilin, kemudian susun hingga menyusun sebuah angka.
  • Lakukan hal-hal yang demikian sampai anak dapat dengan mandiri tanpa ada gambar. Hal yang demikian seharusnya dikerjakan dikala keadaan anak sedang ceria, jangan pernah untuk memaksa anak anda, sebab anda anda hal yang demikian akan gampang bosan dengan permainan yang diulang.

3. Mengenal Hewan

kerajinan dari plastisin yang simple
pixabay.com
  • Meminta terhadap sang anak untuk menceritakan seumpama nama binatang atau apa saja yang ia kenal, usahakan binatang yang mereka sukai serta yang gampang untuk disusun.
  • Kalian ajarkan terhadap anak untuk bermain dengan menyusun sebuah binatang yang ia berkeinginan dengan menerapkan lilin plastik.
  • Biarkan sikecil itu berfantasi dengan menyusun binatang yang paling ia sukai.

4. Mengenal Buah dan Tumbuhan

kerajinan dari plastisin bentuk bunga
pixabay.com
  • Kasih sebuah penjelasan terhadap si anak, tentang berbagai ragam tumbuhan yang ia temui disekitar mereka.
  • Ajak anak anda dalam mengumpulkan tentang ragam bunga dan juga tumbuhan
  • Kalau daun telah dikumpulkan, karenanya ajari anak-anak untuk membikin cap pada lilin plastisin dengan berbagai wujud daun
  • Kalau berharap menyusun buah, ajaklah anak anda untuk berkreasi dengan membikin wujud buah 3 dimensi cocok apa yang si anak anda kenal tentang buah, apa saja formatnya mesti diberi apresiasi terhadap anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *