√ 7+ Kerajinan dari Pelepah Pisang Sangat Unik dan Mudah

5 min read

kerajinan dari tangan

Kerajinan dari Pelepah Pisang – Banyak sekali sumber daya alam (SDA) di sekitaran kita, salah satunya yaitu pisang.

Pisang adalah salah satu tanaman yang sangat mudah sekali untuk tumbuh dan juga berkembangbiak.

Maka sudah tidak heran lagi jika masyarakat sudah banyak yang membudidayakannya.

Karena bagian seluruh tumbuhan pisang tersebut dapat anda pergunakan, salah satunya yaitu pelepahnya yang sangat sering sekali untuk dibuat kerajinan.

Untuk saat ini sangat banyak sekali benda-benda unik yang banyak sekali dibuat sebagai bahan dasar pelepah pisang kering.

Cara membuat kerajinan tangan dari bahan ini memang tidak terlalu sulit, anda cukup membuat desainnya saja yang anda ingin buat.

Lalu setelah itu anda dapat menyiapkan peralatan sekaligus bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai pelengkap bahan utama yaitu pelepah pisang.

Pengertian Kerajinan Tangan

kerajinan dari pelepah pisang yang mudah dibuat
pixabay.com

Kerajinan tangan merupakan suatu produk yang menciptakan produk barang yang dilakukan oleh tangan dan mempunyai fungsi pakai atau keindahan sehingga mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

Kerajinan yang mempunyai kualitas tinggi tentu harganya akan sangat mahal, jika anda mempunyai keterampilan dan mampu berusaha untuk membuat suatu produk.

Mungkin dengan kerajinan yang nantinya akan anda miliki akan menjadi suatu usaha yang sangat benar-benar menjanjikan.

Tips dan Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang

Kerajinan dari Pelepah Pisang
p2tel.or.id

Jika anda menginginkan untuk membuat kerajinan yang mampu untuk mendapatkan hasil produk yang sangat berkualitas baik, tentu saja anda harus mempunyai beberapa bahan-bahan.

Contohnya: seperti pelepah pisang yang produknya sangat baik juga.

Maka dari hal inilah anda harus benar-benar pintar dalam memilih jenis pelepah pisang yang mampu mempunyai kualitas yang baik.

Salah satu dari pelepah pisang yang sangat baik dan juga berkualitas yaitu yang pelepahnya sudah kering di pohonnya.

Mengapa harus memilih pelepah pisang yang sudah kering? Jawabannya adalah agar anda tidak perlu untuk melakukan proses penjemuran lagi.

Agar produk yang nantinya akan dihasilkan ini mempunyai kesan yang sangatlah alami, dan sebaikanya juga anda tidak perlu untuk menggunakan bahan pewarna ataupun bahan buatan.

Para pengrajin biasanya memakai warna alami dari pelepah pisang tersebut dengan menyesuaikan tema pada produk yang nantinya akan digunakan.

Untuk cara penempelannya (perekatan) pada potongan-potongan dari pelepah pisang anda dapat menggunakan dengan memakai lem seperti lem kertas, dan juga lem fox.

Harga lem fox itu sendiri sangat terbilang cukup mahal, akan tetapi sangat seimbang dengan daya rekat yang nantinya akan dihasilkan.

Jika anda ingin membuat sebuah lukisan dari pelepah pisang, anda dapat membuatnya dengan memakai triplek untuk dijadikan sebagai media tempat lukisan.

Anda juga dapat menggunakan dengan media yang lainnya seperti : karton tebal, kayu, Dsb.

Kalau untuk cara menempelkan pelepah ke media tersebut, anda dibebaskan untuk memakai cara apa saja yang anda mau.

Akan tetapi anda juga harus perhatikan sebelum anda hendak menempelkam pelepah pisang pada media tersebut.

Sebaikanya anda membuat desain lukisan yang anda ingin buat terlebih dahulu.

Misalnya, anda ingin membuat lukisan kaligrafi, maka pada lukisan tersebut biasanya dapat menggunakan latar belakang yang hampir gelap semua.

Jika sudah kering, baru anda dapat menempelkan kaligrafi tersebut yang telah anda buat dari pelepah pisang yang mempunyai warna terang.

Agar pelepah pisang dapat menempel dengan cara baik, maka anda dapat menggunakan pemberat saat anda sedang menempelkannya.

Contoh Kerajinan dari Pelepah Pisang

kerajinan dari pelepah pisang kering
sarungpreneur.com

Jika kerajinan pelepah pisang dibuat oleh tangan-tangan kreatif serta mempunyai imajinasi yang sangat baik.

Maka pelepah pisang tersebut dapat dijadikan suatu kerajinan tangan yang mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Di bawah ini juga sebagai contoh kerajinan yang dibuat dengan menggunakan pelepah pisang sebagai salah satu bahan utamanya yang dibuat oleh para pengrajin Indonesia.

Cara Membuat Lukisan dari Pelepah Pisang

kerajinan dari pelepah pisang yang sudah kering
pixabay.com

Perlu anda ketahui bahwasanya pelepah pisang ternyata dapat dijadikan sebagai sebuah lukisan, untuk cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit, untuk anda yang ingin langsung mempraktekkannya.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu anda persiapkan, yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan pelepah pisang yang sudah kering
  • Gunakanlah triplek sebagai bahan alas
  • Siapkan bahan cat bening
  • Siapkan gunting
  • Siapkan frame untuk lukisannya
  • Siapkan juga lem sebagai bahan perekat
  • Dsb

Jika bahan semua sudah anda siapkan, maka anda dapat langsung untuk membuatnya. Yakni dengan cara membuat pola gambar yang anda inginkan terlebih dahulu.

Lalu kemudian anda dapat mengguntingnya setelah itu menempelkan pelepah pisang tersebut sesuai pola yang sudah anda buat pada media tadi.

Sesudah anda oleskan dengan menggunakan cat bening anda dapat mengeringkan atau menjemurnya disinar matahari, lalu proses yang terakhir yaitu pasang frame agar dapat mempercantik tampilang lukisan tersebut.

Cara Membuat Tas dari Pelepah Pisang

kerajinan dari pelepah pisang contohnya
pixabay.com

Tadi calonbos.com sudah membahas tentang bagaimana cara membuat lukisan dari pelepah pisang.

Perlu anda ketahui, bahwasannya pelepah pisang ini tidak hanya dapat dibuat menjadi sebuah lukisan saja, akan tetapi masih banyak kerajinan yang dapat anda buat dengan menggunakan bahan pelepah pisang.

Contoh kerajinan yang selanjutnya adalah cara membuat tas dari pelepah pisang. Untuk dapat membuat tas yang sangat indah nan cantik. Anda hanya membutuhkan bahan-bahan yang diperlukan  sebagai berikut :

  • Pelepah pisang
  • Pisau
  • Benang Kasur
  • Warna finishing
  • Cat pernis
  • Dsb

Jika bahan-bahan yang di atas sudah anda siapkan, maka langkah selanjutnya yaitu proses pembuatan, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan tas sebagai berikut.

  1. Jemur pelepah pisang tersebut yang sudah anda bilah
  2. Jemur pelepah pisang selama 11 hari, agar kandungan pada air tersebut dapat hilang
  3. Buatlah rajutan dengan menggunakan bahan-bahan dari bilah dan pelepah pisang yang sudah dijemur tadi
  4. Agar tas dapat menjadi kuat maka anda dapat lem pada serat pelepah pisanf tersebut lalu anda ikat dengan benang kasur tersebut
  5. Percantikkan tampilan pada tas yang sudah anda buat dengan cara memberikan sebuah warna apa saja yang anda inginkan

Cara Membuat Tempat Tisu dari Pelepah Pisang

Cara Membuat Tempat Tisu dari Pelepah Pisang
pixabay.com

Apabila anda ingin membuat kerajinan berupa tempat tisu, maka anda harus menyuiapkan terlebih dahulu bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan.

Berikut ini adalah beberapa bahan dan peralatan yang perlu disiapkan sebelum membuat tempat tisu, yaitu sebagai berikut :

  • Persiapkan kardus tisu bekas
  • Dedaunan
  • Pelepah pisang yang sudah dikeringkan dan juga sudah distrika
  • Lem kayu
  • Dan juga biji-bijian

Kalau sudah anda siapkan bahan-bahan dan peralatan yang di atas tersebut, maka langkah selanjutnya adalah proses pembuatan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat tempat tisu, antara lain:

  1. Potong tipis-tipis pelepah pisang tersebut
  2. Tempelkan pelepah pisang yang sudah anda potong tadi
  3. Keringkan pelepah pisang yang telah anda potong-potong tadi
  4. Gunakanlah lem untuk penempelannya (perekatan)
  5. Setelah itu anda dapat menunggu sampai lem tersebut sudah kering

Cara Membuat Bunga dari Pelepah Pisang

Cara Membuat Bunga dari Pelepah Pisang
pixabay.com

Anda harus mengetahui bahwasannya pelepah pisang juga dapat dijadikan sebagai bunga replika lho, bunga yang nanti dihasilkannya juga tidak akan kalah cantik dengan bunga-bunga yang asli..

Replika pada bunga yang dibuat dari pelepah pisang ini dapat dijadikan sebagai hiasan ruang kantor, ruang tamu, ruang kelas, maupun ruang guru.

Selain dari itu juga, kerajinan ini mempunyai beberapa nilai jual yang cukup tinggi.

Berikut ini adalah alat-alat yang perlu anda persiapkan, yaitu sebagai berikut:

  • Gunting
  • Pulpen
  • Penggaris
  • Dsb

Adapun bahan-bahan yang anda dapat persiapkan, yaitu sebagai berikut:

  • Pelepah pisang yang sudah anda keringkan (jemur)
  • Kertas kreps yang berwarna
  • Staples
  • Kawat atau lidi
  • Pylox
  • Dsb

Jika semua peralatan tersebut sudah anda persiapkan dengan baik, maka anda bisa untuk langsung membuatnya dengan cara mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Gambar pola yang berbentuk persegitiga dengan memakai pulpen didaun pisang yang sudah dijemur tadi, lalu anda dapat mengguntingnya dan juga mengikuti pola yang telah kalian gambar.
  2. Ambilah pola yang telah digunting kemudian anda dapat menusuk pada bagian tengah pola yang berbentuk segitiga tersebut. Dengan cara demikian, maka pola tersebut akan berbentuk kerucut.
  3. Kemudian kalian dapat membuat dua pola, yaitu denan cara membuat 5 buah pola yang berbentuk oval pada pada daun pisang yang telah dikeringkan, perlu anda ketahui bahwasannya pola tersebut nantinya akan menjadi kelopak bunga.
  4. Buatlah daun pisang yang tadi sudah berbentuk oval menjadi melengkung, yaitu dengan cara menggesekkan memakai penggaris.
  5. Lalu, kemudian anda dapat mengambil pola yang telah anda buat kerucut dan juga satu pola dengan oval yang sudah melengkung. Lalu dapat diberikan streples pada bagian ujung pola tersebut dengan bagian luar kerucut (dibalik).
  6. Langkah berikutnya adalah ambil bagian pola yang melengkung lainnya, lalu setelah itu anda dapat menstreplesnya lagi sampai berjumlah 5 buah. Kemudian anda dapat memyloxnya sesuai dengan warna yang anda inginkan.
  7. Langkah yang terakhir, masukkan dan rangkailah dalam sebuah pot ataupun vas bunga anda dapat membuatnya dengan memanfaatkan botol air mineral yang telah didaur ulang. Isi dengan daun kering dan juga kerikil lalu anda dapat memyloxnya pada bagian luar agar terlihat jauh lebih menarik.

Cara Membuat Sandal dari Pelepah Pisang

Cara Membuat Sandal dari Pelepah Pisang
pixabay.com

Kerajinan selanjutnya yaitu cara membuat sandal dari pelepah pisang, jika anda ingin membuat kerajinan yang satu ini, caranya itu sama dengan cara membuat tas.

Hanya saja yang membedakan itu yaitu dari segi bentuk pada anyaman yang sudah dibuat.

Untuk peralatan itu sendiri dan juga bahan-bahannya yang nantinya akan dipakai itu sama dengan membuat kerajinan yang lainnya.

Cara Membuat Tempat Pensil dari Pelepah Pisang

kerajinan dari pelepah pisang tempat pensil
pixabay.com

Selanjutnya yaitu cara membuat tempat pensil dari pelepah pisang sebagai bahan utamanya. Untuk membuat tempat pensil itu sendiri anda dapat menggunakan dengan pelepah pisang yang sangat sederhana.

Untuk bahan dan alat-alat yang digunakan itu sendiri terdiri dari:

  • Gunting
  • Kertas karton
  • Lem
  • Biji-bijian
  • Dsb

Langkah-langkah dalam membuatnya, yaitu sebagi berikut:

  1. Bentuk kertas karton tersebut dengan keinginin anda yang sama bentuknya seperti tempat pensil
  2. Tempelkan beberapa pelepah pisang ke kertas karton
  3. Anda dapat menambahkan biji-bijian sebagai penghias tempat pensil
  4. Dan tempat pensil yang anda buat telah selesai

Manfaat Dari Kerajinan Tangan

Manfaat Dari Kekerajinan dari pelepah pisang tempat pensilrajinan Tangan
pixabay.com

Disini calonbos.com akan memberitahu apa saja manfaat dari kerajinan tangan itu sendiri antara lain yaitu:

  1. Melatih kreativitas
  2. Mengisi luang waktu
  3. Menjadi ladang bisnis
  4. Mengajar anak untuk mengikuti intruksi
  5. Membangun kepercayaan diri anda
  6. Melatih kesabaran anda
  7. Menghemat
  8. Melatih kemampuan motoric pada anak anda

Nah, itu adalah daftar kerajinan yang dibuat dengan menggunakan pelepah pisang sebagai bahan utamanya.

Semoga artikel ini dapat anda jadikan sebagai referensi dalam berkarya. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *