√ 12+ Kerajinan dari Kulit Kerang yang Sangat Unik

5 min read

kerajinan dari kulit kerang

Kerajinan dari Kulit Kerang merupakan salah satu kerajinan tangan lokal yang benar-benar sangat dikenal banyak orang karena mempunyai keindahan dan juga keunikan.

Sehingga banyak orang yang sangat suka dengan kerajinan kulit kerang ini.

Kerajinan dari kulit ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Sehingga banyak disukai oleh para kolektor di Indonesia.

Nilai jual dari kerajinan ini saja dapat mencapai juta-an rupiah lho, bahkan kerajinan ini sudah banyak di expor sampai ke luar negeri.

Maka dari itu kali ini calonbos akan membahas artikel tentang kerajinan dari kulit kerang.

Kerajinan dari Kulit Kerang Mencapai Pasar Eropa

kerajinan dari kulit kerang menggunakan teknik
pixabay.com

Info ini dapat dari hasil wawancara kepada Bpk Yitno Pribadi, ada seorang pengrajin kulit kerang yang berasal dari daerah Desa Sumber Waras, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada hari itu memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya karena mempunyai misi untuk memperluas workshop Husna Art dan juga ingin membantu ekonomi masyarakat desanya sendiri.

Yitno Pribadi mulai merintis bisnis barunya sejak tinggal di Ubud, Bali sejak tahun 2004 silam, dan pada waktu itu Yitno Pribadi merupakan seorang pegawai disebuah hotel.

“Saya sudah kerja selama 20 tahun di perhotelan dan sudah merasakan lelah dan capeknya, dan saya ingin mempunyai usaha sendiri” tutur Yitno.

Dengan mempunyai modal kulit kerang serta cangkang. Yitno mulai memasarkan kerajinannya tersebut berupa lampu hias yang dia buat sendiri melalui mulut ke mulut dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 1,5 juta rupiah.

Para pencinta kerajinan yang dibuat oleh Bpk Yitno ini tidak hanya dari Indonesia saja, akan tetapi banyak juga yang berasal dari luar negeri.

Di luar negeri sendiri banyak sekali kerajinan yang dibuat dari cangkang itu dan sangat banyak yang menyukainya karena keindahan dan keunikannya, terutama di negara Jepang, Australia, dan juga Jerman.

Tidak hanya itu saja, masih banyak yang mengejutkan lagi dan tentunya membuat bangga bagi anak bangsa ini yaitu lampu hias bermerk Paul Neushaus yang berasal dari Jerman ini merupakan buatan dari Bpk Yitno yang dibuat di Banyuwangi.

Penghasilan dari Kerajinan Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang dan cara pembuatannya
pixabay.com

Setiap harinya Yitno dapat membuat 150 produk kerajinan lampu hias dari kulit kerang ini, dan omsetnya pun dalam waktu sebulan tidak main-main bisa mencapai Rp. 100 juta-an.

Rata-rata pada tiap bulan itu terdapat satu truk/container yang dikhususkan untuk mengekspor keluar negeri.

Bpk Yitno juga saat itu pernah menceritakan tentang kesuksesan dia dalam berbisnis itu tidak luput dari peran sebuah PT. Permodalan Nasional Madani (PNM).

PNM ini sendiri yang memberikan sebuah pinjaman modal untuk bisnisnya dalam suatu program pembiayaan dalam Usaha Mikro, kecil, dan juga menengah.

Kreasi Kerajinan dari Cangkang Kerang

Kulit kerang ternyata dapat dibuat beragam jenis kerajinan dengan berbagai bentuk yang nantinya dihasilkan, mulai dari yang sangat mudah maupun yang sangat sulit, dan juga mempunyai nilai jual yang benar-benar sangat tinggi.

Berikut ini calonbos.com akan memberitahu contoh kerajinan dari cangkang kerang yang sangat mudah.

1. Lampu Hias dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang dan cara membuatnya
pixabay.com

Kerajinan yang dibuat dari cangkang kerang yang pertama ini yaitu lampu hias. Hasil dari kerajinan yang satu ini mempunyai nilai jual yang benar-benar tinggi.

Maka dari itu anda tidak perlu ragukan lagi tentang kehebatan dan fungsinya, karena dari hasil ini rumah anda akan kelihatan menjadi lebih indah dan cantik.

Pada lampu yang menyala di dalam rangkaian cangkang kerang tersebut banyak sekali ragam modelnya, akan menjadi daya tarik tersendiri.

Jadi, kira-kira anda tertarik atau tidak untuk membuat atau megoleksi hiasan dari kerajinan cangkang kerang ini?

2. Hiasan Dinding dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang kecil
pixabay.com

Lukisan yang ada di atas tersebut merupakan sebuah lukisan yang dibuat dengan menggunakan cangkang kerang sebagai bahan utamanya.

Pada lukisan yang dibuat dari cangkang kerang dapat mempunyai keindahan dan juga kecantikan tersendiri yang tidak ada duanya.

Selain mempunyai bentuk dan corak yang begitu indah, kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan dan juga sumber kekayaan Indonesia yang mampu dapat menopang penghasilan dari masyarakatnya.

Bahkan untuk saat ini saja, kerajinan yang dibuat dari kulit kerang ini mampu diekspor sampai ke luar negeri.

Bagaimana menurut anda?

Apakah anda ingin mencobanya?

3. Cermin dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang dara
pixabay.com

Jika anda bosan dengan penampilan cermin yang hanya gitu-gitu saja, maka untuk saat ini juga anda dapat mengubahnya hingga menjadi yang sangat menarik dengan menggunakan hiasan dari cangkang kerang.

Dengan begitu juga, maka tampilan cermin anda akan jauh berbeda dan akan menjadi menarik, dan calonbos.com jamin anda tidak akan merasa bosan lagi.

4. Tempat Tisu dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang yang mudah dibuat
pixabay.com

Biasanya kotak tisu itu mempunyai desain yang sangat benar-benar polos, maka hal ini tentu anda akan membosankan sekali, benar?

Jika anda ingin menghias kotak tisu anda, maka anda dapat mencobanya dengan cara menggunakan cangkang kerang sebagai bahan untuk penghiasanya.

Dengan memakai banyak warna dan juga corak pada kerang tersebut, anda dapat memilih dan dapat menghiasi kotak tisu tersebut dengan sesuai selera anda sendiri.

Selamat mencoba.

5. Bunga dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang
pixabay.com

Kerajinan yang selanjutnya yaitu bunga. Apakah anda kesulitan dalam membuat bunga? Nah, jadi disini calonbos.com akan memberitahu bagaimana membuat kerajinan bunga dari cangkang.

Jadi tidak semua bunga saja yang dapat anda buat dari bahan kulit tersebut, ternyata bunga juga dapat anda buat dengan menggunakan cangkang kerang sebagai bahan utamanya lho.

Jadi anda dapat membeli kerang hias tersebut ke toko souvenir sesuai dengan apa yang nantinya akan anda butuhkan.

Lalu kemudian anda dapat menyusunnya sampai berbentuk bunga dengan cara memakai lem fox atau memakai lem alteco dan juga bisa memakai lem tempak.

Agar dapat menempel dengan keras dan juga agar bertahan lama. Jika anda sudah selesai, maka dapat anda beri warna sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

Gimana guys, benar-benar gampang kan cara membuatnya? Bunga replica yang sudah anda buat dapat anda letakkan pada sudut ruangan atau dapat anda letakkan di atas meja kantor maupun meja ruang tamu.

Maka hal tersebut akan menjadi pusat perhatian karena mempunyai keunikan dan juga kecantikan tersendiri.

6. Gelang dan Kalung dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang hijau
pixabay.com

Lalu kerajinan selanjutnya yaitu gelang dan juga kalung yang dapat anda buat dengan menggunakan kerang sebagai salah satu bahan utamanya.

Perhiasan ini sangat identik dengan bahan yang terbuat dari emas, sebagai contoh perhiasan seperti kalung dan juga gelang.

Perhiasan ini ternyata dapat dibuat  dengan menggunakan kulit kerang yang sangat mudah.

Maka hasil dari buatanya juga tidak kalah cantik dengan perhiasan yang dibuat dari bahan utama emas.

anda juga dapat menggabungkan antara variasi gelang dan juga kalung emas anda dengan menggunakan cangkang kerang, hehehe mau dicoba?

7. Replica Hewan dari Kulit Kerang

cara membuat hewan dari kulit kerang
pixabay.com

Tak hanya kerajinan di atas meja saja yang dapat anda buat dengan menggunakan cangkang kerang, ternyata sangat banyak sekali beragam dengan bentuk jenis hewan.

Maka dari itu disini calonbos.com akan memberikan contoh hewan yang dapat anda buat dengan menggunakan cangkang kerang yaitu:

  • Kepiting
  • Landak
  • Kura-kura
  • Ikan
  • Dsb.

“Anda dapat membuatnya sendiri, untuk menghias rumah anda sendiri agar menjadi sangat menarik.

Selamat mencoba”

 8. Lampion dari Kulit Kerang

membuat lampion dari kulit kerang
pixabay.com

Kerajinan selanjutnya yaitu cara membuat lampion dari cangkang kerang yang benar-benar sangat mudah.

Perlu anda ketahui bahwasanya lampion kerang hias ini mempunyai harga nilai jual cukup tinggi lho. Sudah tidak perlu diragukan lagi untuk fungsinya untuk rumah anda jadi indah.

Lampu yang nantinya akan menyala di dalam rangkaian kulit kerang tersebut akan menjadi daya tariknya.

Jadi kapan anda mau mengoleksi kerajinan ini?

9. Vas Bunga dari Kulit Kerang

vas bunga dari cangkang kerang
pixabay.com

Kerajinan selanjutnya yaitu kerajinan berupa vas bunga yang dibuat dengan bahan utama cangkang kerang.

Pada vas bunga yang satu ini terbuat dari bahan utama yaitu cangkang kerang sebagai salah satu bahan utamanya.

Kerajinan yang satu ini juga mempunyai penampilan yang sangat cantik dan juga sangat menarik anda harus mencobanya.

Vas bunga ini juga sangat cantik sekali jika anda letakkan vas tersebut di meja ruang tamu, kantor, maupun ruang guru.

Apakah anda ingin mencobanya?

10. Bros dari Kulit Kerang

kerajinan dari kulit kerang
pixabay.com

Bros yang terbuat dari cangkang kerang juga tidak kalah menarik dengan bros yang terbuat dari bahan lainnya, sebagai contoh seperti dari bahan kain flannel.

Dengan anda memakai bros ini dapat membuat tampilan anda menjadi berbeda dan akan menjadi keren karena mempunyai keunikannya dan kecantikannya.

11. Tirai dari Kulit Kerang

tirai dari kulit kerang
pixabay.com

Tirai yang terbuat dari bahan kerang ini mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi. Fungsi dari tirai ini dapat memperindah rumah anda jika anda pasang pada pintu ataupun anda pasang pada cela-cela jendela.

Selain untuk memperindah ruangan juga, kerajinan yang satu ini benar-benar sangat cocok sekali untuk anda pasang pada rumah makan ataupun café-café yang dapat memunculkan suasana yang benar-benar tenang dan juga nyaman seperti di pesisir pantai.

Benar-benar kreatif nan unik kan?

12. Foto dari Kulit Kerang

bingkai foto dari kerang
pixabay.com

Kerajinan yang terakhir yaitu cara membuat bingkai dari cangkang kerang. Untuk anda yang ingin membuat kerajinan yang satu ini sangat sederhana sekali dan cukup murah untuk peralatannya.

Anda dapat membuat pigura dengan menggunakan kertas karton, dan dapat memberikan hiasan dengan menggunakan kulit kerang.

Pigura kerang ini sangat siap dipakai untuk memajang foto anda semua yang benar-benar unik, keren dan juga murah yang pastinya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *