√ Inilah 17+ Jenis-Jenis Tanaman Bonsai [Tercantik dan Terindah]

5 min read

Bonsai Beringin

Calonbos.com – Jenis-Jenis Tanaman bonsai adalah sebuah tanaman yang sangat kerdil dan biasanya juga bisa ditanam di dalam pot atau di polybag.

Biasanya tanaman ini dibuat sebagai miniature dari bentuk asli pohon yang besar yang sudah sangat tua di alam bebas untuk hiasan di dalam rumah maupun di dalam ruang kerja.

Dengan adanya tanaman bonsai ini, kamu bisa melihat keindahan pohon yang aslinya sangat besar dan sudah tua di halaman rumah sendiri.

Jenis tanaman bonsai ini berasal dari negara Jepang yang dibuat untuk sebagai seni miniaturisasi tanaman yang dikenal dengan sebutan penjing dari Dinasti Tang.

Ada salah satu di kuburan putra Maharani Wu Zetian terdapat sebuah lukisan dinding yang menggambarkan pelayanan perempuan yang sedang membawa pohon berbunga dalam pot yang sangat dangkal. Pot yang kecil dan dangkal itu merupakan miniaturisasi dari pemandangan alam.

Mari kita simak diartikel ini, kira-kira apa saja sih jenis-jenis tanaman bonsai yang terbaik dan sangat rekomended. Cekidot!!

Jenis-Jenis Tanaman Bonsai

1. Jenis-jenis Tanaman Bonsai Adenium

tanaman bonsai adenium
123rf

Jenis tanaman yang terbaik ini berasal dari jenis tanaman bergenus yaitu Adenium. Asal asli bunga ini berasal dari dataran Arab dan Afrika. Namun di negara-negara Asia juga sudah di tumbuh kembangkan salah satunya di Indonesia.

Warna bunga yang sangat indah yang berwarna ungu dan coraknya yang berwana putih akan menghiasi rumah dan ruangan kerja kamu.

Cara merawatnya cukup sangat mudah, seperti tanaman Adenium biasanya, hanya disiram setiap paginya dan sorenya dengan secara rutin dan diletakkan di tempat yang mendapatkan cahaya sinar matahari.

2. Jenis-jenis Tanaman Bonsai Bougenville

bonsai Bougenville
anekagambarbentukbonsai

Bonsai bougenville atau kerap biasa disebut dengan bunga kertas ini adalah sebuah jenis tanaman bergenus Bouganvillea.

Spesies bunga ini sangat banyak tumbuh di negara Indonesia dengan jenis Bougenvillea glabra. Biasanya berwarna bunga yang dihasilkan pada tumbuhan ini adalah berwarna pink keunguan.

Bunga ini akan mempercantik rumah dan ruangan kerjamu apabila dipasang untuk sebagai hiasan.

Bougenvillea memiliki bunga yang berwarna ungu yang sangat indah dan bunganya sangat tipis. Namun lebat juga bunganya.

Membuat taman di rumah anda menjadi hidup dan tampak atraktif.

3. Jenis-jenis Tanaman Bonsai Azalea

Bonsai Azalea
redbuble

Satu lagi jenis tanaman bonsai yang sangat indah untuk berada di rumah anda semua, yaitu bonsai azalea.

Azalea merupakan spesies berjenis Rhododendrom indicum yang berasal dari negara Jepang. Bunganya berwarna merah muda yang apabila jika mekar bunganya akan terlihat sangat indah dan sangat menarik.

Untuk menanamnya pastikan kelembapan pada tanahnya agar jenis tanaman bonsai azalea ini menjadi awet dan untuk memperindah interior ruangan tamu anda maupun eksterior rumah dalam waktu yang lama.

4. Jenis-jenis Tanaman Bonsai Beringin

 

Bonsai Beringin
Dekoruma

Jenis tanaman bonsai selanjutnya adalah bonsai beringin, tanaman bonsai ini bergenus Ficus, bonsai jenis ini sangat akrab dengan kultur budaya di Indonesia.

Bahkan, pohon beringin ini diabadikan sebagai salah satu pohon yang berlambang di ideology Pancasila.

Bonsai beringin dengan ciri khas daunnya kecil-kecil namun sangat rimbun akan daunnya, bahkan mempunyai batang yang sangat unik, sehingga sangat terlihat seperti karya seni.

Baca juga : Tanaman hias daun

5. Jenis-jenis Tanaman Bonsai Pinus

Bonsai Pinus
bonsaiempire

Bonsai pinus juga menjadi salah satu jenis tanaman untuk mempercantik ruangan tamu pada rumah perlu anda ketahui bahwa jenis tanaman bonsai berjenis tanaman genus.

Artinya jenis spesies pohonan inilah sangat banyak.

Maka dari itu, anda bisa memilih bentuk pohonan pinus ini yang cocok untuk ditanam di lingkungan rumah anda.

Biasanya tanaman bonsai pinus ini sering kita ketemui berasal dari spesies Pinus thunbergii. Tanaman ini sangat memiliki keunikan dengan daun-daun yang tampak seperti lukisan.

6. Bonsai Baobab

Bonsai Baobab
facebook.com

Bonsai baobab atau nama lainnya adalah Adansonia ini sangat memiliki bentuk yang sangat bagus jika dikecilkan menjadi tanaman bonsai.

Tanaman bonsai baobab ini berasal dari negara Afrika dan Australia. Pohon jenis ini memang sangatlah terkenal karena bentuknya yang sangat unik dan lucu.

Tanaman jenis bonsai ini mempunyai batang yang sangat besar, namun daun-daunnya sangat kecil dan terletak dibagian ujung tangkai pohon.

7. Bonsai Anggur

Bonsai Anggur
tokopedia.com

Bagaimana jadinya jika tanaman pohon anggur dijadikan sebagai jenis tanaman bonsai?

Ternyata, tanaman merambat ini memang sangatlah cantik jika dijadikan tanaman bonsai. Walaupun dikecilkan tanaman bonsai jenis anggur ini tetap dapat menghasilkan buah.

Justru dengan menghasilkan buahlah tanaman bonsai anggur ini akan kelihatan sangat cantik dan indah apabila dilihatnya.

8. Bonsai Maple

Bonsai Maple
flickr.com

Tanaman bonsai ini memang  terkenal akan kecantikannya karena dedaunannya yang sangat asri dan berwarna-warni.

Tanaman bonsai jenis ini memiliki beberapa jenis dengan warna daun yang sangat berbeda-beda. Seperti ungu, biru, dan warna merah muda.

Tanaman yang berasal dari negera Jepang ini akan membuat lingkungan kantor dan rumah anda menjadi lebih berwarna dan terlihat lebih segar.

9. Bonsai Delima

Bonsai Delima
pixabay.com

Pasti kamu sudah mengetahui apa itu buah delima? Ternyata buah yang bagian dalamnya banyak berisi biji-bijian itu yang diselimuti dengan daging buah yang manis, ini juga bisa digunakan untuk sebagai salah satu tanaman bonsai.

Anda juga bisa menikmati buahnya untuk dimakan dan bisa juga dijadikan untuk jus, dan dibuat rujak buah.

Buah delima ini mempunyai banyak manfaatnya untuk kesehatan diri kita.

Salat satunya adalah untuk mempercantik kulit, mengatasi radang tenggorokan, mengurangi peradangan, hingga bisa menurunkan kolestrol.

Baca juga : Cara menanam cabe

10. Bonsai Sakura

Bonsai Sakura
deviantart.com

Bunga ini sering disebut dengan bunga Cherry blossom ini memang sangat terkenal di negera sakura Jepang.

Warna bungannya yang sangat amat cantik akan membuat halaman rumah anda sangat nampak indah.

Sebagai informasi, di negara Jepang, olahan makanan dari bunga sakura dan daunnya akan sangat mudah untuk kamu jumpai. Yang menariknya lagi, tanaman bunga sakura ini juga dapat kamu minum layaknya seperti meminum minuman teh.

Tinggal kamu celupkan beberapa lembar daun tanaman ini ke air hangat, tunggu beberapa menit, dan kemudian anda bisa meminum minuman ini .

11. Bonsai Anting Putri

Bonsai Anting Putri
texasagrilife

Tanaman bonsai selanjutnya adalah bonsai jenis anting putri. Bentuk batangnya yang sangat unik, tegak lurus seperti tiangdan biasanya tanaman ini memiliki beberapa cabang yang bisa tumbuh dalam sebuah pot.

Anda bisa menanam tanaman ini di halaman rumah anda, ruang tamu, ruang kerja, maupun di kamar anda agar mempercantik ruangan-ruangan rumah anda.

Jangan lupa juga untuk membersihkan tanaman bonsai ini dari serangan-serangan rumput liar yang tumbuh di tanaman bonsai anda.

12. Bonsai Cemara

Bonsai Cemara
youtube.com

Kiri, kanan, kulihat saja, banyak pohon cemara.

Itulah sebuah nyanyian anak-anak, sekarang anak anda tak perlu nyanyi lagu itu lagi. Karena tanaman bonsai ini sudah bisa kamu simpan di rumah anda semua untuk memperindah halaman-halaman rumah anda.

Tanaman cemara sendiri merupakan tanaman yang begitu sangat ikonik. Membuat ruangan rumah anda atau ruangan kerja anda menjadi lebih berkarakter.

13. Bonsai Fuschia

Bonsai Fuschia
pinterest

Tanaman fuschia ini termasuk dalam daftar tanaman yang sangat rekomendasi pohon bonsai.

Sebenarnya pohon ini mempunyai berbagai jenis bunga dengan bentuk dan warnaa yang sangat berbeda tiap jenisnya.

Akan tetapi sangat dapat dipastikan manapun jenisnya yang kamu pilih, tanaman bonsai fuschia ini akan membuat rumah anda lebih menarik dan asri.

14. Bonsai Santigi

Bonsai Santigi
central bonsai

Jenis tanaman bonsai ini dapat menjadi pilihan untuk di ruang tamu anda atau di ruang kerja anda. Bentuknya yang sangat menarik, sangat cocok untuk ditaruh didekat jendela untuk menghiasi ruang tamu anda atau ruang kerja anda semua.

Bentuk batang dan tangkainya yang bercabang-cabang ini, akan banyak membuat bayangan sinar matahari dari luar terlihat sangat menarik sekali.

Sekilas kalau anda lihat, tanaman bonsai ini sangat memberikan kesan yang klasik untuk rumah anda atau ruang kerja anda.

15. Bonsai Wisteria

Bonsai Wisteria
youtube

Tanaman bonsai selanjutnya adalah bonsai wisteria ini adalah salah satu opsi termantap untuk hiasan rumah anda karena bunganya yang memiliki warna sangat menawan.

Pastikan untuk mengganti tanaman bonsai anda secara berskala karena media tanaman yang dibiarkan terlalu lama akan mendatangkan berbagai penyakit.

Tanaman bonsai wisteria ini aslinya memiliki ukuran yang tidak besar. Ciri khas tanaman ini adalah daunnya berwarna biru muda atau ungu yang terlihat seperti air hujan.

16. Bonsai Cemara Udang

Bonsai Cemara Udang
pasar taman

Bonsai cemara udang atau nama lainnya adalah Casuarina equisetifolla bonsai ini salah satu jenis bonsai yang sering kali dipamerkan dan menjadi juara dalam pameran bonsai.

Bonsai cemara udang juga disebut sebagai bonsai terbaik dan banyak dicari oleh orang karena bonggolnya sangat besar dan bisa berlekuk-lekuk, sangat indah kayunya.

Bonsai cemara udang kayunya sangat keras dan mempunyai alur yang sangat indah.

Baca juga : jenis tanaman hidroponik

17. Bonsai Boxus

Bonsai dengan gaya ini mempunyai filosofi yang begitu mendalam, kekompakan antara seni dan olah pikir serta imajinasi si pembuat sangat berperan besar dalam menghasilkan bonsai dengan gaya ini.
nugi234.com

Jenis tanaman bonsai terakhir adalah bonsai boxus atau nama lainnya adalah Boxus arlandi.

Bonsai boxus ini memiliki batang yang kecil berwarna hijau dan tumbuhnya juga sangat lambat serta mempunyai akar yang sangat kokoh, menjadikannya tanaman ini sebagai salah satu kandidat bonsial yang terbaik.

Itulah 17 jenis tanaman bonsai yang terbaik yang dapat kamu beli untuk menghiasi rumah kesayangan anda. Tanaman-tanaman ini harus benar-benar anda rawat untuk mempertahankan keindahan dan keasriannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *