√ Inilah 15+ Jenis-Jenis Mangga Termanis Di Indonesia

5 min read

Mangga Apel

Mangga merupakan salah satu jenis dari definisi buah-buahan yang paling banyak dibudidayakan di negara-negara yang tropis, seperti di negara Indonesia.

Indonesia merupakan negara ke-4 yang mampu menghasilkan buah mangga terbesar di dunia. Itulah yang membuat negara Indonesia ini diberkahi oleh berbagai jenis-jenis mangga.

Adapun negara yang menghasilkan terbanyak buah mangga yaitu negara India, China, dan Thailand.

Indonesia sendiri mempunyai banyak jenis-jenis mangga, karena keberadaannya yang sangatlah melimpah dan mempunyai banyak sekali varietasnya.

Hal itu membuat mangga mempunyai beragam bentuk dan warna. Kulit mangga juga tidak hanya berwarna hijau saja, ada juga yang berwarna merah, oranye, kuning, dan juga tergantung dengan varietasnya.

Pengertian Mangga

jenis-jenis mangga
liputan6.com

Mempelan atau buah mangga merupakan nama sejenis buah demikian juga nama pohonnya. Mangga masuk ke dalam marga Mangivera, yang terdiri dari 35-40 anggota suku Anacardiaceae.

Nama mangga berasal dari bahasa Malayalam yaitu maanga. Lalu kata ini dibawa ke negara bagian barat atau eropa oleh orang-orang portugis lalu diserap menjadi manga (bahasa portugis), mango (bahasa inggris) dan lain-lain.

Berasal dari daerah di sekitar perbatasan antara India dengan Burma, buah mangga ini telah tersebar ke Asia Tenggara sejak 1500 tahun yang lalu. Buah angga ini juga dikenal juga dalam bahasa daerah yaitu, pelem atau poh.

Jenis-Jenis Mangga Termanis

Jenis-Jenis Mangga Arumanis

Mangga Arumanis
higaragro.com

Mangga arumanis mempunyai aroma yang sangat khas akan aroma dan rasa manisnya. Sebagaimana dengan nama buahnya yaitu harum manis.

Ciri-Ciri Mangga Arumanis yaitu :

  • Ketinggian pohon yaitu 10 m.
  • Daun pohonnya berukuran besar, bisa sampai mencapai 45 cm, dengan bentuk yang lonjong dan ujungnya yang runcing, daun pohon mangga tersebut cukup lebat dan mahkota pada pohon yang menyerupai kerucut.
  • Kulit buah berwarna hijau yang ditutupi dengan lapisan lilin, sehingga Nampak seolah-olah kelabu.
  • Buah mangga tersebut lonjong dan ujungnya juga runcing, dengan berat rata-rata 450 gr dan panjangnya juga sekitar 15 cm. pada ujung buahnya juga terdapat paruh dan sinuis/lekukan yang terlihat cukup jelas. Daging buah cukup tebal dan berwarna kuning saat sudah matang dengan tekstur yang sangat lembut dan empuk, serta terdapat sedikit atau kadang berserat.
  • Bijinya berbentuk pipik, berserat pendek, dengan panjang rata-rata 13 cm.

Jenis-Jenis Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu
monitor.co.id

Mangga gedong gincu ini berasal dari Kota Cirebon yang berwarna kuning kemerahan. Ukuran buahnya tidak terlalu kecil dan lonjong.

Selain di Cirebon, mangga gedong gincu juga terkenal di Indramayu. Dari segi rasa, gedong gincu asal Indramayu dikenal lebih manis. Sayangnya, ukuran mangga gedong gincu yang berasal dari Indramayu ini lebih kecil sehingga kurang diminati oleh banyak orang.

Jika anda menginginkan untuk mempercepat tanaman agar berbuah yang lebat silahkan lihat artikel macam-macam pupuk.     

Jenis-Jenis Mangga Manalagi

Mangga Manalagi
museumofmovie.blogspot.com

Mangga manalagi mampunyai rasa yang sangat khas yaitu perpaduan antara mangga arumanis dan mangga golek. Ukuran buah mangga ini lebih kecil dari pada  mangga golek.

Ciri khas mangga manalagi adalah dagingnya yang tebal, padat, dan berserat. Mangga manalagi ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemanenan dari pohon. Mangga manalagi dibandrol sekitar harga Rp, 15,000,- per kilogramnya.

Jenis-Jenis Mangga Golek India

Mangga Golek India
pusatpenangkaranbibit.blogspot.com

Kalau anda pecinta buah mangga, maka anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mangga golek India.

Tentu saja, dikarenakan mangga golek india ini mempunyai keunggulan rasa yang sangat manis dan bahkan tekstur daging buah mangga ini tidak mempunyai seratnya lho.

Bentuk mangga ini juga lonjong seperti mangga arumanis.

Meskipun mempunyai bentuk yang mirip, akan tetapi nyatanya mangga golek ini mempunyai bobot yang sangat beasar dibandingkan dengan dua macam buah mangga sebelumnya lho.

Bahkan, 1 buah mangga jenis golek ini pernah mencapai 1,5 kg lho, woww. Berat sekali ya. Meskipun bukan mangga yang terbesar, akan tetapi kalau anda memakan mangga 1,5 kg pasti akan kenyang banget.

Jenis-Jenis Mangga Madu

Budidaya Mangga Madu
higaragro.com

Sesuai dengan namanya, jenis mangga yang satu ini memang mempunyai rasa yang sangat khas yaitu manis seperti madu. Mangga ini juga dijadikan sebagai varian mangga manis lainnya selain mangga golek dan mangga arumanis.

Namun, pada mangga ini mempunyai ciri-ciri warna yaitu warna kuning cerah pada bagian kulitnya saat sudah matang merata. Sedangkan untuk daging buahnya berwarna putih.

Untuk ukuran mangga madu ini sama dengan mangga manalagi. Perlu anda ketahui juga, selain di Indonesia, mangga jenis madu ini juga banyak sekali ditemukan dibeberapa negara seperti negara India, Florida, Hawaii, dan Afrika Selatan.

Mangga Alpukat

Mangga Alpukat
batok.co.id

Mangga alpukat, bukan berarti mangga yang satu ini rasanya sama dengan buah alpukat. Akan tetapi dinamakan mangga alpukat karena memang jenis mangga ini mempunyai bentuk seperti buah alpukat.

Untuk rasa mangga alpukat ini sama dengan mangga yang lainnya manis dan ada sedikit serat-seratnya.

Sedikit memberi tahu, mangga alpukat ini sempat viral lho di daerah pasuruan dan mangga alpukat ini merupakan perkawinan silang antara mangga madu dengan mangga gadung.

Mangga Cengkir Indramayu

Mangga Cengkir Indramayu
hamil.co.id

Tak hanya mangga gedong gincu saja, Indramayu juga mempunyai mangga yang sangat lezat yakni manga cengkir dan lebih sering disingkat dengan mangga indramayu.

Mangga Indramayu ini mempunyai ukuran yang cukup besar. Bahkan daging buah mangga ini cukup tebal, pasti anda akan puas untuk memakan buah mangga ini.

Rasa mangga ini juga tak kalah manisnya dengan mangga yang lainnya. Bahkan ada yang pernah mengatakan bahwa mangga inilah yang termanis di Indramayu.

Makanya, sudah tidak heran lagi jika mangga cengkir ini lebih banyak peminatnya di pasar maupun di supermarket dibandingkan dengan mangga yang lainnya di Indramayu.

Mangga Falan

Mangga Falan
rumahtetangga.com

Mangga ini berasal dari negara Thailand, akan tetapi mangga ini juga sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah mangga ini mempunyai tekstur yang sangat renyah seperti krispi.

Tentunya, mangga falan ini juga mempunyai rasa yang sangat manis akan khas mangganya.

Dilihat dari bentuk tekstur fisiknya, mangga ini panjang dan agak meruncing dibagian bawahnya. Warna mangga falan ini hijau, jadi kelihatan sangat segar sekali.

Selain disebut dengan mangga falan juga, terkadang banyak juga orang yang menyebutnya sebagai mangga thunder.

Apakah anda pernah memakan buah mangga yang satu ini? untuk cara menanam buah mangga ini juga sangat berbeda dengan cara menanam bunga matahari.

Mangga Malibu

Mangga Malibu
kaltimtribunnews.com

Kedengarannya memang agak asing. Ya, memang buah mangga ini diimpor dari negara Australia. Rasanya seperti buah kelapa.

Mangga malibu ini memang sangat populer di pertanian Berry Springs, selatan Darwin. Mangga malibu ini dikenal sangat mudah ditanam, hasil perkawinan silang antara buah mangga irwin dengan kensington pride.

Maka dari itu, mangga Malibu ini sangat terlihat besar, dan rasanya juga enak. Kulit luarnya berwarna merah.

Mangga Nam Dok Mai

Mangga Nam Dok Mai
flickr.com

Dari nama mangganya saja anda sudah pasti bisa menebak asal mangga ini, kan? Ya, mangga nam dok mai berasal dari negara Thailand yang panjang mangganya bisa mencapai 18 sentimeter.

Mangga nam dok mai ini dikenal mempunyai daging buah yang sangat tebal, berserat sangat halus, mengandung sedikit air, kulitnya berwarna kuning, dan lunak.

Mangga Apel

Mangga Apel
health.rakyatku.com

Disebut mangga apel karena bentuk buah mangganya bulat seperti buah apel. Mangga yang berasal dari negara Singapura ini berwarna hijau kemerahan.

Ada dua jenis mangga apel, yakni berwarna merah dan hijau. Mangga apel hijau memiliki rasa asam dan sangat cocok sekali untuk rujak. Sedangkan, mangga yang berwarna merah ini memiliki aroma yang sangat harum dan tekstur daging buahnya sangat halus.

Mangga Madu Anggur

Mangga Madu Anggur
bukalapak.com

Sama-sama mempunyai rasa yang sangat khas seperti mangga arumanis, jenis mangga madu anggur ini bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran yang rendah.

Makanya, sudah tidak heran lagi jika menemukan banyak sekali yang membudidayakan buah mangga madu anggur di dataran rendah.

Buah mangga yang satu ini berbentuk bulat dan memanjang. Lalu, bentuknya juga sedikit mempunyai paruh dan juga mempunyai lekuk.

Sedangkan untuk bagian warna kulitnya, mangga madu ini mempunyai warna hijau tua dengan adanya bintik kelenjar yang berwarna putih kehijau-hijauan.

Untuk soal rasanya juga tidak kalah dengan mangga yang lainnya. Mangga madu anggur ini sangat lezat, manis, segar dan enak sekali. Rasa manisnya membuat ketagihan untuk orang yang suka mangga.

Daging buahnya juga sangat tebal, jadi anda pasti akan merasakan puas untuk memakan mangga madu anggur ini.

Silahkan juga anda membaca macam-macam protista yang mirip dengan tumbuhan.

Mangga Pakel

Mangga Pakel
bukalapak.com

Mangga pakel ini mempunyai ciri-ciri yaitu :

  • Ketinggian pohonnya 25 meter, dengan tajuk bukat berdiameter sekitar 10 meter, dan daun mangga ini juga lebat.
  • Permukaan pada daun bergelombang, panjang mencapai 45 cm, dengan lebar 18 cm, serta meruncing dibagian pangkal ujungnya.
  • Buah mangga tersebut berbentuk lonjong, dengan panjang 13-15 cm. warna mangga ini berawarna hijau kelabu. Permukaan pada kulit buah terdapat bercak-bercak yang berwarna coklat dan bergetah. Daging buah mangga ini juga mempunya serat yang sangat kasar, rasanya juga asam dengan sedikit rasa manis bercampur rasa terpentin.

Mangga Kweni

mangga kweni
bukitanti.blogspot.com

Mangga kweni ini memiliki ketinggian 20-25 meter, pada permukaan daunnya juga bergelombang, dan panjang buah mangga ini 25 cm, dan lebar 6 cm.

Buah mangga ini berbentuk lonjong, dengan ujung membulat dan tidak berlekuk. Berat buah mangga ini rata-rata 350 gram, dan panjangnya juga sekitar 11 cm.

Kulit buah mangga kweni ini halus berlilin, yang terdapat bitnik-bintik berwarna putih kehijauan. Buah yang sudah matang bagian ujungnya berwarna hijau.

Daging buah mangga ini berwarna kuning, berair dan berserat kasar. Aromanya juga sangat khas kweni, dan rasanya juga manis dengan sedikit rasa terpentin.

Mangga Lalijiwo

Mangga Lalijiwo
flickr.com

Mangga ini mempunyai ketinggian pohon setinggi 8 meter, daun mangga ini cukup lebat, dan cabangnya juga sangat cukup banyak.

Buah ini berukuran tidak terlalu besar, rata-rata berat mencapai 200 gram. Bentuk dari mangga ini agak membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang 7 cm, berparuh dan berlekuk sedikit.

Jika sudah ingin memanennya daging buah mangga ini berwarna kuning tua, dengan kadar air sedikit, aroma mangga ini juga kurang harum, akan tetapi rasanya manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *