√ Inilah 11+ Jenis Ikan Paling Kecil Di Dunia yang Sangat Indah

4 min read

ternak ikan gurame di aquarium

Indonesia sebagai paru-paru dunia dikenal dengan mempunyai akan kekayaan flora dan fauna terbesar. Mulai dari biota laut hingga satwa liar yang berkembangbiak di Nusantara. Tidak hanya itu saja, ternyata indonesia mempunyai jenis ikan paling kecil di dunia.

Tidak banyak yang tahu, bahwa pada tahun 2005 ikan air tawar terkecil di dunia, Paedocypris Progenetica ditemukan di sebuah Rawa Gambut Sumatera.

Ikan ini hanya mempunyai panjang tubuh 7,9 mm untuk betinanya dan rata-rata 9,8 mm untuk ikan jantan. Secara sekilas, karena mempunyai tubuh yang berukuran mungil tersebut, ikan ini daoat tersamar seperti larva hewan air.

Ikan ini mempunyai tubuh yang panjang yang tembus pandang (transparan). Bagian kepala dan otak Paedocypris Progenetica tidak terlindung oleh bagian tengkorak kepala, dan pada ikan betinanya hanya mampu menghasilkan beberapa indung telur.

Paedocypris Progenetica ini merupakan jenis ikan asli dan endemic yang berasal dari Rawa Gambut Sumatera. Berikut ini adalah daftar beberapa jenis ikan paling kecil di dunia yang sudah ditemukan yaitu sebagai berikut :

Paedocypris Progenetica

ikan paling kecil terkecil di dunia
pixabay.com

Ikan yang disebut-sebut mempunyai ukuran tubuh terkecil di dunia ini adalah Paedocypris Progenetica. Ikan mungil ini ditemukan oleh para peneliti di rawa-rawa hutan di Pulau Sumatera, Indonesia. Ukuran betina dewasa ini diketahui hanya 7,9 mm kurang dari 1 cm. Sangat berbeda jauh dengan ukuran budidaya ikan cupang.

Paedocypris Progenetica yang disebutkan masih satu keluarga dengan ikan mas ini mempunyai tubuh tembus pandang (transparan) hingga bagian organ tubuh dalamnya terlihat dari luar.

Para peneliti percaya bahwa jenis ikan ini sangatlah beragam. Diungkapkan juga bahwa rawa hutan Sumatera sendiri merupakan rumah bagi banyak spesies ikan unik yang tidak ditemukan di tempat yang lain.

Hanya saja habitat ikan ini terus terancam akan kelestariannya karena mengalami kerusakan, baik oleh kebakaran hutan maupun oleh beberapa aktivis manusia seperti penebangan hutan.

Semoga ikan jenis Paedocypris Progenetica ini dan semua hewan yang lain yang berada di dunia tetap terjaga dan lestari.

Schindleria Brevipinguis

ikan paling kecil didunia
pixabay.com

Schindleria Brevipinguis adalah jenis ikan yang dianggap sebagai spesies ikan laut. Jenis ikan Schindleria Brevipinguis  berasal dari kawasan perairan Karang Penghalang Besar Australia dan juga dari kawasan Karang Osprey di Laut Koral.

Ikan Schindleria Brevipinguis berjenis kelamin jantan dan dapat bertumbuh panjang hingga mencapai 7,7 mm dan untuk ukuran betina 8,4 mm. sementara panjang maksimum ikan ini yang diketahui yaitu mencapai 10 mm.

Trimmatom Nanus

ikan paling kecil sedunia
pixabay.com

Trimmaton Nanus atau Midget Dwarf Goby merupakan spesies jenis ikan laut yang berasal dari Samudera Pasifik Barat dan juga dari Samudera Hindia. Ikan Trimmaton nanus ini masuk ke daftar salah satu jenis ikan paling kecil di dunia yang mampu bertumbuh hingga mencapai 10 mm.

Ikan ini dapat ditemukan hidup di kedalaman mencapai 20-30 meter dan kadang di area luar terumbu karang dan laguna pada kedalaman mencapai 5-30 meter.

Sebelum ditemukannya Schindleria Brevipinguis, Paedocypris Progenetica, dan Trimmaton nanus ini merupakan jenis ikan dan bervertebrata terkecil yang dapat diketahui.

Dwarf Pygmy Goby

ikan paling kecil untuk aquascape
pixabay.com

Dwarf pygmy goby atau nama latinnya Pandaka Pygmaea merupakan jenis ikan terkecil lainnya yang sudah ditemukan di dunia. Ikan jenis ini hidup di air payau dan bakau di kawasan Asia Tenggara, seperti Negara Filipina dan Negara Indonesia.

Ukuran rata-rata ikan jantan yang sudah dewasa ini diketahui hanya 9 mm. Ikan dwarf pygmy goby jantan dapat tumbuh mencapai 1,1 dan untuk ikan betinanya dapat tumbuh mencapai 1,5 cm.

Ikan ini juga sudah mempunyai nama lokal di Filipina, yaitu bia dan tabios. Pada awalnya ikan ini dilaporkan hanya dapat ditemukan di Malabon, Filipina.

Akan tetapi baru-baru ini sudah dapat ditemukan di beberapa kawasan asean lainnya seperti Pulau Bali, Pulau Sulawesi, Pulau Culion Filipina dan juga Singapura.

Ikan dwarf pygmy goby mempunyai beberapa tampilan yang sangat mirirp dengan ikan Paedocypris progenetica, yaitu tidak mempunyai warna dan sangat transparan. IUCN sudah memasukkan ikan kecil ini ke salah satu daftar spesies yang sangat terancam.

Semoga ikan ini dapat dilestarikan kembali.

Neon Goby

ikan paling kecil di indonesia
pixabay.com

Neon goby atau Elacatinus merupakan jenis ikan gobi laut yang kecil yang dapat anda temukan di perairan Samudera Atlantik Barat yang sangat hangat, termasuk juga di perairan Karibia dan juga Teluk Meksiko sampai ke pesisir Amerika Tengah dan juga Amerika Utara.

Ikan ini pada umumnya berukuran 2,5 cm dan termasuk ke salah satu jenis ikan paling kecil di dunia. Ikan neon gobby mempunyai warna pada tubuh yang bergaris-garis dan sangat bervariasi untuk disetiap spesiesnya.

Royal Gramma

ikan kecil paling berbahaya
pixabay.com

Ikan jenis selanjutnya yaitu royal gramma yang juga dikenal dengan sebutan ikan basslet peri atau gramma loreto, yaitu ikan kecil yang berwarna merah dan cerah yang berasal dari perairan Karibia.

Karena tampilannya yang sangat indah dan juga cantik, maka ikan ini juga sangat sering dijadikan sebagai koleksi akuarium air asin oleh banyak orang.

Ikan yang pada umunya berwarna ungu dan kuning ini merupakan salah satu jenis ikan paling kecil di dunia dengan panjang 7,6 cm.

Ikan ini juga dikenal sangat kuat sehingga sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan bagi para pemula.

Akuarium dengan terumbu, batuan, dan juga tanaman laut merupakan tempat yang bagus untuk dijadikan sebagai hiasan ikan cantik ini.

Firefish Goby

ikan kecil paling berbahaya di dunia
pixabay.com

Sama seperti dartfish, firefish goby juga merupakan jenis ikan air asin yangsangat sering dijadikan sebagai ikan hias di akuariu,-akuarium yang mempunyai warna tubuh yang sangat indah.

Ikan firefish goby yang sudah dewasa ini dapat bertumbuh sampai 7,6 cm, menjadikannya sebagai salah satu ikan yang paling kecil di dunia ini.

Firefish goby merupakan ikan yang sangat suka bersembunyi setiap kali merasa terancam dan saat ketakutan.

Oleh karena itu, jika anda menginginkan memelihara ikan ini di akuarium, sebaiknya anda dapat menyediakan beberapa terumbu karang yang kecil-kecil sebagai tempat persembunyian ikan ini. Memelihara ikan ini sama seperti anda merawat jenis ikan discus yang sangat suka dengan banyaknya terumbu karang.

Samudera Hindia dan juga Samudera Pasifij merupakan asal dari ikan ini. Di alam liar ikan ini dapat anda temukan berkelompok berenang-renang di atas terumbu karang yang sangat dekat dengan tempat persembunyiannya.

Ikan ini memakan makanan plankton yang hanyut dalam arus.

Jawfish

ikan yang paling kecil
pixabay.com

Opistognathidae atau jawfish merupakan jenis ikan lainnya yang bertubuh kecil dan mungil. Hanya saja ukuran ikan ini beberapa kali lebih besar dibandingkan dengan keempat jenis ikan yang sudah dijelaskan di atas.

Mayoritas ikan ini dapat bertumbuh panjang mencapai 10 cm. Akan tetapi, beberapa jenis ikan yang lainnya lebih besar dan dapat bertumbuh panjang sampai 50 cm.

Dartfish

ikan hias paling kecil
pixabay.com

Darfish merupakan jenis ikan yang bertubuh kecil lainnya yang dapat anda jadikan sebagai binatang peliharaan. Sebagian besar varietas akuarium ikan ini hanya mencapai 10 cm.

Ikan ini sangat menyukai di akuarium yang sangat besar dengan banyak tempat persembunyian dan substrat lunak di mana mereka mendapatkan menggali-gali.

Ikan ini berasal dari kawasan perairan Indonesia-Pasifik. Merupakan jenis ikan air asin dengan tubuh yang berwarna-warni, seperti merah, kuning, orange, ungu, biru, hitam dan juga hijau.

Ikan darfish ini merupakan salah satu spesies ikan yang sangat cukup kuat dan sangat mudah beradaptasi dengan kehidupan di akuarium.

Ocellaris Clownfish

ikan terkecil di malaysia
pixabay.com

Ocellaris clownfish atau bahasa Indonesia nya yaitu ikan badut ocellaris. Merupakan salah satu jenis ikan laut yang bertubuh kecil dengan popularitas yang sangat tinggi. Anda juga dapat membudidayakan jenis ikan ini, akan tetapi cara membudidaya ikan ini jelas berbeda dengan cara budidaya ikan betok.

Ikan ini merupakan karakter utama di sebuah film animasi anak-anak yang berjudul finding nemo. Karena bentuk dan warnanya yang sangatlah indah, ikan badut ini merupakan salah satu ikan hias yang sangat populer.

Ikan Ocellaris clownfish pada umumnya dapat tumbuh mencapai panjang 11 cm, membuatnya sebagai salah satu ikan paling kecil di dunia.

Mereka biasanya hidup dalam kelompok kecil di lereng terumbu bagian luar atau dibagian laguna tersembunyi pada kedalaman maksimal 15 meter.

Spesies pada ikan ini dapat anda temukan di Samudera Hindia Timur dan juga Samudera Pasifik Barat. Ikan itu juga dapat anda temukan di perairan Australia Utara, Asia Tenggara, dan juga Jepang.

Itulah 10 jenis ikan paling kecil di dunia yang sudah ditemukan. Kemungkinan masih ada beberapa jenis ikan terkecil yang lainnya yang belum bisa disebutkan di artikel ini sehingg daftar ini belum dapat dipastikan keakuratannya.

Jika anda mengetahui informasi lainnya, anda dapat berkomentar di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *