√ 33+ Jenis Ikan Discus [Beserta Gambar dan Terlengkap 2020]

7 min read

ikan discus sun merah

Jenis Ikan Discus – Pernahkan anda mendengar ikan hias yang bernama discus? Ikan dengan nama latin Symphysodon Discus ini memang masih jarang ditemukan di kepulauan Indonesia.

Habitat asli ikan ini cukup jauh, yakni dari Sungai Amazon di Brasil. Bentuknya yang sangat unik dan pada warnanya yang memukau sudah berhasil menarik banyak orang untuk dijadikan sebagaia ikan hias.

Ikan discus ini sangat senang bermain disekitar ranting dan akar pada pohon. Hal tersebut mereka lakukan sebagai proteksi terhadap serangan predator.

Ketika ingin dipindahkan ke akuarium ikan hias tersebut mungkin tidak akan menjumpai ancaman yang serupa.

Akan tetapi, penting bagi anda untuk membuat lingkungan yang tidak jauh berbeda dari habitat asli supaya mereka mudah untuk beradaptasi di lingkungannya.

Ciri-Ciri Ikan Discus

jenis ikan discus
pixabay.com

Bila anda ingin memelihara ikan discus sebagai ikan hias, maka kalian harus kenali terlebih dahulu bagaimana tentang ikan discus ini.

Caranya sangat mudah, ikan discus memiliki penampilang yang dapat dikenali dengan kasat mata.

Bentuk ikan ini pipih seperti cakram atau kaset CD dan mempunyai corak yang seperti batik serta warna yang sangat cerah.

Bagian pada mata dan mulut ikan ini sangat kecil sama seperti mulut budidaya ikan cupang, warna pada matanya biasanya merah jadi penampilannya lumayan cukup sangar.

Panjang tubuh ikan ini bisa mencapai 15-27 cm.

Warna ikan sangatlah bervariasi tergantung pada tipe ikan ini, ada yang berwarna biru, kuning, merah, hijau dan juga coklat.

Ditubuhnya terdapat garis-garis vertical yang membentuk seperti corak batik dan biasa digunakan untuk kamuflase saja atau mengelabuhi ikan yang lain seperti ikan-ikan predator.

Klasifikasi Ikan Discus

KINGDOM

ANIMALIA

FilumChordata
ClassActinopterygii
OrdoPerciformes
FamilyCichlidae
TribeHeroini
GenusSymphysodon
SpeciesSymphysodon Discus

Morfologi Ikan Discus

jenis ikan discus pigeon
bagi-in.com
  • Ikan discus ini berbentuk oval seperti cakram
  • Sirip pada bagian perut membentang lebar ke bawah
  • Mempunyai warna yang sangat cerah dan jenis yang sangat bervariasi seperti warna kuning, merah, biru, putih, hitam dll
  • Sirip pada bagian dubur dan sirip punggungnya memanjang sehingga sampai kepada pangkal ekor, dan terkadang terlihat sirip bagian dubur dan sirip bagian punggung seperti menyatu dengan sirip pada bagian ekor tersebut
  • Bersifat omnivore
  • Terdapat celang kecil yang memisahkan sirip dubur dan punggung dengan sirip ekornya tersebut
  • Ada beberapa spesies discus yang mempunyai garis-garis yang melintang secara vertical
  • Ikan discus ini termasuk ikan nok-turnal atau jenis ikan yang sangat aktif pada waktu malam hari

Jenis Ikan Discus Tercantik dan Termahal

jenis ikan discus leopard
pixabay.com

Ada yang mengatakan bahwa jenis ikan discus ini masih kontroversi. Dalam hal yang berkaitan dengan adanya penemuan spesies baru terhadap ikan discus yang membuat para ahli biologi untuk melakukan peninjauan ulang terhadap genus discus.

Inilah beberapa jenis ikan hias discus yang harus anda ketahui :

Ikan Discus Angel Blue Diamond

jenis ikan discus paling bagus
pixabay.com

Ikan discus angel blue diamond merupakah salah satu jenis ikan discus yang harus anda ketahui, karena mempunyai warna biru polos pada seluruh tubuhnya.

Untuk warna biru yang terdapat pada jenis ikan discus ini seperti warna biru telur bebek, yakni terdapat warna biru yang berwarna keputihan pada bagian tubuhnya terdapat warna biru tua.

Jika jenis ikan ini terkena sorotan cahaya, maka pada bagian sirip tersebut akan dapat hidup atau menyala, karena hal tersebut ikan discus angel ini dapat dikatakan sangat berkualitas dan tentunya harga ikan jenis angel ini akan semakin mahal.

Kalau anda lihat secara seksama maka ikan ini akan terlihat seperti hantu malam karena mempunyai bola mata yang berwarna merah menyala dan warna biru kehitaman yang membuat ikan ini agak kelihatan sedikit menyeramkan.

Ikan Discus Checker Board Pigeon

jenis ikan discus terbaik
komunitaspenyuluhikan

Ikan discus jenis checker board pigeon ini merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai warna dasar putih dan dihiasi dengan corak berwarna merah.

Corak pada tipe ikan ini tergambar seperti goresan akan tetapi goresan tersebut tidak lurus melainkan berpola seperti garis yang sangat menentu. Di luar itu juga ada beberapa warna kuning pada bagian kepala ikan checker board pigeon ini.

Ikan Discus Green

Ikan discus jenis green ini atau ikan discus hijau, petama kali ditemukan pada tahun 1904 oleh Pallegrin. Ikan jenis ini mempunyai habitat asli di wilayan Sungai Amazon Tengah Brasil.

Kawasan tersebut meliputi wilayah bagian Santarem sampai Danau Tefe Brasil dan Sungai Putumayo Peru Utara. Sebagian orang menyebutnya ikan ini dengan sebutan tefe deiscus.

Ikan Discus Red Marlboro

jenis ikan discus red melon
pixabay.com

Ikan discus jenis red Marlboro merupakan salah satu jenis ikan discus yang mempunyai warna jingga kemerah-merahan dan sangat nampak terlihat seperti menyala.

Jenis ikan ini kadang terdapat juga warna putih pada bagian kepala ikan tersebut.

Ikan Discus Super Red Melon

Ikan discus super red melon ini sangat berbeda dengan ikan discus red Marlboro. Perbedaan ikan tersebut sangat nampak jelas jika anda lihat dari segi warnanya.

Jika warna yang dimiliki oleh ikan discus berjenis red Marlboro ini hanya berwarna jingga kemerahan, dan sangat jelas berbeda dengan warna yang dimiliki oleh ikan yang berjenis super red melon yaitu warna dasarnya merah pekat pada seluruh tubuhnya.

Ikan Discus Golden Yellow Diamond

jenis ikan discus paling mahal
pixabay.com

Ikan discus golden yellow diamond merupakan salah satu jenis ikan discus yang mempunyai warna dasar yaitu kuning keemasan pada bagian seluruh tubuhnya.

Sudah tidak heran lagi jika ikan ini diberikan nama golden yellow diamond karena dari warna dasar yang iya miliki yaitu warna kuning keemasan.

Ikan Discus Pearl Pigedon

Ikan discus jenis pearl pigedon merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai warna dasar putih dan bervariasi, sama seperti warna ikan discus chechker board pigeon.

Selain itu juga ikan discus yang berjenis pearl pigedon ini pada bagian seluruh tubuhnya mempunyai corak bitnik-bintik yang kecil dan berwarna kemerah-merahan.

Ikan Discus Snake Skin

jenis ikan discus dan gambarnya
pixabay.com

Ikan discus yang berjenis snake skin ini merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai garis vertical, akan tetapi coraknya sangat tipis. Corak itu biasanya berwarna merah ataupun berwarna biru.

Ikan discus yang berjenis ini sangat sukses untuk dikawin silangkan dengan beragam jenis ikan discus yang lainnya, sehingga muncul beragam jenis baru dari ikan snake skin.

Diantaranya yaitu ikan jenis pigeon snakeskins, blue diamond snakeskins, red spotted golden leopard snakeskins, dan juga leopard snakeskins.

Tidak terasa calonbos.com sudah menjabarkan beberapa jenis ikan discus yang sangat banyak terkenal dan sangat populer dikalangan para pembudidaya ikan hias.

Akan tetapi masih ada banyak jenis ikan discus yang lainnya yang tidak dapat bisa calonbos.com jabarkan keterangan jenis ikan tersebut. Dan di sini calonbos.com akan memaparkan jenis ikan yang lainnya diantaranya yaitu :

  • Red turquoise discus
  • Golden discus
  • Melon gold discus
  • Golden albino discus
  • Marlboro red discus
  • Pigeon blood discus
  • Snow ehite discus
  • Melon red discus
  • Blue diamond discus
  • Super red melon discus
  • Rose red discus
  • Red avencer discus
  • Leopard discus
  • Cobalt blue discus
  • Virgin red discus
  • Albino blue diamond discus
  • Blue turquoise discus
  • Carnation discus
  • Cobalt blue discus
  • Brilliant blue discus
  • Reflection d discus
  • Pigeon yellow discus
  • Leopard snake discus

Cara Budidaya Ikan Discus Di Akuarium

jenis ikan discus turquoise
pixabay.com

Banyak orang yang kesulitan dalam membudidayakan ikan hias discus, padahal mempraktekkan semua ilmu yang sudah anda pelajari dan melakukannya sudah dengan cara baik dan benar.

Namun ada sebagian orang yang sudah berhasil dan sudah menikmati hasil jeri payahnya dari hasil membudidayakan ikan hias discus ini.

Cara budidaya ikan discus memang sangat membutuhkan skill dan pengetahuan yang sangat luas. Karena pada umumnya budidaya ikan discus ini sama halnya dengan budidaya ikan ikan louhan.

Hal yang harus anda siapkan dalam membudidaya ikan discus ini yaitu sebagai berikut :

Persiapan Wadah

Wadah yang digunakan untuk membudidaya ikan discus ini berupa akuarium yang berukuran 100x50x50 cm, dengan ketinggian air mencapai 25-35 cm.

Wadah akuarium ini dapat anda gunakan untuk pemijahan, perawatan telur dan juga larva, pemeliharaan induk, pembesaran dan sampai kepada pemanenan.

Cara Memelihara Ikan Discus Indukan

jenis ikan discus yang paling bagus
ikan-ikan.com

Induk pada ikan discus yang dipelihara harus benar-benar sebaik mungkin dengan memperhatikan kualitas air yang baik, suhu air. Induk dipelihara di akuarium dengan berukuran 85x40x40 cm dengan ketinggian air mencapai 30 cm.

Indukan ikan discus diberikan pakanan berupa jentik nyamuk agar induk cepat matang gonad dan telur yang dihasilkan nanti akan semakin bagus.

Bila induk ikan discus diberikan pakan cacing maka akan mengakibatkan indukan tidak akan cepat matang gonad dan telur ikan akan menjadi muda kembali.

Seleksi Indukan Ikan Discus

Induk ikan discus yang akan dipijahkan harus memenuhi syarat yaitu :

  • Indukan ikan discus harus dewasa dan sudah siap untuk dipijahkan setelah berumur 9-12 bulan
  • Apabila indukan betina dan indukan jantan anda satukan dalam satu akuariu,, maka indukan tersebut akan selalu beriringan atau selalu bersamaan
  • Ukuran tubuh sangat relatif besar

Ciri-Ciri Indukan Ikan Discus

Cara membedakan antara ikan discus jantan dan ikan discus betina yaitu sebagai berikut :

  • Indukan Jantan : Warna tidak cerah, terdapat benjolan pada kepala dan dibagian perut tesebut buncit
  • Indukan Betina : Warna cerah, tidak terdapat benjolan pada bagian kepala dan bagian perut pun langsing

Teknik Pemijahan Ikan Discus

ikan discus termahal
pixabay.com
  • Siapkan akuarium yang berukuran 100x50x50 cm, lalu kemudian bersihkan bagian dalam akuarium sampai bersih
  • Isi akurium dengan ketinggian air 40 cm dan berikan aerasi
  • Endapkan air tersebut selama 24 jam, fungsinya untuk menstabilkan keadaan air pada akuarium
  • Siapkan subtrack berupa paralon ataupun keramik, lalu setelah itu anda dapat memasukkan substract berupa paralon ke dalam akuarium yang sudah anda siapkan terlebih dahulu. Fungsi pada paralon tersebut untuk meneteskan telur ikan discus
  • Indukan ikan discus dimasukkan ke dalam akuarium dengan ukuran 100x50x50 cm dengan ketinggian air 40 cm dan diberikan substrat berupa paralon, kegunaan pada paralon adalah untuk menempelkan telur-telur
  • Induk ikan discus akan dipijahkan di akuarium dengan perbandingan 1:1
  • Sepasang indukan discus yang nantinya akan bertelur akan berenang dan mengelilingi tempat pemijahan
  • Indukan betina dan jantan saling berkerja sama untuk membersihkan permukaan paralon, setelah sudah dibersihkan indukan jantan akan mendampingi betina berenang dan akhirnya indukan betina menempelkan telur secara beraturan di paralon tersebut
  • Setelah betina sudah menaruh telurnya tersebut, maka indukan jantan pun akan berenang ke atas bawah secara bergantian untuk mengeluarkan sperma ke telur indukan betina
  • Proses ini pun dilakukan secara berulang-ulang kali sehingga telur indukan betina tebuahi

Pemeliharaan Larva Ikan Discus

ikan discus harga
pixabay.com

Telurnya menetas setelah 48 jam pada suhu 260 C. Indukan ikan akan menyedot telur yang hampir menetas dan memindahkan ke tempat yang lain untuk memecahkan kulit telur tersebut. Berbeda dengan budidaya ikan discus.

Anakan ikan yang masih baru menetas akan melekat didinding akuarium sampai selama 3 hari. Pada tahap ini larva tidak perlu anda berikan makanan karena ia masih mendapatkan cadangan makanan.

Ketika sudah hari keempat maka mulailah berenang dan melekat pada badan indukannya. Larva ikan ini menghisap lender Bodyslime pada tubuh kedua indukannya.

Setelah sudah berumur 3 minggu lebih, maka benih ikan tersebut dapat anda berikan makanan berupa cacing sutera.

Pendederan Ikan Discus

ikan discus red melon
pixabay.com

Iakn discus diberikan makanan sebanyak 2x sehari pada saat pagi dan sore sama seperti pemberian makanan kepada ikan paling kecil di dunia yang diberikan makanannya itu sebanyak 2x sehari.

Untuk makanan ikan discus sendiri yang sangat baik yaitu sebagai berikut :

  • Benih ikan discus yang sudah berumur 1 bulan diberikan makanan sebanyak 2-3 gram
  • Benih ikan yang sudah 3-5 bulan maka anda dapat memberikannya sebanyak 6-7 gram
  • Indukan ikan discus diberi makan cacing sutera 12-15 gram
  • Pasangan ikan discus yang sedang memijah dapat anda berikan makanan berupa jentik nyamuk agar cepat matang gonadnya sebanyak 0,5 gram

Pengelolaan Kualitas Air

ikan discus marlboro
pixabay.com

Beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu kualitas air karena untuk keberlangsungan hidup para ikan.

Beberapa yang harus anda siapkan yaitu :

  • Persiapan air yang sudah diendapkan selama 24 jam di akuarium
  • Pembersihan kotoran pada kolam akuarium ikan di setiap pagi dan sore untuk menghidari amoniak yang sangat berlebihan
  • Pergantian air disetiap 3 hari sekali secara rutin

Pemanenan Ikan Discus

ikan discus murah
pixabay.com

Pemanenan ikan discus di Pusat Budidaya Perikanan dilakukan pada saat adanya konsumen yang ingin membeli. Ada beberapa tahap untuk masa pemanenan yaitu :

  • Mengkondisikan ikan dalam keadaan lapar agar menghindari ikan mati dan mabuk
  • Waktu untuk pemanenan dilakukan pada saat pagi atau sore hari dengan bertujuan agar suhu pada air tidak telalu panas
  • Siapkan alat-alat pemanenan antara lain ember dan saringan
  • Setelah alat sudah siap, maka anda dapat menarik ujung jaring untuk digeser secara perlahan ke tepi ujung jarring agar ikan berkumpul
  • Serok ikan dengan serokan lalu dapat anda sortir ikan tersebut dengan sesuai kriteria ikan yang layak untuk dijual
  • Setelah proses pensortiran selesai, maka masukkan ikan ke dalam ember, lalu anda bawa ikan ke ruang pengemasan ikan
  • Setelah itu ikan sudah siap untuk di jual di pasar-pasar

Demikian sedikit pembahasan tentang mengenai jenis ikan discus, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambahkan wawasan anda semua dan menambahkan pengetahuan anda semua.

Kami ucapkan terimakasih sudah dapat menyimak aritikel kami ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *