√ Inilah 7+ Macam-Macam Protista Yang Mirip Tumbuhan

4 min read

Ciri ciri protista mirip tumbuhan – Protista adalah koleksi organisme yang sangat beragam. Meskipun ada pengecualiannya, mereka terutama organisme uniseluler dan mikroskopis, atau terdiri dari beberapa sel.

Sel-sel prostista sangatlah terorganisir sekali dengan mesin seluler dan inti, yang biasa disebut dengan organel.

Pada suatu hari, organisme yang sederhana seperti amuba dan gangbang bersel tunggal diklasifikasikan bersamaan dakam sebuah kategori taksonomi tunggal.

Namun, munculnya informasi genetik yang lebih baik yang akan menyebabkan pemahaman yang akan lebih jelas dari hubungan evolusioner antara kelompok Protista dan sejarah evolusi menjadi masalah dalam penemuan dan diskusi ilmiah.

Ciri-Ciri Protista Mirip Tumbuhan

ciri-ciri gangbang
pixabay.com

Macam-Macam Gangbang Atau Alga

  • Ada yang uniseluler dan ada juga yang multiseluler.
  • Merupakan organisme ehkariotik.
  • Tubuh tidak bisa dibedakan antara akar, daun, dan batang yang tubuhnya berbentuk thalus, sehingga bisa dimasukkan ke dalam sebuah golongan thalophyta.
  • Berhabitat di perairan laut dan tawar, ada yang menempel di batuan (epilitik) karang, tanah, lumpur, dan pasir (epipalik), dan menempel ditubuh hewan (epizoik).
  • Reproduksi secara aseksual dengan fragementasi, pembentukan atau pembelahan spora dan secara seksual dengan isogamy dan oogami.
  • Memiliki klorofil, sehingga bersifat autotroph, selain klorofil. Alga juga mempunyai pigmen yang lain, seperti fikoeritrin (berwarna merah), xantolin (berwarna kuning), fikosianin (berwarna biru), fikosantin (warna coklat), dan karoten (berwarna keemasan).

Anda juga bisa membaca artikel tentang macam-macam tanaman hias batang

Klarifikasi Gangbang Atau Alga

macam-macam gangbang
pixabay.com

Klarifikasi Protista yang mirip dengan tumbuhan yang berdasarkan warnanya, antara lain :

  • Euglenophyta : Merupakan kelompok protista yang sangatlah unik, karena dia mempunyai sifat yang mirip dengan hewan dan tumbuhan. Contoh : Euglena viridis.
  • Chrolophyta : Hidup secara soliter maupun koloni, tubuh pada alga ini mengandung klorofil A dan B. Contoh : Chlorococcum sp, Ulva sp, Spirogyra sp, Chlamydomonas sp.
  • Dinoflagellate : Mempunyai 2 flagel, dan mempunyai sifat uniseluler yang memiliki pigmen yang berupa koloni A dan C. Contoh : Ceratium sp, Perridium sp, Nocticula sp.
  • Phaeophyta : Mempunyai pigmen berupa xantofil, fikosantin, klorofil A dan B. Contoh :  Laminaria sp, Sargassum sp, Turbinaria sp, Macrocystis sp.
  • Chrysophyta : Mempunyai pigmen warna yang sangat dominan yaitu karoten, fikosantin (coklat kuning) dan pigmen berwarna lain yang serupa klorofil A dengan B, contoh : Diatom, Cyclotella, Navicula, dan pinnularia.
  • Rodophyta : Mempunyai sifat multiseluler, memiliki pigmen fikobilin yang terdiri atas fikosianin (biru) dan  fikoeritrin (merah). Contoh : Euchema spinosum, Gelidium sp, Macrocladia sp, Gigartina mammilosa, Glacilaria sp, dan Erytrophylum sp.

Gangbang Hijau (Chlorophyta)

gangbang berwarna hijau
libiraldictionary.com

Gangbang hijau merupakan uniseluler maupun multiseluler yang mempunyai klorofil yang sangat dominan sehingga klorofil itu berwarna hijau.

Jenis-jenis gangbang hijau dikelompoki menjadi beberapa jenis yaitu :

Gangbang Bersel Satu Tidak Bergerak

  • Chlorella sp : Berbentuk bulat, hidup di air laut atau di air tawar, bereproduksi secara vegetative dengan cara membelah diri, gangbang ini sering sekali digunakan untuk mempelajari fotosintesis.
  • Cholococcum sp : Gangbang ini berbentuk seperti zoospora secara generatif dengan isogamy.

Bersel Satu Bergerak

  • Chylamydomonas sp : Gangbang ini berbentuk bulat seperti telur, kloroplasnya seperti bentuk mangkok atau pita mengandung pyrenoid, mempunyai dua flagel, dan sigma.
  • Euglena Viridis : Bentuk gangbang ini seperti menyerupai mata, mempunyai sebuah flagel, sigma dan klorofil. Reproduksi ganbang ini dengan memisahkan diri.

Berbentuk Koloni Yang Bergerak

Volvox globator, bentuk koloni tersebut menyerupai bola voli yang tersusun atas puluhan volvox yang satu dengan yang lain, lalu dihubungkan dengan benang-benang sitoplasma. Volvox globator juga dikelompokkan ke dalam protozoa.

Berbentuk Koloni Yang Tidak Bergerak

Hydrodiction sp, koloni tersebut mirip dengan jala, koloni ini sangat banyak ditemukan di air tawar. Reproduksinya sangatlah vegetative dengan fragmentasi dan secara konjugasi dengan generatif.

Berbentuk Benang

Spirogyra sp, kloropsnya sangat berbentuk seperti spiral, hidup di air tawar dan reproduksinya secara vegetatif.

Berbentuk Lembaran

Ulva, hidupnya di laut dan menempel pada batu-batu dan karang besar, bisa dimakan. Reproduksinya dengan cara vegetatif dengan berbentuk zoospora dan juga secara isogami dan generatif.

Ciri-Ciri Protista Mirip Tumbuhan Alga Merah (Rhodophyta)

Alga Merah (Rhodophyta)
Close-up view of red seaweed bushes on flat sea bottom of coarse sand.

Rhodophyta merupakan gangbang yang tubuh berselnya sangat banyak sekali (multiseluler). Mempunyai klorofil A dan klorofil B dengan pigmen yang sangat dominan berwarna merah (fikoeritrin) dan karotin.

Bentuk tubuhnya menyerupai tumbuhan yang tinggi dan hidup di laut. Rhodophyta ini sangat banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk sebagai bahan makanan agar-agar.

Cara reproduksi gangbang merah ini secara vegetatif dengan membentuk spora dan secara generatif dengan anisogami.

Macam-Macam Alga Merah Yang Sangat Terkenal Yaitu :

  • Euchema Spinosum : Sebagai bahan makanan untuk membuat agar-agar, alga ini sangat banyak sekali di perairan Indonesia.
  • Gelidium Sp, dan Gracilaria Sp : Sebagai bahan makanan untuk membuat agar-agar, akan tetapi alga ini banyak terdapat di perairan negara yang suhunya dingin.

Baca juga : macam-macam pupuk

 Alga Emas (Chrysophyta)

alga emas
faunadanflora.com

Kelompok chrysophyta mempunyai pigmen berwarna yang dominan yaitu karoten (coklat kuning) dan juga pigmen warna yang lain berupa klorofil A dan C.

Klorofil c ini yaitu pigmen yang menghasilkan berwarna hijau coklat ditanaman. Chrysophyta terorganisir atas satu sel atau banyak sel dan mempunyai kloroplas yang berbentuk cakram, pita dan oval.

Kelompok alga ini sangat mudah ditemukan di air tawar maupun di air laut.

Bersel tunggal

  • Ochromonas : bentuknya seperti bola basket, mempunyai flagel yang panjang ukurannya, akan tetapi tidak sama, reproduksi gangbang ini dengan memutuskan dirinya.
  • Navicula : sangat sering disebut dengan diatome atau gangbang kersik, berbentuk kotak elips, apabila mati maka fosilnnya akan membentuk menjadi tanah diatome berfungsi sebagai bagan penggosok, campuran semen atau penyerap nitrogliserin pada bahan peledak.
  • Pinnularia : yaitu mirip seperti diatome.

Bersel Banyak

Vaucheria, tubuhnya seperti benang, hidupnya hanya berada di air tawar, reproduksinya dengan cara begetatif dengan membentuk zoospora dan juga berbentuk secara generatif.

Pertemuan sel telur yang menghasilkan oleh oogunium dengan sel sperma yang menghasilkan oleh antheredium.

Alga Coklat (Phaeophyta)

alga coklat
pixabay.com

Phaeophyta merupakan tanaman kelompok alga yang berwarna coklat karena mempunyai pigmen fikosantrin (coklat) yang sangat dominan serta pigmen klorofil A, klorofil C, dan karetonoid.

Kelompok alga ini bersifat multiseluler dan sebagian besar dapat ditemukan di laut.

Contoh phaeophyta antara lain Turbinaria sp, sargassum sp, focus sp, laminaria sp, dsb.

Alga Api (Pyrrophyta)

Pyrrophyta banyak dikatakan sebagai alga api karena alga tersebut mampu memancarkan cahaya sehingga alga tersebut berwarna merah menyala.

Pyrrophyta mempunyai pigmen klorofil A dan juga mempunyai klorofil C. kelompok alga ini  sangat tersusun atas satu sel dan bergerak menggunakan dua flagel yang terbentuk cambuk.

Pyrrophyta mampu hidup pada air tawar maupun air laut.

Contoh : Gymnodinium, Ceratium, Peridinium, dan Gonyaulax.

Baca juga : cara menanam bunga matahari

Euglenophyta

Euglenophyta
pixabay.com

Euglenophyta banyak dikatakan mirip dengan tumbuhan karena Euglenophyta mempunyai klorofil A, klorofil B, dan karoten. Sehingga dapat berfotosintesis, sedangkan dikatakan mirip dengan hewan karena euglenophyta mempunyai alat bergerak berupa flagel yang keluar dari selnya.

Kelompok ini dapat hidup di daerah perairan.

Contoh : Euglenophyta dan Eungelena viridis.

Demikianlah pembahasan tentang mengenai ciri-ciri prostista mirip tumbuhan semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

Terimakasih.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *