√ 3+ Cara Menanam Bunga Matahari yang Paling Mudah

5 min read

Cara menanam bunga matahari – Bunga matahari merupakan bunga tahunan yang mampu menghasilkan bunga yang berwarna kuning yang berukuran lumayan besar seperti matahari.

Nama latin bunga matahari adalah Helianthus ini memang sangatlah mudah untuk ditanam sehingga tidak membutuhkan banyak perawatan.

Bunga ini memang sangatlah populer dikalangan banyak karena mempunyai paras kecantikan.

Menanam bibit bunga mahari pada saat musim semi akan membuat aktivitas yang sangat menyenangkan untuk orang yang sudah dewasa atau anak-anak.

Anda bisa menanam benih bunga ini dengan waktu yang sangat singkat dan dengan sedikit persiapan.

Bedakan Benih Bunga Matahari Dengan Kwaci

benih bunga matahari
pixabay.com

Seringkali banyak yang bingung untuk membedakan antara benih matahari (biji matahari) dengan kwaci (cemilan). Waw, kalau anda menanam kwaci, mau sampai bertahun-tahun kwaci itu gak akan bertumbuh-tumbuh.

Jadi, anda harus bisa benar-benar memilihnya. Dan juga pastikan anda membeli bibit bunga matahari ditempat yang benar.

Setiap jenis bunga matahari pasti mempunyai bentuk bibit yang berbeda-beda. Untuk bunga matahari jenis Mammoth grey, benih bunga itu berwarna putih, ukurannya lumayan besar, dan mempunyai corak garis hitam dan coklat pada benihnya tersebut.

Untuk bunga matahari yang berjenis Velvet queen benih bunga ini mempunyai ukuran yang kecil dibanding bunga mammoth grey.

Sedangkan untuk jenis bunga matahari yang berjenis Evening sun benih bunga ini mempunyai beberapa variasi warna, mulai warna hitam sampai berwarna putih.

Anda jangan salah pilih untuk mencari beberapa jenis bibit matahari ini, dan bisa juga menentukan beberapa benih yang berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran benihnya tersebut.

Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Menumbuhkan Benihnya

 Periksalah Temperatur Halaman Di Rumah Anda

cara menanam bunga matahari
pixabay.com

Meskipun bunga matahari ini mampu ditanam di halaman rumah anda.

Tanaman bunga matahari ini akan bertumbuh dengan baik apabila dipindahkan ke taman apabila sudah berumur seminggu.

Anda juga bisa memakai macam-macam pupuk yang anda bisa melihatnya diartikel tersebut.

Tanaman ini akan bertumbuh dengan baik jika pada temperatur antara 91ºF (17-33ºC), akan tetapi anda juga mampu menanamnya pada temperatur yang rendah ketika salju terakhir telah lewat.

  • Bunga ini biasanya membutuhkan 80-120 hari untuk mencapainya dewasa dan memproduksi benih yang masih baru, berdasarkan dari varietasnya.
  • Jika musim tumbuhnya di daerah anda cepat, tanamlah bunga matahari selama 2 pekan sebelum turunnya salju berakhir, sebagian besarnya benih bunga matahari ini akan bertumbuh dengan cepat.

Pilih Varietas Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari ini mempunyai banyak sekali varietas dan hibrida, akan tetapi kebanyakan para petani bunga matahari ini hanya memerlukan 2 ciri saja.

Biasanya juga dijelaskan pada benih. Pastikanlah untuk memeriksa tinggi maksimal bunga matahari tersebut.

Karena ini memberikan suatu jarak antara varietas yang kerdil dibawah satu kaki (30cm) ke tanaman bunga matahari yang menghasilkan banyak tangkai yang menghasilkan banyak tangkai dan bunga matahari yang lebih kecil.

Tak mungkin untuk menumbuhkan bunga dan biji matahari yang sudah dipanggang, akan tetapi anda mampu menumbuhkannya dari biji bunga matahari tersebut yang terdapat makanan burung, asalkan kulit luar pada bunga matahari tersebut masih utuh.

Letakkan Benih Pada Tisu Basah

Sedikitlah basahi tisu sehingga tisu itu basah. Simpan benih bunga matahari pada bagian tengah tisu, lalu kemudian lipatlah tisu tersebut untuk menutupi benih tersebut.

  • Jika anda mempunyai banyak benih bunga matahari dan tidak memperdulikan rendahnya tingkat keberhasilan. Lalu anda bisa langsung menanam benih tersebut dan memerlukan waktu selama 11 hari untuk bertunas.
  • Jika di daerah anda mempunyai musim yang bagus untuk menumbuhi tanaman bunga matahari ini, maka coba menumbuhkan dulu benih dengan jarak waktu selama 1 minggu, sehingga anda mempunyai tanaman bunga matahari dengan jangka waktu yang lebih lama.

Simpan Kertas Tisu Pada Kantong Plastik

Simpanlah kertas tisu tersebut dikantong plastik. Periksalah kertas tisu sekali atau dua kali sehari dan sampai seterusnya hingga benih yang ditanam tersebut sampai muncul tunasnya tersebut.

Biasanya, anda akan melihat tunas tersebut munculnya dalam waktu 48 jam.

Jika sudah seperti itu, maka anda harus merencanakan penanaman benit bunga matahari tersebut.

Jagalah benih tersebut pada tisu ditemperatur dibawah 50ºF (12ºC) untuk menghasilkan yang terbaik

 Gunting Pada Pinggir Cangkang Benih

Jika saat penanaman benih tidak bertunas dalam dua sampai tiga hari, maka cobalah anda menggunakan gunting kuku tersebut untuk memotong ujung cangkang pada benih bunga matahari tersebut.

Berhati-hatilah agar tidak merusak bagian dalam benihnya tersebut. Lalu tambahkanlah beberapa tetes air jika kertas tisu tersebut sudah mongering.

Cara Menanam Bunga Matahari Dengan Benihnya

benih bunga matahari
bobogrid.id

Cara menanam bunga matahari sebenarnya sangatlah mudah, namun banyak para petani pemula yang kurang mengetahui tentang mengenai budidaya bunga ini dengan benar dan sempurna, kesempatan kali ini kami akan menyajikan budidaya bunga matahari dari syarat tumbuh, proses penanaman, proses perawatan sampai tanaman ini berbunga.

Baja juga  : macam-macam tanaman hias batang

Pilih Area Yang Terkena Sinar Matahari

Bunga matahari tumbuh dengan cara yang sangat baik dengan memakai sinar matahari selama 7-8 jam per harinya

Saat mereka bisa mendapatkan cahaya matahari, maka pilihlah area yang paling sering menerima lebih banyak sinar matahari tersebut disiang harinya.

Jagalah bunga matahari tersebut dari pohon, dinding, dan objek lainnya yang bisa menghalangi cahaya matahari, kecuali kebun anda diterpa angina kencang.

 Priksa Drainase Dalam Tanah

Tanaman bunga matahari menumbuhkan akar tunggang yang panjang dan mungkin akan menjadi membusuk apabila tanah tersebut sangat basah.

Gali lubang sedalam 0,6 meter untuk memeriksa tanah yang sangat keras dan padat.

Jika anda menemukannya, cobalah untuk mencampur tanah tersebut dengan pupuk untuk memperbaiki penyeran pada air tersebut.

Pertimbangkan Kualitas Tanah

Tanaman bunga matahari tidak terlalu memilih dan dapat bertumbuh pada tanah kebun biasa tanpa ada perawatan yang ekstra.

Jika tanah anda kurang bagus atau anda ingin mau maju usaha untuk mendorong pertumbuhan. Campuran pada tanah yang akan kaya, gemburkan pada area penanaman anda.

Sangat jarang sekali untuk diperlukan pada pengaturan kadar pH tanah anda, akan tetapi jika anda mau memiliki alat untuk ukur pada kadar pH tanah, anda perlu mengatur tanah tersebut antara 6,0 dan 7,3.

Tanam Benih Sedalam 2,5 cm Dengan Lebar 15 Cm

Tanam benih pada galian sedalam 2,5 cm atau 5 cm. jika tanah tersebut tidak terlalu padat atau ada pasir. Maka jagalah jarak benih sekitar 15 cm dari benih bunga matahari yang lainnya.

Agar benih tersebut memberikan jarak yang cukup untuk tumbuh. Jika anda mempunyai beberapa benih saja dan tidak mau mengurangi nutrisi dari tanaman matahari ini yang lebih lemah, tanaman bunga matahari dengan lebar 1 kaki (30 cm) atau bisa sampai 1,5 kaki (45 cm) untuk varietas tersebut. Lalu tutupi benih dengan tanaman setelah menanam benih matahari tersebut.  

Cara Merawat Bunga Matahari

merawat tanaman bunga
traveldetik.com

Bunga matahari merupakan bunga yang sangat indah, dengan bagian tengah yang biasa disebut sebagai, bunga tabung. Bunga ini bisa terdiri dari dua ribu kuntum kecil bunga kecil. banyak mempunyai varietas yang berbeda-beda, bunga matahari ini umumnya bisa ditanam dimana saja dan pertumbuhannya juga sangatlah cepat.

Baca juga : Jenis-jenis mangga

Jaga Kelembaban Pada Tanah

Jagalah tanah agar tetap lembab, akan tetapi tidak sampai basah mengenang, sehingga tunas akan muncul dari bawah permukaan tanah. Sementara tunas yang masih kecil dan rapuh, maka siramlah tanah tersebut dengan jarak 7,5-10 cm menjauh dari tanaman, agar membantu akar tumbuh tanpa menyiram tanaman.

Jaga Tanaman Dari Hama

Burung, ayam, tupai bahkan siput memang sangatlah senang pada biji-bijian dan mungkin saja mereka menggalinya sampai tunas muncul. Maka lindungilah tanah dengan memakai jarring untuk menyulitkan hama-hama tersebut.

Tidak Menyirami Tanaman Yang Sudah Besar

Ketika benih tersebut sudah berbentuk batang dan sudah ada akarnya. Maka kurangilah penyiraman pada tanaman tersebut hingga 2 hari sekali. Seringilah menyirami tanaman tersebut setiap 2 hari sekalinya agar menambahkan jumlah air pada cuaca kering.

Kurangi Tanaman Opsional

Ketika benih tersebut sudah menjadi batang dan sudah tumbuh besar sampai 7,5 cm, maka pindahkanlah bunga tersebut ke taman. Dan pisahkanlah antara bunga yang masih kecil dan bunga yang masih lemah untuk bertumbuh. Ini akan diberikan ruang khusus dan diberikan nutrisi pada bunga matahari agar bertumbuh menjadi besar dan lebih sehat.

Lewatilah langkah ini jika anda menginginkan benih matahari agar bertumbuh dengan sangat sempurna dan baik

 Beri Pupuk Seperlunya Saja

Jika anda menanam bunga matahari untuk kesenangan mata saja, maka pemupukan tidak direkomendasikan, karena tanaman tersebut telah tumbuh dengan sangat baik tanpa memakai pupuk dan akan menderita apabila terlalu banyak untuk diberikannya.

Jika anda ingin menanam bunga matahari dengan ekstra yang sangat tinggi maka campurkanlah pupuk dengan air dan siramilah pada parit disekitar tanaman. Campuran yang harus seimbang atau pupuk yang akan kaya dengan nitrogen adalah pilihan yang sangat terbaik untuk tanaman anda tersebut.

Baca juga : macam-macam protista yang mirip tumbuhan

Setek Jika Diperlukan

Tanaman bunga matahari dengan ketinggian 3 kaki (0,9 m) memang sangatlah memerlukan bantuan menyetek, karena beberapa varietas memproduksikan banyak tangkai.

Adapun cara menyeteknya dengan mengikatkan sedikit tangkai dengan longgar dengan kain atau tali rapia lalu diikatkan.

Panen Biji Matahari

memanen bunga matahari
youtube.com

Bibit bunga matahari memang sangatlah lama bertahannya hingga sekitar 30-45 hari. Ketika bagian belakang bunga mekar yang berwarna hijau akan berwarna coklat.

Jika anda ingin mengumpulkan beberapa benih bunga matahari untuk dipanggang atau untuk ditanam kembali pada tahun berikutnya.

Maka tutupilah bunga matahari tersebut dengan plastik untuk melindungi benih-benih bunga matahari dari burung. Dan apabila bunga matahari tersebut sudah mengering maka guntinglah bunga tersebut.

Peringatan

Bunga matahari menghasilkan suatu senyawa kimia yang mampu merusak pertumbuhan kentang dan kacang panjang, dan berpotensi akan membunuh beberapa rumput, jika bunga matahari tersebut dibiarkan untuk selalu tumbuh. Maka senyawa kimia ini memang sangatlah berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *