√ Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Louhan [Agar Cepat Besar]

3 min read

cara memelihara ikan louhan bagi pemula

Cara Budidaya Ikan Louhan – Apakah anda termasuk pecinta ikan louhan? Dan apakah anda salah satu orang yang ingin membudidayakan ikan yang satu ini?

Salah satu jenis ikan hias yang mempunyai warna tubuh yang sangat indah ini merupakan ikan yang sangat  populer pada saat tahun 2000 silam.

Banyak para pecinta ikan yang sangat rela untuk mengeluarkan ratusan ribu sampai puluhan juta untuk membeli satu ekor ikan louhan ini.

Cara mudah budidaya ikan louhan

cara budidaya ikan louhan
blog eleven

Cara budidaya ikan louhan di akuarium memang sangatlah mudah seperti anda budidaya ikan cupang di akuarium, anda tidak terlalu membutuhkan banyak peralatan serta lahan yang begitu luas dalam membudidaya ikan louhan yang berkualitas. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam budidaya ikan louhan yaitu :

Menyediakan Akuarium dan Perlengkapannya

Langkah awal dalam membudidayakan ikan louhan yaitu menyiapkan akuarium dan tentunya bersama perlengkapan yang lainnya. Sediakan akuarium dengan berukuran lebarnya 40 cm, sedangkan panjangnya yaitu 70 cm, dan untuk tinggi ukuranya lebih dari 40 cm. Sama seperti ukuran kolam akuarium ikan discus.

Ukurannya bisa saja anda menyesuaikan kebutuhan anda sendiri, ukurannya lebih besar dari yang sudah disebutkan tadi malah sangat baik.

Setelah akuarium siap untuk digunakan, maka anda dapat menyediakan peralatan sebagai penunjang untuk yang lainnya ke dalam tempat berkembang calon ikan louhan agar nyaman untuk berkembang biak, berikut ini adalah penjelasannya :

  • Lampu UV : lampu ini sangatlah berguna untuk pencahayaan, serta mengatur kebutuhan cahaya dalam kolam menjadi terpenuhi.
  • Filter : alat filter sangat berguna untuk sebagai penyaring air dan bertugas mengontrol kebersihan kolam agar tetap terjaga.
  • Aerator : aerator ini berfungsi untuk sebagai pencipta gelembung udara ini berperan dalam mengatur kadar pada oksigen di dalam akuarium.
  • Bebatuan serta tanaman : menciptakan suasana akuarium yang menyerupai tempat tinggal yang sangat indah dan pada habitat asli ikan louhan tersebut akan nyaman dengan menambahkan bebatuan dan juga tanaman air.

Menyiapkan Air Untuk Akuarium

cara budidaya ikan louhan di kolam terpal
f15louhan.blogsppot

Cara budidaya ikan louhan yang selanjutnya yaitu menyiapkan air. Jangan asal memberikan air ke dalam akuarium, karena di setiap daerah mempunyai kada pH  yang berbeda-beda.

Sebainya anda dapat mengecek kadar potensial hidrogen atau anda dapat menggunakan cara dengan memberikan air endapan terlebih dahulu.

Cara pemberian air endapan tersebut sangatlah mudah, sama seperti anda memberikan air ke kolam budidaya ikan betok, yaitu dengan hanya memberikan air ke dalam akuarium selama 24 jam.

Langkah ini sangatlah berguna untuk mengatur kadar pada pH dalam akuarium. Apabila dalam waktu sehari sudah cukup lama, anda juga dapat menggunakan larutan trisufat 5 ppm, atau dengan menggunakan garam khusus untuk ikan.

Untuk kadar pH normal dalam air untuk tempat tinggal ikan louhan yaitu 6,5 sampai 7,5.

Setelah kadar pH sudah siap, sangat penting untuk mengatur suhu air yang ada di dalam akuarium agar ikan merasa aman dan menjadi nyaman saat sedang berada di tempat yang barunya. Untuk menjadi perhatian, ikan louhan sangat nyaman pada suhu 30-330 C.

Memberikan Pakan Berkualitas

cara budidaya ikan louhan di akuarium
wikipedia

Pemberian pakanan menjadi salah satu yang sangat penting dalam membudidaya ikan louhan, di harapkan untuk anda yang sedang membudidaya ikan louhan untuk tidak memberikan pakanan yang sembarangan.

Calonbos.com sarankan anda dapat menggunakan pakan yang berkualitas agar anda mendapatkan ikan yan sangat berkualitas.

Sebab salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberharhasilan budidaya ikan louhan berada pada pemberian pakan, khususnya dalam usia 2 minggu sebelum ikan akan anda budidaya.

Untuk pemberian pakan calonbos.com sarankan yaitu jenis pakan yang masih alami, contohnya jangkrik, udang kecil, dan juga cacing. Sebab makanan ini sangat mengandung banyak nilai gizi yang sangatlah baik bagi ikan louhan.

Selain memberikan pakan alam anda juga dapat memberikan pakan buatan, karena biasanya makanan ikan itu mempunyai banyak kandungan zat pewarna yang sangat berbahaya pada kesuburan ikan louhan.

Memilih Indukan Berkualitas

cara budidaya ikan louhan cencu
tribunnews.com

Sebelum anda mendapatkan ikan louhan yang sa ngat berkualitas, maka anda harus memilih indukan berbobot yang sangat berkualitas. Sebab, kualitas anakan ikan memang sangat mempengaruhi oleh indukan yang tentunya berkualitas juga.

Cara mendapatkan indukan berkualitas sangatlah mudah jauh lebih susah untuk mencari indukan ikan paling kecil di dunia yaitu cukup membeli ikan louhan berharga mahal, langkah ini juga akan menjadi sangat menguntungkan apabila indukan hendak di jual kembali.

Untuk mendapatkan indukan yang berkualitas perlu kiranya memperhatikan ciri-cirinya, berikut penjelasan secara singkatnya, antara lain :

  • Anggota bagian tubuhnya lengkap dan tidak mempunyai tubuh yang cacat serta Bangkok.
  • Mempunyai jidat yang jenong pada bagian kepala saat berukuran kurang lebih 10 cm, serta sudah tampak corak mutiara pada bagian jidatnya atau jenongnya.
  • Mempunyai jidat yang jenong, sebab ikan louhan tanpa jenong maka itu bukanlah ikan jenong.

Cara lain untuk mendapatkan indukan ikan yang berkualitas yaitu dengan cara mengkawinkan ikan louhan antara ikan jantan dengan ikan betina. Langkahnya pun sangat mudah, cukup anda menyiapkan ikan jantan dan juga ikan indukan betina ke dalam akuarium.

Berikan juga penyekat ditengah-tengah kolam akuarium, ini berguna untuk proses pendekatan antara ikan jantan dan ikan betina.

Setelah sudah dimasukkan maka anda harus memperhatikan gerak-gerik antara kedua ikan, apabila keduanya malah kelihatan berkelahi maka anda harus menutup sekatnya kembali.

Tunggu hingga keduanya memulai pengenalan agar akrab, jika dalam situasi sudah oke maka anda dapat membuka sekat tersebut dengan cara perlahan-lahan, lalu kemudian amati kembali pola tingkah keduanya.

Apabila kedua indukan ikan sudah mulai tenang dan sudah merasa aman maka anda dapat membiarkannya saja. Jika ikan tersebut berkelahi maka tutup kembali sekatnya.

Ciri-ciri ikan louhan yang sudah akrab dan ingin dikawinkan yaitu mulai menggesek-gesekkan badannya dan juga menggoyangkan ekornya.

Setelah keduanya sudah siap untuk dikawinkan maka anda harus tutup akuarium dengan menggunakan kertas yang berwarna gelap atau berwarna hitam.

Jangan lupa juga untuk memberikan pakan yang banyak dan berkualitas, supaya keduanya tidak kelaparan. Biarkan saja ikan louhan tadi melakukan proses perkawinan, lepaskan penutup dengan durasi waktu 2 hari karena diwaktu itu biasanya ikan melakukan perkawinan.

Proses Pemijahan Telur

cara budidaya ikan louhan di kolam
pixabay.com

Proses perkawinan kurang lebih terjadi dalam waktu 2 hari, setelah itu telur akan mulai terlihat pada bagian bawah akuarium. Tidak semua telur berhasil menjadi benih ikan.

Maka dari itu anda harus memperhatikan telur ikan louhan yang gagal untuk dibuahi, dengan ciri berwarna putih menyerupai susu. Sedangkan telur yang sempurna di tandai dengan berwarna bening dengan bitnik hitam.

Setelah telur keluar, maka anda biarkan saja indukan ikan tetap berada di dalam akuarium, sebab keduanya akan memberikan sirkulasi pada telurnya dengan cara mengipasi dengan sirip ikan betina tersebut.

Jangan lupa untuk memberikan makan. Setelah waktu berjalan selama 48 jam atau selama 2 hari, maka telur ikan louhan tersebut akan menetas.

Sebaiknya anda dapat memindahkan indukan ikan louhan dari telurnya ke tempat berbeda agar tidak mengancam keberlangsungan hidup benih-benih ikan tersebut.

Mungkin cukup sekian artikel cara budidaya ikan louhan dari kami calonbos.com ini, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *