√ Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Betok [Agar Cepat Panen]

4 min read

cara budidaya ikan betok untuk pemula

Cara Budidaya Ikan Betok – Ikan betok merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah tidak asing lagi di telinga anda, ikan betok terseber luas di berbagai daerah di Indonesia. Ikan betok banyak terdapat di daerah Kalimantan. Terutama di daerah Kalimantan Timur.

Daerah ini mempunyai beberapa prospek yang sangat baik untuk cara budidaya ikan betok. Beberapa kelebihan ikan betok ini yaitu mempunyai toleransi terhadap fluktuasi temperatur yang tinggi, tahan kekeringan dan kekurangan oksigen di dalam air.

Ikan ini juga mempunyai beberapa nilai ekonomis yang sangat tinggi. Namun belum banyak para petani ikan yang mendalami untuk membudidayakan ikan betok ini. Di daerah Kalimantan sendiri sangat banyak digemari dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Ikan betok ini digemari karena mempunyai rasa daging yang terbilang sangatlah lembut.

Ikan Betok

cara budidaya ikan betok
pixabay.com

Ikan betok merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat banyak ditemukan di sekitaran sungai, waduk ataupun danau. Ikan betok ini juga adalah merupakan jenis ikan karnivora ataupun ikan pemangsa.

Ikan dengan nama latin Anabasa Testudineus ini mempunyai banyak sebutan, seperti ikan papuyu (Banjar), ikan puyu (Melayu), ikan betik (Jawa), serta Climbing Gouramy (Inggris).

Cara Budidaya Ikan Betok

cara budidaya ikan betok di kolam terpal
pixabay.com

Usaha budidaya ikan betook masih banyak peluang untuk berbudidaya ikan tersebut. Ini dikarenakan terbatasnya jumlah benih yang nantinya akan diperoleh dari alam. Saat ini benih ikan betook masih diperoleh dengan melalui penangkapan dari alam.

Seringnya penangkapan secara asal-asalan oleh para masyarakat membuat jumlah benih ikan ini di alam bebas akan menjadi mengurang.

Penangkapan yang tidak  ramah dengan lingkungan, penyetruman dan dengan menggunakan bom itu akan menyebabkan berkurangnya ikan betook di alam bebas atau di sungai-sungai.

Ada beberapa cara sederhana yang mungkin anda dapat melakukannya untuk membudidaya ikan betook.

Berikut ini akan calonbos.com jelaskan :

Membedakan Antara Ikan Jantan dan Betina

cara budidaya ikan betok secara alami
pixabay.com

Dalam budidaya ikan betok anda harus tau perbedaan antara ikan jantan dan juga ikan betina itu merupakan langkah yang sangatlah penting. Untuk cara membedakan antara ikan jantan dan juga ikan betina, dapat anda lihat dengan melalui bentuk tubuhnya. Cara membedakan ikan betok ini cukup berbeda dengan cara pembedaan budidaya ikan cupang.

Untuk indukan betina bentuk tubuhnya memanjang, warna agak kusam, perut gendut, gerakan yang sangat lambat, serta mempunyai lubang kelamin bulat.

Sedangkan tanda untuk indukan jantan mempunyai ciri yaitu bentuk membulat, warna pada tubuhnya yang cerah, mempunyai gerakan yang sangat lincah, dan pada bagian lubang kelaminnya agak memanjang.

kolam Terpal Ikan Betok

cara ternak ikan betok
pixabay.com

Ikan betook mampu dipelihara atau dapat anda budidaya diberbagai jenis kolam yaitu kolam terpal, kolam tanah atau kolam dari tambak. Akan tetapi jenis kolam terpal lebih banyak dipakai karena lebih effisien, dan juga lebih irit untuk digunakan. Berbeda dengan budidaya ikan cupang yang hanya dapat dibudidayakan di kolam akuarium besar.

Pemupukan pada dasar kolam untuk budidaya ikan betok ini sangat wajib untuk dilakukan terutama pada kolam guna anakan. Kolam ikan betook dewasa tidak harus anda lakukan pemupukan sebab ikan ini ddapat hidup terhadap kondisi air apa aja  serta akan tahan pada kualitas air yang buruk.

Pemijahan Ikan Betok

cara memelihara ikan betok
pixabay.com

Benih ikan betok ini didapatkan dari pemijahan indukan ikan betok jantan serta betok betina juga. Guna membedakan antara indukan jantan dan juga indukan betina dapat anda lihat dari fisiknya dan tubuhnya.

Berikut ini ciri-ciri ikan jantan dan juga ikan betina :

Jantan :

  • Mempunyai bentuk tubuh yang kecil
  • Mempunyai pergerakan yang sangat lincah dan juga gesit
  • Mempunyai kelamin yang memanjang

Betina :

  • Mempunyai tubuh yang cukup besar
  • Mempunyai gerakan yang cukup lambat
  • Mempunyai lubang kelamin dengan bentul bulat

Biasanya pemijahan ikan betok ini dikerjakan dengan cara buatan yaitu, dengan memakai cara kawin suntik. Dalam sekali musin kawin, indukan betok ini dapat memijahkan sebanyak 3x dengan menghasilkan 5.000-15.000 butir telur saja.

Pada sekitar suhu 260 derajat telur ikan betok ini akan menetas dalam waktu 24 jam, sedangkan untuk suhu 300 derajat celcius telur ikan betok tersebut akan menetas dalam kurun waktu selama 12 jam, lalu kemudian ikan dapat disebar di kolam.

Pendederan Tahap 1

cara membudidayakan ikan betok
idea.grid.id

Tahap budidaya ikan betok yang selanjutnya yaitu pendederan. Pendederan dilakukan melalui beberapa tahap. Pada tahap pertama ini dilakukan di dalam hapa yang sudah dipasang di dalam kolam.

Caranya yaitu anda siapkan kolam dengan ukuran 200 m2. Lalu kemudian keringkanlah kolam selama 7 hari. Setelah pengeringan maka anda dapat mengisi air kolam dengan ketinggian air 60 cm. Tebarkan 4 karung kotoran ayam atau kotoran burung puyuh, setelah itu biarkan selama 5 hari.

Pasanglah hapa atau jarring sebanyak 5-10 jaring dengan ukuran panjang 2×1 m dan tinggi 80 cm. Dengan memakai tiang dari bambu. Anda dapat memasukkan benih ikan betok sebanyak 1000 benih.

Untuk perawatannya anda dapat memberikan makanan tambahan berupa pelet yang sudah dihaluskan. Lakukan pendederan tahap 1 ini selama 7 hari. Pada saat benih berukuran 0,5 cm.

Pendederan Tahap 2

cara pembenihan ikan betok
pixabay.com

Setelah melewati masa pendederan pada tahap 1, maka pada tahap ke 2 ini caranya yaitu anda harus menyiapkan kolam yang berukuran 200 m2. Keringkanlah kolam selama 7 hari. Isilah kolam dengan air setinggi 60 cm.

Sesudah itu anda dapat menebarkan sekitar 4 karus kotoran ayam ke dalam kolam. Anda diamkan selama 5 hari.

Setelah itu pindahkan benih ikan betok yang berada di kolam pendederan pada tahap 1 ke dalam kolam pendederan tahap 2. Ukuran benih pada saat dipindahkan telah mencapai 1-3 cm.

Untuk perawatan anda dapat memberikan makanan berupa pelet yang telah dihaluskan sebanyak 500 gram/ harinya. Tingkatkan pemberian makan menjadi 700 gram pada minggu kedua dan 1000 gram pada minggu ketiga.

Berikanlah pakan sesui dengan kebutuhan. Lakukanlah pendederan pada tahap kedua ini selama sebulan atau saat benih telah mencapai ukuran sekitar 3-5 cm.

Pemeliharaan Anak Ikan Betok

cara ternak ikan betok di aquarium
pixabay.com

Ikan batok yang baru saja menetas tidak perlu langsung anda beri pakanan lantaran ikan betok tersebut masih mempunyai cadangan untuk makanan terhadap kantongnya.

Setelah ikan sudah berusia 4 hari maka barulah anakan ikan tersebut dapat anda berikan makanan dengan kuning telur. Pemberian makanan tersebut dilaksanakan secara rutin sebanyak 3x sehari sama seperti anda memberikan makanan terhadap budidaya ikan louhan.

Sesudah ikan betok berusia 2 minggu, maka ikan betok diberi makanan berupa pelet yang sudah anda haluskan sebab ini merupakan waktu kritis ikan betok.

Pemberian makan berupa pelet terhadap ikan betok ini dapat anda laksanakan sampai ikan betok tersebut sudah berusia sekitar 2 bulan, ketika sudah 2 bulan maka barulah ikan tersebut dapat ditebar dalam kolam yang telah disiapkan.

Pemanenan Ikan Betok

cara budidaya ikan betok/papuyu
pixabay.com

Pada saat proses pemanenan dalam membudidaya ikan betok dapat anda lakukan dengan dua cara, yaitu dengan panen secara total atau dengan cara selektif.

Panen total merupakan panen yang dilakukan tanpa melihat ukuran ikan betok, sedangkan panen selektif merupakan panen dengan memilih-milih ikan betok yang sudah mempunyai ukuran yang telah diinginkan oleh banyak konsumen. Dan yang pastinya saat pemanenan ikan ini sangat berbeda dengan ukuran ikan paling kecil di dunia.

Panen selektif biasanya dilakukan untuk keperluan dikonsumsi atau untuk pemilihan indukan ikan betok.

Demikianlah ulasan tentang cara budidaya ikan betok yang dapat calonbos.com berikan. Apabila ada kata yang salah mohon dimaafkan.

Terimakasih.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *