√ Cara Budidaya Ikan Mas yang Mampu Menghasilkan Jutaan

6 min read

cara budidaya ikan mas yang benar

Jika kemarin sudah sempat membahas tentang budidaya ikan kerapu, maka kini saatnya calonbos.com ingin membahas tentang budidaya ikan mas.

Banyak para pembisnis masih pemula yang masih kebingungan, sebaiknya anda dapat memilih bisnis apa yang ingin anda kembangkan di usia muda ini.

Sebagian besar banyak orang yang memilih untuk berbisnis kuliner, sebagian juga ada yang mencoba sebagai bisnis di bidang tekstil, dan ada juga yang mencoba berjual beli property, dan masih banyak lagi.

Semua bisnis ini pasti sudah umum di telinga anda.

Oleh karena itu calonbos.com ingin mengajak anda melihat sebuah bisnis yang belum umum, yakni budidaya ikan mas.

Anda penasaran? Mari simak bagaimana cara budidaya ikan mas agar mendatangkan profit ratusan bahkan jutaan rupiah dalam artikel calonbos.com berikut ini.

Selamat membaca.

Ikan Mas

budidaya ikan mas
pixabay.com

Ikan mas atau ikan karper dengan nama latinnya Cyprinus Carpio yaitu ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di perairan Indonesia.

Ikan mas mulai masuk ke perairan Indonesia dan mulai dipelihara sejak tahun 1920-an. Ikan mas yang ada di Indonesia sendiri merupakan ikan mas yang dibawa dari China, Taiwan, Eropa, dan Jepang.

Selain itu “ikan mas punten” dan juga “ikan mas majalaya” merupakan hasil seleksi di Indonesia. Sampai sekarang sudah terdapat 10 jenis ikan mas yang dapat diidentifikasi berdasarkan karakteristik morfologisnya.

Syarat Lingkungan Budidaya Ikan Mas

Anda pasti sudah mengetahui bahwa ikan mas membutuhkan lingkungan yang sesuai dengan habitat yang aslinya agar perkembangannya yang optimal. Tanpa lingkungan yang memadai, ikan mas ini tidak akan bisa berkembang biak dengan baik.

Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan syarat lingkungan berikut ini :

  • Daerah kolam harus berada di ketinggian antara 150-600 mdpl
  • Suhu pada air kolam harus berkisar antara 20-25o C
  • pH pada air kolam harus berkisaran 7-8
  • Jauhkan kolam ikan mas tersebut dari daerah yang masih rawan banjir

Hal ini untuk meminimalisasi pada pencemarab terhadap sumber air.

Cara Budidaya Ikan Mas Di Kolam Terpal

budidaya ikan mas di kolam terpal
pixabay.com

Sebenarnya, sudah banyak cara yang dapat anda pilih untuk memulai bisnis ternak ikan mas.

Namun, yang paling disarankan adalah menggunakan kolam terpal dan juga kolam beton (semen).

Mengapa demikian?

Karena metode ini sangatlah lebih aktif untuk menekan angka kematian pada ikan mas. Benih ikan mas pun dapat berkembang sangat optimal.

Tak hanya itu saja, anda juga dapat memakai kolam ikan sederhana yang sangat masih ekonomis dibandingkan dengan kolam tanah ataupun kolam semen.

Akan tetapi, anda harus melakukan Persiapan secara matang agar hasil panen budidaya ikan mas sesuai dengan harapan.

Terus, bagaimana cara memulai budidaya ikan mas di kolam terpal?

Inilah langkah-langkah untuk persiapan memulai budidaya ikan mas.

Persiapan Kolam Ikan

Setelah kolam sudah siap, maka lanjutkanlah dengan pengisian air. Pada tujuh hari pertama untuk membudidaya ikan mas, kondisi air masih sangat stabil, begitupun dengan pH air. Agar pH air selalu terjaga, anda dapat menambah atau mengurangi air secara berkala.

Pastikan juga agar pada suhu air dalam keadaan ideal, yakni sekitar 20-25o C. Air juga harus mempunyai kadar oksigen yang cukup dan tidak tercemar kandungan kimia berbahaya. Pengisian air ini sama halnya dengan pengisian air budidaya ikan baung dan budidaya ikan wader yang memang benar-benar harus dilihat kadar oksigennya.

Sebelum anda gunakan, kolam harus didiamkan selama 3 hari agar plankton tumbuh.

Warna kehijauan pada air menjadi tanda bahwa plankton dan hewan kecil lainnya akan berkembang biak dengan sangat baik.

Pembibitan dan Pembenihan Ikan Mas

Setelah sudah menyiapkan kolam terpal, lalu kemudian yaitu proses pembenihan ikan mas. Proses pembinihan ikan mas ini harus benar-benar siap seperti persiapan budidaya ikan komet.

Untuk memulai usaha budidaya ikan mas, hal pertama yang harus anda siapkan adalah memilih bibit atau calon indukan.

Calon indukan ikan mas ini diusahakan harus dari keturunan yang mempunyai sifat unggulan. Sehingga akan menghasilkan benih-benih yang mempunyai produktifitas yang sangat tinggi.

Calon indukan ikan mas dipelihara dalam kolam pembenihan ini, lalu dipisahkan antara indukan jantan dengan indukan betina. Waktu pemisahan ini dilakukan sampai kedua indukan ikan mas ini siap untuk dipijahkan.

Dalam proses pemijahan atau perkawinan, kedua indukan ini dipisahkan ke kolam khusus pemijahan. Kolam ini harus benar-benar dilengkapi dengan kakaban, tempat untuk menempelkan telur ikan mas dari hasil pembuahan.

Berasal Indukan Terpercaya

budidaya ikan mas di sawah
pixabay.com

Anda harus selalu mengutamakan kualitas pada benih-benih ikan mas dengan memilihkan indukan yang terpercaya. Anda dapat meminta masukan kepada penjual atau pembudidaya ikan mas, tentang mengenai benih terbaik di kelasnya masing-masing.

Dengan memilih benih yang berkualitas dan yang sangat unggul, maka pada saat panen pun ikan yang dihasilkan akan lebih optimal.

Benih ikan yang berkualitas pasti mempunyai ukuran yang sama, keseragaman ukuran pada benih ikan akan dapat mempengaruhi menurunkan resiko kematian pada benih ikan tersebut.

Saat pemberian makan berlangsung, diharapkan semua ikan akan mendapatkan jumlah sama besarnya.

Dengan begitu pertumbuhan pada benih ikan tersebut akan seragam, dan tidak akan ada yang tertinggal.

Pembesaran Ikan Mas

Benih yang digunakan dalam budidaya ikan mas ini biasanya berukuran 10-12 cm dengan bobot sekitar 80-100 gram per ekor. Berbeda dengan bibit budidaya ikan sepat yang bobot dan beratnya masih ringan.

Ukuran benih sebesar ini diharapkan sangat sudah cukup kuat untuk dibesarkan atau dibudidayakan. Sehingga resiko pada kegagalan bisa ditekan. Untuk pembesaran ikan mas sendiri berkisar selama 3 bulan.

Budidaya ikan mas dapat dilakukan dalam berbagai teknik contohnya dengan metode air deras, air tenang, atau dengan tumpeng sari. Kolam yang digunakan juga bisa berupa kolam terpal, kolam beton, sawah, keramba, ataupun dengan jarring apung.

Pengendalian Hama dan Penyakit

budidaya ikan mas di kolam beton
pixabay.com

Usaha budidaya ikan mas dapat sangat mudah berkembang pesat. Seiring dengan berjalannya waktu. Penyebaran penyakit pun dalam membudidayakan ikan mas menjadi resiko yang sangat besar.

Setiap pembudidaya ikan mas anda perlu mengetahui berbagai penyakit yang dapat menyerang ikan mas.

Panen Ikan Mas

Secara umum tingkat perekonomian pembesaran ikan mas berada pada kisaran 300-400 gram per ekornya. Bobot ikan dibawah itu, masih mempunyai potensi untuk dibesarkan. Sangat berbeda dengan bobot budidaya ikan baung yang bobotnya sangat ringan sekali.

Sedangkan apabila sudah melebihi bobot tersebut, ikan mas sudah tidak sangat ekonomis lagi untuk dibesarkan. Porsi pada pakan ikan mas sendiri sudah tidak sebanding lagi dengan pertumbuhan dan harga jual ikan tersebut.

Semakin lama waktu pembesaran maka semakin besar biaya operasional yang harus anda keluarkan. Untuk biaya pemeliharaan, khususnya untuk pakan akan semakin besar dengan meningkatnya bobot ikan mas per ekor.

Akan tetapi, hal itu masih tergantung pada kondisi pasar. Apabila ada pasar yang mau menerima ikan mas yang berukuran besar dengan pakan harga per kilogramnya lebih mahal, maka pembesaran masih layak.

Waktu yang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan mas dari ukuran 100 gram per ekor, sampai ukuran siap konsumsi 300-400 gram per ekornya sekitar 3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut bobot ikan akan bertumbuh menjadi 3x lipat.

Keuntungan Budidaya Ikan Mas

budidaya ikan mas di kolam tanah
pixabay.com

Setiap usaha dan berbisnis pasti ingin menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Anda dapat mewujudkan keinginan tersebut dengan menjalankan usaha budidaya ikan mas.

Barangkali anda sedang bertanya-tanya,kenapa harus membudidaya ikan mas, kenapa tidak yang lainnya?

Jawaban tersebut sangatlah sederhana..

Bisnis budidaya ikan mas ini sangatlah menguntungkan dari pada budidaya ikan jenis lainnya.

Anda tidak yakin?

Mari kita simak sejumlah keuntungan ternak ikan mas sebagai berikut ini :

Praktis

Ternak ikan mas sangat praktis untuk anda yang ingin menjalankan bisnis ini, karena bisnis ini dapat anda kerjakan di rumah anda.

Dengan kata lain, hanya berbekal lahan sempit, anda sudah bisa mampu memelihara ratusan bahkan ribuan ikan mas.

Coba anda bisa membayangkan, berapa banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan saat masa pemanenan tiba.

Sangat Mudah Dijalankan

Menjalani profesi sebagai pembudidaya ikan sangatlah menyenangkan. Pasalnya, anda tidak dibutuhkan keahlian khusus layaknya profesi yang lainnya.

Bahkan, jika anda seorang pemula sekalipun, usaha budidaya ikan mas ini masih dapat anda jalankan. Asalkan, anda mau mengikuti panduan ternak ikan mas dengan benar dan harus sungguh-sungguh.

Modal Kecil

Untuk anda yang ingin menjalankan usaha membudidayakan ikan mas ini, tidak dibutuhkan banyak modal.

Hanya dengan modal 5 juta saja, anda sudah dapat menjalankan dan memulai bisnis yang sangat menggiurkan ini.

Pangsa Pasar Luas

ikan masak asam manis
pixabay.com

Satu hal yang paling diunggulkan dalam budidaya ikan mas ini, yaitu pangsa pasarnya sangat luas.

Maklum saja, hampir sebagian besar orang dari berbagai lapisan masyarakat banyak yang menyukai ikan mas.

Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Rasa ikan mas yang sangat lezat dan gurih membuatnya begitu disukai.

Ikan mas pun cocok dijadikan sebagai macam olahan makanan kuliner yang sangat menggoda selera.

Inilah salah satunya bisnis ikan mas yang benar-benar sangat menguntungkan bagi anda yang menjalankan.

Peminat Tinggi

Semakin luas pangsa pasar, maka semakin tinggi pula potensi permintaannya. Salah satunya yaitu ikan mas.

Anda akan merasa takjub apabila melihat angka permintaan ikan mas yang selalu meningkat setiap harinya.

Meskipun lonjakan yang terjadi tidak begitu besar, akan tetapi kenaikannya sangat stabil.

Balik Modal Cepat

Hanya dalam kurun waktu 3 bulan saja, InshaAllah modal yang anda pakai untuk usaha budidaya ikan mas akan kembali dengan berkali lipat.

Contohnya, modal awal anda sebesar 5 juta rupiah, maka anda mampu meraih keuntungan belipat ganda dengan keuntungan 10 juta perbulannya.

Dengan harga ikan jual mas yang cenderung sering mengalami kenaikan, maka potensi pada keuntungan anda pun akan berlipat-lipat.

Coba anda bisa membayangkan, jika anda dalam sekali panen anda menghasilkan hingga 350 kilogram ikan dengan harga jual Rp 35,000,00.

Maka anda mampu menghasilkan sekali panen mendapatkan sebesar Rp 10,500,000,00. Itu belum bersih masih kotor.

Maka dari sini diingatkan kembali, semakin banyak kolam ikan yang anda punyai, maka akan semakin besar juga keuntungan yang mampu anda dapatkan.

Promosi Mudah

ikan masak asam pedas
pixabay.com

Keunggulan lainnya dari membudidayakan ikan mas ini yaitu mempromosikan yang sangat mudah. Bahkan sebenarnya, tanpa anda mempromosikan pun ikan mas anda akan selalu dicari oleh banyak konsumen.

Namun, untuk mengingatkan angka penjualan, anda harus menerapkan teknik pemasaran yang strategis.

Selain itu juga, anda pun dapat bekerja sama dengan pengepul ikan mas yang berada dekat dengan daerah rumah anda, anda juga dapat berkerja sama juga dengan supermarket, kafe, restoran dan penjual warung nasi yang membutuhkan ikan mas.

Dengan cara lain, setiap kali masa pemanenan berlangsung, ikan mas yang anda dapatkan selalu tersalurkan dengan baik.

Anda juga jangan terlalu repot dalam masalah pencarian konsumen.

Selain dijual melalui perantara, anda juga dapat menjualkannya sendiri atau mengolahnya untuk dijadikan sebagai makanan.

Contohnya dengan membuka warung nasi dengan menu utama ikan mas kuah, ikan mas bakar, ataupun ikan mas goreng.

Bisa juga anda bentuk atau kemas dengan porsi yang lain, seperti dibuat abon ataupun dibuat kerupuk.

Hasil penjualan dengan cara ini akan jauh lebih menguntungkan dari pada dijual dengan cara masih hidup.

Demikianlah informasi lengkap tentang mengenai budidaya ikan mas.

Terimakasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *