√ Rahasia Budidaya Ikan Bandeng [Agar Cepat Panen]

4 min read

Budidaya ikan bandeng merupakan komoditas andalan untuk pembudidayaan tambak di Kabupaten Pinrang. Selama ini bandeng dibudidayakan oleh petambak Pinrang. Sejak udang windu banyak dilanda masalah maka beruntunglah petambak yang masih bisa panen ikan bandeng.

Banyak pembudidaya yang masih bertahan di usaha tambak karena sudah ditopang oleh ikan bandeng ini.

Sejak dahulu kala ikan bandeng sudah menjadi ikan peliharaan di tambak air payau. Selain tidak mudah terserang penyakit, cara budidaya ikan bandeng pun tidak terlalu sulit.

Ikan bandeng ini biasanya dibudidayakan dengan cara menambak. Ikan ini sangatlah populer di Indonesia selain rasanya, harga ikan ini juga di pasar-pasar sangat cukup terjangkau oleh semua kalangan, apabila anda bandingkan dengan ikan yang lainya.

Untuk cara pengolahannya pun sangat cukup beragam dengan nutrisi dan gizi dalam ikan bandeng ini memang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak.

Dengan harga yang cukup relatif murah dan pemintanya juga pun banyak, sehingga sudah banyak orang yang membudidayakan ikan bandeng ini. Meskipun cara budidaya ikan bandeng ini tak semudah Budidaya ikan lele ataupun Budidaya ikan mujair.

Namun budidaya ikan bandeng ini memang cukup menjanjikan karena sudah banyak peminat-peminatnya baik di pasar modern maupun di pasar swalayan. Dengan banyaknya peminat, tentu membuat peluang bisnis budidaya ikan bandeng ini selalu terus meningkat pesat.

Ini adalah tata cara untuk melakukan budidaya ikan bandeng, mari kita simak dengan seksama.

Persiapan Budidaya Ikan Bandeng

budidaya ikan bandeng
medium.com

Buatlah kolam tambak dengan lebar yang anda inginkan. Coba anda bandingkan antara luas dengan benih yang akan anda tebar nantinya.

Jika anda menggunakan kolam yang pernah anda gunakan untuk berbudidaya ikan lain, maka persiapan yang harus anda lakukan adalah membersihkan kolam dari hama-hama.

Caranya adalah dengan menebarkan saponin ke seluruh bagian kolam tersebut dan anda bersihkan semua sela-sela kolam, agar hama dan predator yang ada di dalam kolam menjadi mati. Sehingga tidak membahayakan hidup pada benih-benih ikan bandeng yang akan dibudidayakan nantinya.

Budidaya ikan bandeng ini sangatlah praktis berbeda dengan Budidaya Ikan Lele, selain itu juga sangat banyak sekali keuntungannya.

Sebelum anda melakukan cara mudah untuk budidaya ikan bandeng ini, berikut penjelasan dan tata cara untuk berbudidaya ikan bandeng yang sangat praktis.

  • Harus sudah menyiapkan terpal yang bersih untuk persiapan membuat kolam, agar ketika sedang membudidayakan ikan bandeng tersebut tidak banyak lumpur dan tidak berbau lumpur.
  • Sediakan saponin yang nantinya akan ditebar ke dalam kolam tempat budidaya ikan bandeng, fungsi saponin ini untuk memberantas hama dan bakteri-bakteri yang berada di dalam kolam budidaya.
  • Siapkanlah air bersih yang berkualitas untuk budidaya ikan bandeng, fungsinya untuk menghindari dari lumpur dan limbah.
  • Jagalah terpal tersebut agar terhindar dari geosim ataupun ditumbuhi oleh bakteri penghasil geosim nantinya, ini yang akan membuat bandeng mempunyai rasa tanah.

Pembuatan Kolam Terpal

budidaya ikan bandeng di kolam terpal
trainingbudidayaikan.blogspot.com

Langkah selanjutnya adalah membuat kolam dari terpal, untuk membuat kolam dari terpal maka anda harus menyiapkan bahan-bahan yang nantinya akan digunakan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolam tersebut yaitu :

  • Pilihlah lokasi kolam yang akan anda buat nantinya, pastikan lokasi yang akan anda buat kolam tersebut jauh dari daerah-daerah perindustriyan agar ikan yang kita budidaya tidak terkena dampak limbah dari industry tersebut.
  • Pastikan lokasi untuk pembuatan kolam bersih, bebas dari limbah, atau jangkauan hewan liar.
  • Buatlah kolam terpal ataupun kolam tambak dengan pH sekitar 6 hingga 7, ini sangat penting untuk menghasilkan budidaya ikan bandeng yang berkualitas.
  • Pastikan air pada suhu kolam mampu mencapai 26 hingga 320 C, jangan sampai suhu air dalam kolam terpal nantinya mengalami penurunan, ini hal sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan bandeng nantinya.
  • Selain itu juga buatlah kolam pembesaran berbentuk persegi yang akan dapat menampung benih kurang lebih sebanyak 200 ekor benih.

Perhatikan Kualitas Air

budidaya ikan bandeng air tawar
abahtani.com

Ikan bandeng merupakan termasuk ikan yang paling mudah untuk dibudidayakan. Hal ini dikarenakan ikan bandeng mampu hidup dan tumbuh besar dikondisi air manapun. Berbeda dengan Cara Budidaya Ikan Koi yang hanya mampu hidup dan besar di air yang bersih saja.

Memang, ikan bandeng merupakan ikan yang mampu hidup di air mana saja sekalipun itu lumpur. Akan tetapi, bukan berarti anda tidak harus memperhatikan kualitas air.

Maka usahakanlah untuk selalu menjaga kualitas air agar pertumbuhan pada ikan bandeng ini semakin baik.

Apabila anda menginginkan hasil budidaya ikan bandeng yang berkualitas tinggi, setidaknya anda harus mempertahankan kualitas air yang baik dan juga bebas dari berbagai macam-macam bakteri dan hama.

Selain itu juga anda harus memperhatikan kualitas air dan suhu pada air tersebut. Beberapa para budidaya ikan bandeng ini pasti sudah mengetahui berapa suhu air yang akan digunakan untuk budidaya ikan bandeng ini. Karena ini sangat mempengaruhi kelangsungan hidup pada ikan bandeng ini.

Ikan bandeng mampu hidup di air yang suhu rata-rata 26-320 C.

Maka dari itu jagalah selalu suhu yang berada di dalam kolam ikan tersebut, jangan sampai suhu pada air dalam kolam nantinya mengalami penurunan, ini hal sangat berbahaya untuk kelangsungan hidup ikan bandeng nantinya.

Penebaran Benih Ikan Bandeng

budidaya ikan bandeng di keramba jaring apung
pixabay.com

Cara budidaya ikan bandeng selanjutnya adalah persiapan dan juga penebaran benih ikan bandeng. Setelah segala sesuatu yang sudah calonbos.com sebutkan diatas dari awal sampai lokasi kolam, maka tahap selanjutnya adalah penebaran pada benih ikan bandeng.

Akan tetapi, sebelum kita melakukan penebaran pada benih ikan bandeng ini alangkah baiknya anda memilih atau menyortir terlebih dahulu benih ikan bandeng yang telah disiapkan.

Pensortiran benih mana saja yang memang sudah layak untuk anda kembangbiakan. Perlu diingat jumlah pada benih harus cukup dan harus sesuai dengan ukuran kolam tersebut.

Perawatan Ikan Bandeng

budidaya ikan bandeng ppt
pixabay.com

Langkah selanjutnya adalah perawatan. Langkah atau tahap yang satu ini harus benar-benar anda perhatikan dengan sangat baik. Karena, kualitas hasil panen dari ikan bandeng anda akan sangat berpengaruh sekali dari proses perawat ini.

Tahap yang pertama dalam melakukan perawatan ini yaitu pemberian pakan untuk ikan bandeng. Dalam pemberian pakan ikan bandeng. Saat ini sudah banyak sekali beredar pakan-pakan yang instant yang anda bisa beli langsung di toko yang menyediakan pakanan ikan yang instant.

Namun, sudah banyak juga yang membuat pakanan ikan bandeng sendiri. Apabila anda berniat membuat pakan ikan bandeng itu sendiri, ada beberapa tahap atau campuran yang dimana memang harus benar-benar memenuhi kebutuhan nutrisi dari ikan bandeng tersebut.

Untuk pemberian pakan ikan bandeng sendiri diberikan 3x sehari disesuaikan dengan umur dari ikan bandeng tersebut, pemberian pakan juga sama seperti pemberian pakan Cara Budidaya Ikan Koi yang diberikan 3x sehari yakni, pagi, siang, dan malam.

Dalam perawatan ikan bandeng, anda juga diharuskan untuk selalu menjaga kestabilan beberapa elemen penting seperti pada suhu air dan juga unsur-unsur yang dapat membuat benih ikan bandeng anda sakit.

Salah satunya adalah hama dan gangga, anda bisa membersihkan kolam tersebut setiap 15 hari sekali.

Lakukanlah perawatan secara berskala sampai ikan bandeng tersebut terlihat cukup besar dan apabila perkembangannya tidak seragam, maka pisahkanlah ikan bandeng dengan sesuai ukurannya dan juga bobotnya ke dalam kolam pembesaran yang telah disediakan diawal tadi.

Pemanenan

budidaya ikan bandeng air tawar di kolam terpal
velinberita-wordpress.com

Pemanenan memang hal-hal yang ditunggu-tunggu oleh para pembudidaya ikan. Dalam proses panen ini biasanya setiap kolam mempunyai ukuran masing-masing. Akan tetapi pada umumnya ikan yang mempunyai bobot antara 100-500 gram/per ekornya sudah siap untuk dijual di pasar-pasar.

Tidak hanya itu saja, cara memanen ikan bandeng ini tiap kolam dapat mengurangi debit air, sehingga hanya ikan bandeng saja yang dapat kelihatan karena ditangkap dengan jaring kemudian ikan bandeng akan sangat mudah untuk diambilnya.

Ada juga memakai yang sangat instan yaitu dengan langsung mengeringkan kolamnya. Dan ada juga cara yang mungkin jarang orang mengetahuinya juga yaitu dengan cara memberikan sponin ke dalam kolam ikan bandeng sehingga ikan akan mati dan akan mengambang sehingga sangat mudah untuk dijaringnya.

Pada proses pemanenan ini yang harus diingatkan adalah panenlah ikan yang memang sudah layak dikonsumsi dengan tingkat kesegaran dan ikan yang sehat. Karena, dengan begitu dikonsumsi akan merasa lebih senang para pembeli, karena kesegaran dan kualitas ikan yang sangat tinggi.

Berikut diatas adalah beberapa cara dan tips untuk budidaya ikan bandeng yang banyak digemari oleh masyarakat.

Sama halnya dengan Cara Budidaya Ikan Mujair dalam perawatan ikan bandeng pun seharusnya anda betul-betul ulet dan juga sabar agar saat pemanenannya anda mendapatkan hasil yang mempunyai kualitas yang baik dan tinggi.

Dengan banyaknya hasil budidaya dan sangat baiknya kualitas saat membudidaya ikan bandeng ini, semoga yang dihasilkan saat memanen dapat sebanding dengan pendapatan kita sebagai pembudidaya ikan bandeng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *