√ Budidaya Ikan Balon [Agar Menghasilkan Panen melimpah]

4 min read

video budidaya ikan balon

Budidaya Ikan Balon – mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan balon? Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan hias dengan mempunyai ciri khas yaitu perut yang besar.

Ikan dengan perut besar ini nama aslinya yaitu ikan molly yang perutnya sama seperti balon menggelembung sehingga diberikan nama menjadi ikan balon. Ikan yang mempunyai nama latin Poelicia latipinna molly ini memang saat ini sedang banyak peminatnya.

Tampilan yang sangat cantik dan menarik membuat ikan balon ini sangat tinggi untuk peminatnya. Maka dari itu sudah tidak heran lagi jika budidaya ikan balon ini semakin menjanjikan dan sangat menguntungkan.

Sudah banyak para pecinta ikan hias yang membudidayakan ikan balon ini karena harganya yang masih terbilang cukup murah dan tampilannya sangat benar-benar cantik.

Memulai Bisnis Ikan Balon

budidaya ikan balon
pixabay.com

Bisnis budidaya ikan balon ini memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya ikan patin yang menjadi salah satu bisnis yang sangat menguntungkan.

Untuk memulai bisnis budidaya ikan balon ini tidak sangat sulit. Bisa anda memulainya dengan cara mudah dan normal yang kecil. Anda dapat memulainya dilahan kecil maupun lahan luas.

Pelaku Bisnis Budidaya Ikan Balon

Bisnis budidaya ikan balon ini bisa dan cocok dijalankan untuk semua kalangan tua maupun muda. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat.

Dengan kemauan dan minta yang sangat tinggi maka bisnis budidaya ikan balon ini dapat anda jalankan dengan sangat mudah.

Peralatan Bisnis Budidaya Ikan Balon

Dalam menjalani bisnis budidaya ikan balon pasti anda akan membutuhkan peralatan-peralatan yang sangat penting diantaranyan wadah dan jerigen, pompa air, pembuatan kolam ikan balon, sewa lahan, drum, dan lainnya.

Dengan adanya peralatan-peralatan tersebut maka bisnis yang nantinya anda jalankan pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Budidaya Ikan Balon

budidaya ikan balon di kolam kecil
pixabay.com

Cara budidaya ikan balon ini memang dapat dikatakan sangatlah mudah, dan dalam pemasaran juga ikan balon ini sangat mudah diterima oleh para masyarakat. Inilah yang akan memberikan potensi bisnis untuk budidaya ikan balon yang tampil cerah dan sangat prospektif.

Mungkin anda meminati untuk berbisnis ikan balon ini! Jika anda berminat untuk membudidayakannya dapat anda jalankan dengan sangat mudah dan juga modal yang nanti dibutuhkan tidaklah terlalu besar.

Sehingga bisnis ini budidaya ikan balon ini dapat anda jalankan dengan sangat mudah. Di sini anda juga dapat mempelajari tentang mengenai bisnis ikan balon di bawah ini.

Media Budidaya Ikan Balon

budidaya ikan molly balon
pixabay.com

Langkah pertama dalam membudidayakan ikan balon ini sangat berbeda dengan budidaya ikan lemon yang harus anda perhatikan yaitu dalam pemilihan media untuk budidaya serta lokasi tempatnya.

Akan tetapi terlebih dahulu anda dapat memperhatikan tempatnya atau lokasinya. Untuk lokasi yang sangat tepat anda bisa memilih ruangan ataupun di luar ruangan yang sekiranya media dapat dipantau agar lebih mudah untuk perawatannya.

Adapun media yang dapat anda gunakan yaitu :

  • Anda dapat menggunakan kolam kecil ataupun kolam besar, jika anda ingin membudidaya ikan balon yang banyak. Untuk itu anda juga harus mempersiapkan kolam dengan sanitasi air yang baik dan mudah ketika dikontrol.
  • Media yang kedua yaitu akuarium. Untuk akuarium yang dapat anda gunakan bermacam-macam tergantung kemauan anda dan selera anda. Anda juga bisa meletakkan akuarium di beberapa tempat sebagai penghias ruangan.
  • Karena ikan balon ini termasuk jenis ikan hias, anda juga bisa meletakkan di akuarium dan ditaro di ruang tamu dan anda juga dapat membudidayakan di berbagai bentuk.
  • Adapun saran untuk anda yang tidak mempunyai wadah sebagai media budidaya, anda dapat menaruhnya di dalam toples yang berukuran besar. Selain menjadi wadah, ini juga akan menambahkan kesan yang sangat unik dan indah jika diletakkan di tempat yang berbeda.

Benih Ikan Balon

cara budidaya ikan balon
pixabay.com

Untuk mendapatkan benih ikan ini berbeda dengan budidaya ikan guppy anda dapat melakukan proses pemijahan pada indukan ikan balon ini. Pertamanya anda harus memilih indukan ikan balon yang benar-benar berkualitas terlebih dahulu.

Perlu anda ketahui bahwa ikan balon ini termasuk jenis ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Adapun langkah-langkah dalam pemilihan indukan serta pemijahan untuk mendapatkan benih ikan balon yang berkualitas yaitu :

  • Hindari pemilihan indukan dengan warna hitam kusam dan pilihlan indukan dengan warna hitam arang dengan umur indukan minimal 5 bulan.
  • Adapun ukuran indukan yang baik untuk jantan sekitar 3 cm dan 5 cm untuk betinanya.
  • Adapun ciri indukan jantan dan betina. Untuk jantan ditandai dengan adanya benjolan berupa gonopodium di belakang sirip perut dengan tubuh yang lebih ramping dan yang berwarna lebih cerah. Sedangkan untuk betina, tidak mempunyai tonjolan dengan postur sedikit lebih gede dan membulat.
  • Setelah sudah memilih indukan yang sangat tepat, anda sudah dapat memulai untuk melakukan pemijahan. Untuk pemijahannya, anda dapat menggunakan media khusus, sebelum nantinya akan dilakukan proses pemindahan.
  • Anda juga dapat melakukan dengan media akuarium ataupun ember yang besar agar untuk mempermudah. Usahakan kadar pada pH air ini berukuran 8-12 dengan suhu rata-25-270
  • Masukkan indukan sebanyak 100-250 ekor dengan perbandingan antara jantan dan betina 1:4. Tunggulah dalam waktu satu minggu hingga benih ikan sudah mulai memenuhi media pemijahan.

Pemindahan Benih Ikan Balon

cara budidaya ikan balon di akuarium
pixabay.com

Langkah yang selanjutnya yang sangat penting dan harus anda lakukan dalam cara budidaya ikan balon ini hampir sama dengan budidaya ikan patin, yaitu pemindahan benih ikan balon ke dalam media pemeliharaan yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Hal ini benar-benar sangat penting karena indukan ikan balon bersifat kanibal dan dapat memakan benihnya sendiri. Dan berikut ini adalah langkah-langkah selanjutnya :

  • Gunakan jarring ikan yang berukuran kecil untuk menangkap benih ikan dan pindahkan ke dalam wadah
  • Masukkan semua benih ikan sehingga tidak ada yang tersisa satupun. Setelah terkumpul anda bisa langsung memasukkannya ke dalam media budidaya.
  • Untuk indukannya anda dapat memindahkannya juga ke media pemeliharaan yang lainnya.
  • Anda juga dapat memijahkannya lagi setelah beberapa bulan kemudian.

Perawatan Ikan Balon

budidaya ikan hias balon
pixabay.com

Adapun langkah yang selanjutnya agar ikan balon anda selalu sehat dan mendapatkan pertahanan lebih lama yaitu selalu merawatnya. Perawatan ikan balon ini sama seperti perawatan budidaya ikan guppy dan budidaya ikan lemon, yang dimana airnya harus benar-benar diganti dalam waktu seminggu sekali.

Unutk merawatnya anda tidak perlu susah dan mengeluarkan biaya yang sangat banyak, cukup dengan memberinya makan secara rutin dan selalu menjaga kebersihan di dalam kolam dan media budidaya ikan balon ini.

Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa rinciannya :

  • Setelah proses pemindahan selesai, maka biarkan hingga benih sudah berumur sekitar 5 hari setelah itu anda baru dapat memberikan makanan berupa kutu air yang sebelumnya sudah anda saring terlebih dahulu.
  • Dalam waktu 5 hari tersebut benih akan mendapatkan nutrisi dari cadangan makanan berupa sisa nutrisi yang melekat pada tubuhnya berupa kantong kuning telur atau biasa dikenal dengan burayak.
  • Setelah sudah berumur 5 hari benih baru dapat disebut dengan bibit. Selain itu. Selain kutu air, anda juga dapat menambahkannya makanan yang lainnya berupa kuning telur rebus yang sudah dihancurkan terlebih dahulu.
  • Setelah bibit berukuran 3 cm, maka anda sudah daoat memulai untuk memberikan makanan yang berupa pakan ikan dengan komposisi nutrisi lengkap dan berupa protein, karbohidrat, kalori, lemak, mineral, dan vitamin.
  • Pemeliharaannya selanjutnya yaitu menjaga kebersihan air di dalam kolam, anda diwajikan untuk membersihkan kolam dengan maksimal seminggu sekali.
  • Kebersihan sangatlah penting untuk menjaga keindahan dan agar ikan juga selalu segar, ini bertujuan untuk selalu menjaga ikan anda dari berbagai macam penyakit.

Cara budidaya ikan di atas merupakan cara yang sangatlah praktis.dan juga mudah. Anda tidak harus melakukan cara budidaya ikan yang susah untuk mendapatkan ikan balon anda agar dapat dibudidayakan.

Sesudah itu juga anda jangan lupakan untuk memilih ikan yang akan anda jual kepada para konsumen, dan ikan yang nantinya akan dijadikan sebagai indukan, sampai ikan yang akan dijadikan sebagai ikan hias untuk di rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *