√ Rahasia Budidaya Ikan Arwana Yang Menghasilkan Jutaan

4 min read

ikan arwana merah

Budidaya Ikan Arwana – Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang berukuran besar di akuarium. Siapa sangka, bisnis ikan yang bermoncong panjang ini bisa sangat menguntungkan.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk budidaya ikan arwana ini? Simak selalu penjelasannya didalam artikel calonbos.com berikut ini.

Budidaya Ikan Arwana

Budidaya Ikan Arwana
aquascap.com

Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai nilai jual yang tinggi. akan tetapi, banyak orang yang sering kali ragu untuk membudidayakan ikan jenis arwana ini, karena biaya produksi juga yang lumayan tinggi.

Untuk memulai bisnis anda memang harus mempunyai modal yang cukup  besar untuk area pembudidayaan, biaya untuk membeli ikan arwana, serta biaya untuk pemeliharaan ikan arwana tersebut.

Disamping itu juga, anda harus mempunyai keterampilan dan teknik yang baik dalam proses pemeliharaannya.

Meskipun tergolong sulit dan juga banyak orang yang tidak menginginkan budidaya ikan ini, namun jiika anda mempunyai semangat yang tinggi dan ketekunan dalam menjalankan bisnis ini, calonbos.com jamin hasil yang anda akan dapatkan akan sangat besar.

Besarnya biaya produk dalam membudidayakan ikan arwana ini akan terbalaskan lunas, karena hasil dan keuntungan yang didapatkan oleh pembudidaya ikan arwana ini juga sangat berlipat ganda.

Hal ini tidak akan lepas dari harga ikan arwana yang memang masih sangat tinggidan bahkan cenderung naik, serta banyak orang yang ingin mempunyai ikan hias dan indah ini sebagai penghias di rumah atau di kantor anda.

Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan Dalam Budidaya

budidaya ikan arwana super red
abahtani.com

Untuk memulai budidaya ikan arwana ini anda membutukan aneka material-material yang bisa mendukung budidaya ikan arwana anda tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa bahan atau barang yang perlu anda siapkan.

Bahan-bahan yang akan dijelaskan di dalam artikel ini akan membantu anda dalam mempertimbangkan, sehingga biaya produksi yang akan dikeluarkan bisa ditekan.

Media Untuk Membudidaya Ikan Arwana

Sebagai media budidaya ikan arwana, anda membutuhkan 4-6 aquarium. Di dalam aquarium tersebut, barang-barang yang seharusnya anda miliki antara lain :

  • Alat pengukur suhu
  • Heater
  • Penyaring air
  • Lampu
  • Aerator
  • Oksigen pembuat gelembung
  • Dan saluran air

Jenis Bibit Ikan Arwana

Ada beberapa jenis ikan arwana, anda bisa memilih jenis ikan arwana yang seperti apa yang anda inginkan dan budidayakan tersebut.

Untuk menentukan pilihan yang sangat tepat, anda bisa melakukan survei secara langsung di pasar ikan, kira-kira jenis ikan arwana apa yang banyak diminati oleh banyak orang dan paling laku di pasaran.

Pakan Ikan

Untuk bahan pakan ikan arwana ini, anda harus mempersiapkan pakanan pelet. Pelet yang anda gunakan sebaiknya yang mempunyai kandungan dan protein yang sangat baik, sekitar 32%.

Selain pelet, anda juga bisa memberikan pakan berupa udang, potongan daging kecil, ikan mas, dan kepiting kecil. Untuk pakan ikan arwana sendiri tentu berbeda dengan pakan Budidaya ikan gurame.

Langkah Sederhana Memulain Bisnis Budidaya Ikan Arwana

budidaya ikan arwana silver
fauna.id

Setelah sudah anda siapkan untuk bahan-bahan dan material untuk membudidayakan ikan arwananya, berikut ini akan calonbos.com berikan gambaran melalui simulasi yang sangat sederhana dalam menjalankan budidaya ikan arwana tersebut.

Mempersiapkan Budidaya Ikan Arwana

Seperti apa yang telah calonbos.com jelaskan di atas, pertama-tama anda harus mempersiapkan tempat untuk membudidayakan ikan arwana. Desainlah aquarium yang anda beserta seluruh peralatannya dengan baik, dan pastilah akan kebersihannya.

Anda juga bisa menambahkan beberapa batu, karena ikan arwana sangat senang tinggal di dalam kolam atau aquarium yang berbatu.

Mempersiapkan Air Di Aquarium

Anda harus mempersiapkan air pada aquarium tersebut dengan temperatur suhu rata-rata 27-30o C. selain dari suhu air, air di dalam kolam aquarium tersebut sebaiknya mempunyai kadar pH air sebesar 7. Kolam yang digunakan juga berbeda dengan Budidaya ikan sidat, karena kolam ikan sidat sendiri memakai terpal dan untuk membudidayakan ikan arwana harus memakai aquarium yang besar.

Disamping itu juga, anda harus mengusahakan agar air pada aquarium tersebut selalu jernih dan bersih airnya berbeda dengan budidaya ikan gurame yang airnya kotor tidak seperti air ikan arwana dan aquarium ikan arwana juga selalu mengalir dengan bantuan sirkulator.

Mempersiapkan Penerangan Lampu Di Aquarium

budidaya ikan arwana di akuarium
youtube.com

Anda harus memastikan bahwa aquarium tersebut mempunyai penerangan lampu yang sangat baik, karena ikan arwana ini sangat senang dengan cahaya.

Akan tetapi anda sebaiknya tidak menaruh aquarium di luar ruangan, sebab ikan arwana ini tidak bisa bertahan hidup dengan cahaya langsung matahari.

Mempersiapkan Ikan Arwana Indukan

Dalam membudidayakan ikan arwana, anda harus memisahkan ikan yang indukan dari ikan-ikan yang lainnya. Anda harus memastikan kualitas pada ikan arwana indukan agar mempunyai mutu yang tinggi.

Dengan kualitas indukan yang sangat baik, maka akan memudahkan untuk berkembang biak dan menghasilkan bibit-bibit yang baik pula.

Disamping itu juga, kualitas pada ikan arwana ini sangat baik untuk menghindarkan ikan arwana tersebut agar rentan terhadap penyakit. Untuk merawat kualitas indukan ikan arwana anda yang baik, sebainya anda memberikan pakanan berupa udang.

Umumnya ikan arwana yang sudah siap untuk dikembangkanbiakkan yaitu ketika telah berusia 4,5 tahun, dengan panjang kelaminnya sekitar 45-60 cm.

Memberikan Pakan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pakanan yang baik untuk ikan arwana adalah pelet dengan kandungan protein yang sangat tinggi dan aneka pakanan lain seperti udang, potongan kecil daging, ikan mas, dan kepiting kecil.

Beri pakan pada ikan arwana pada secukupnya saja, yakni 2x sehari pada pagi dan sore. Pemberian pakan ini sangat berbeda dengan memberikan pakan budidaya ikan sidat yang memberikan pakannya 3x sehari. Pakan ikan arwana ini sama halnya dengan memberikan pakan budidaya ikan kerapu yang untuk membudidayakan diberikan pakan sehari 3x.

Disamping itu juga, anda harus memberikan zat pemicu untuk pertumbuhan pada ikan yang banyak dijual di pasaran pada pakanan ikan tersebut sehingga ikan arwana anda dapat tumbuh dengan semaksimal mungkin.

Proses Perkembangbiakkan

ternak ikan arwana
kuyahejo.com

Dalam proses perkembangbiakkan ikan arwana ini, anda harus memahami ikan mana saja yang sudah mempunyai pasangan.

Caranya sangat mudah, yakni dengan mengamati jika terdapat dua ikan arwana yang berlainan jenis kelamin selalu berenang dengan berdampingan dengan posisi kepala selalu menempel pada ekor tersebut.

Jika sudah dalam posisi berdampingan, maka ikan tersebut sudah mempunyai pasangan dan sudah siap dikembangbiakkan. Jika anda menemukan ikan arwana yang berpasangan tersebut, maka segera pisahkan ikan tersebut pada aquarium lain, agar ikan arwana dapat segera berkembangbiakkan.

Membesarkan Benih Ikan Arwana

ikan arwana jardini
abahtani.com

Jika anda ingin membudidaya ikan arwana anda harus berhati-hati dalam membesarkan benih-benih ikan arwana. Untuk ikan arwana yang masih kecil cukup anda berikan pakan dengan cacing.

Jika ikan arwana tersebut sudah lumayan besar atau berukuran sekitar 12 cm, maka anda harus segera memisahkan ikan arwana tersebut dengan menyortirnya.

Tujuan untuk menyortirnya adalah agar benih-benih ikan yang masih kecil ini tidak dimakan oleh ikan yang besar. Ikan-ikan arwana yang sudah siap dijual dan di pasarkan pada umumnya yang sudah berusia 2 tahun, dengan panjang 25-40 cm.

Begitu juga seterusnya pada proses budidaya ikan arwana ini yang bisa anda kembangkan dalam berbisnis budidaya anda.

Keuntungan Besar Berbisnis Budidaya Ikan Arwana

ikan arwana termahal
pinterest.com

Biaya yang besar dalam memproduksi dan membudidaya ikan arwana itu akan terbayarkan dengan keuntungan yang akan anda raup dari bisnis budidaya ikan tersebut.

Harga untuk jual ikan arwana dengan ukuran 25-40 cm itu sangat fantastis sekali. Jika bentuk dan kualitasnya sangat bagus harga jualnya dapat mencapai hingga Rp 5 juta per ekor.

Dalam menjalankan bisnis ikan ini dibutuhkan ketekunan dalam berusaha, sehingga budidaya yang akan anda jalankan tersebut akan mendapatkan penghasilan yang sangat menggembirakan.

Mempelajari Karakter Ikan

ikan arwana platinum
pixabay.com

Setelah sudah dipindahkan ikan arwana yang masih kecil maka ikan itu sudah dapat dijual dan dipelihara sampai berukuran 30 hingga 40 cm, ikan arwana yang berukuran seperti itu akan banyak sekali peminatnya. Karena ikan yang berkarakter remaja ini sangatlah agresif dan gesit sehingga ikan tersebut dengan ukuran seperti itu sangat banyak disukai.

Apabila anda ingin mendapatkan warna ikan yang lebih alami, anda bisa mencobanya menjemur ikan arwana tersebut dipagi hari karena sinar matahari pada pagi hari ini sangatlah baik untuk membentuk warna alami yang cemerlang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *