√ Rahasia Budidaya Burung Walet yang Sangat Menguntungkan

4 min read

Mengetahui Ciri-Ciri Burung Wallet

Budidaya Burung wallet merupakan salah satu jenis burung ekspor yang sangat istimewa karena mempunyai banyak manfaat. Terutama yang dihasilkan dari air liurnya.

Air liaur burung wallet atau yang biasanya dapat disebut dengan sarang burung wallet itu mempunyai harga yang sangatlah istimewa alias mahal.

Maka dari itu sudah banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan burung ini untuk diambil manfaatnya.

Ada yang membangun gedung-gedung tinggi dan ada juga yang manfaatkan salah satu ruangan rumahnya untuk dijadikan sebagai sarana budidaya burung wallet ini.

Bagi anda yang menginginkan untuk mencoba budidaya burung wallet ini, tidak ada yang tidak mungkin, anda pasti dapat melakukannya.

Asalkan diiringi dengan kesabaran dan juga ketekunan untuk selalu terus mempelajari hal yang dapat anda geluti tersebut.

Buat anda yang ingin budidaya burung wallet, maka disini  calonbos.com akan membeberkan bagaimana tata caranya, yaitu sebagai berikut :

Metode Budidaya Burung Wallet

budidaya burung walet pemula
pixabay.com

Langkah awal dalam menjalankan budidaya burung walet tentu saja merupakan dengan sistem membuat sarang untuk burung walet yang anda miliki. Langkah dalam budidaya ini berbeda dengan langkah budidaya cacing sutra.

Untuk tempat tinggal burung wallet, sarang atau sangkar yang mendorong perkembangan burung walet akan memancing burung walet ingin membuat sarangnya di dalam sangkar tersebut.

Oleh sebab itulah anda harus benar-benar akurat dalam membikin rumah yang nantinya akan diterapkan sebagai daerah untuk budidaya burung walet hal yang demikian.

Ada beberapa tips yang dapat anda pakai untuk membikin rumah dengan bagus.

Pertama yaitu, bahwa daerah yang banyak disukai oleh burung walet untuk membuat sarangnya, sebetulnya sama dengan daerah yang disukai oleh jenis burung sriti. Sama seperti budidaya ayam joper anda harus menentukan dalam tempat atau sarang yang pas untuk budidaya yang akan anda lakukan.

Oleh karena itu, beberapa para budidaya pemula biasanya membuat rumah untuk burung sriti terlebih dahulu, dengan cara menggunakan batu bata yang di cor mirip dengan sebuah bangunan rumah dengan memastikan suhu bangunan tersebut benar-benar lembb.

Apabila dalam budidaya di dalam rumah anda burung sriti tersebut sudah membuat sarang, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu mengganti  telur yang dikeluarkan oleh burung sriti sebagai awal dalam budidaya burung wallet.

Dengan anda melakukan hal yang tersebut, maka anda bisa memastikan bahwa sarang tersebut akan disukai oleh burung wallet, dengan biaya yang sangat relatif rendah dan dapat ditingkatkan dari kualitasnya tersebut.

Bibit Burung Wallet

budidaya burung walet sederhana
pixabay.com

Lalu bagaimana anda bisa mendapatkan telur burung wallet itu sendiri?

Jawabannya yaitu anda dapat membelinya di pasar burung yang menyediakan beberapa dan berbagai macam telur burung dan salah satunya juga pasar itu menyediakan telur burung wallet dan pasti juga ada yang menyediakan telur burung puyuh.

Atau anda juga dapat membelinya di marketplace ataupun di toko-toko online yang menyediakan telur burung wallet.

Harga telur burung wallet sendiri juga cukup terbilang mahal, yakni seharga 200 ribu per tiga puluh buah telur bisa kurang ataupun lebih, tergantung harga jual dimasing-masing daaerah tersebut.

Memberikan Plat Almunium Pada Sarang

budidaya burung walet untuk pemula
pixabay.com

Jika sarang burung wallet anda sudah dibuat, lalu langkah selanjutnya yaitu memberikan plat-plat almunium pada sarang sebagai format modifikasi dan pengembangan sarang lanjutan yang dapat dipakai untuk merawat rumah burung walet agar menjadi lebih bagus lagi.

Hal ini dapat anda lakukan sesudah anda berhasil dalam meletakkan sebagian telor burung walet pada sarang yang sudah dibuat oleh burung sriti tersebut.

Plat almunium tersebut demikian dapat anda letakkan di sudut atap. Kenapa plat almunium? Sebab umumnya burung wallet sangat menyenangi plat almunium untuk membikin sarangnya.

Langkah selanjutnya, untuk meletakkan telor seharusnya anda dapat melakukannya dengan hati-hati.

Pakailah kotoran burung wallet untuk mengoleskannya di telor yang anda bawa atau pada perlengkapan tangan yang anda pakai supaya burung wallet tidak menyadari bahwa anda merupakan manusia dan menganggap bahwa anda masih satu klasifikasi dengan burung wallet tersebut.

Mengetahui Ciri-Ciri Burung Wallet

budidaya burung walet rumahan
pixabay.com

Cara beternak burung wallet yang satu ini memang harus benar-benar anda lakukan dari sejak awal. Anda harus mengetahui bagaimana bentuk burung wallet tersebut. Sama seperti ketika anda menginginkan budidaya burung puyuh pasti sebelum anda membudidayakannya anda pasti harus mengetahui bagaimana ciri-ciri burung puyuh tersebut.

Bagaimana dapat anda budidaya burung wallet, tapi anda sendiri saja tidak mengetahui bagaimana bentuk burung wallet.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui apa saja macam-macam burung wallet tersebut. Maka berikut ini akan calonbos.com sampaikan beberapa ciri-cirinya tersebut yang dapat anda mengetahuinya :

  • Sayapnya berbentuk sabit yang agak meruncing dan melengkung
  • Warna burung wallet tersebut gelap secara utuh, kalaupun ada warna lain maka kemungkinan besar porsinya yang kecil
  • Tubuh burung wallet tersebut berukuran sedang dan tidak terlalu kecil dan tidak beda jauh dengan burung gereja
  • Mempunyai kecepatan terbang yang tinggi
  • Kaki dan paruh burung wallet tersebut berukuran benar-benar kecil
  • Burung wallet ini tidak bisa berjalan dengan kakinya sehingga tidak pernah hinggap di pepohonan
  • Burung wallet mempunyai kebiasaan berdiam di dalam gua dan juga di gedung kosong yang tidak ada pemiliknya
  • Burung wallet juga mencari makanan berupa serangga yang terbang terutama pada waktu sore hari atau ketika matahari ingin terbenam

Memilih Sarang Gedung Di Tempat yang Sepi

budidaya burung walet youtube
pixabay.com

Dalam pemilihan lokasi untuk membuat sarang wallet, sebaiknya anda dapat meletakkannya jauh dari suara yang berisik atau lingkungan yang terlalu lama.

Karena apabila anda melakukan budidaya di tempat yang bising, maka burung wallet tersebut akan tidak betah dan akan pergi untuk mencari sarang yang lain.

Selain itu juga pastikan bahwa setelah gedung atau rumah sudah selesai dibuat atau direnovasi, maka anda dapat mengoleskan kotoran wallet yang telah dicampur dengan air disekitar gedung tersebut.

Tujuannya agar burung wallet bisa menjadi tertarik untuk berdiam dan merasa nyaman di tempat tersebut.

Perawatan Burung Wallet

budidaya burung walet yang benar
pixabay.com

Anak burung wallet yang baru saja menetas pastinya masih sangat lemah dan belum sekuat dengan indukannya.

Biasanya para budidaya burung wallet ini tidak akan mengeluarkan anakan wallet selama satu minggu dalam masa penetasan.

Untuk pakanan anak wallet sendiri dapat anda berikan berupa rayap, kumbang, serangga, semut, nyamuk, lalat, ulat kecil, dedaunan, dan juga kroto.

Semua anak burung wallet ini memakan serangga yang mengandung ekstra daging seperti protei, sereal, biji-bijian (karbohidrat) dan juga mineral yang lainnya.

Rasio pada protein 40%-60% karbohidrat merupakan keseimbangan antara yang baik untuk diet anakan burung wallet tersebut.

Sangat penting untuk anda membuat burung untuk memakan makanan yang masih alami, jadi anda jangan lupa untuk memberikan mereka serangga, dan juga ulat cincang.

Panen

budidaya burung walet sukses
pixabay.com

Untuk pemanenan burung wallet sendiri, ada 3 cara pada pemanenannya yaitu :

Panen Rampasan

Merupakan cara yang dapat anda gunakan jika burung wallet sudah benar-benar siap bertelur, hanya saja belum sempat untuk bertelur dan saat inilah dapat mengambil sarang wallet tersebut. Pemanenan ini cukup berbeda dengan pemanenan budidaya cacing sutra.

Keuntungan pada cara ini yaitu dengan mendapatkan beberapa jenis sarang wallet yang benar-benar berkualiatas dan juga bagus.

Jarak antara pemanenan akan lebih singkat, akan tetapi lebih kelelahan dan tidak akan cukup tenaga untuk kembali bereproduksi.

Panen Buang Telur

beternak burung walet
pixabay.com

Cara ini merupakan, cara yang persis dilakukan dengan sesuai namanya, yakni membuang telur wallet yang masih banyak dan wallet telah membuang sarang sebanyak 2 buah.

Maka dari itu anda dapat mengambil sarangnya dan membuang telurnya. Bahkan anda juga dapat memanen sampai 4 kali setiap tahunnya dengan cara ini dan akan mendapatkan kualitas sarang yang sangat baik.

Hanya saja ini akan membuat wallet kehabisan waktu untuk berkembang biak.

Panen Penetasan

Panen Penetasan
pixabay.com

Ini merupakan panen yang dilakukan apabila anakan wallet sudah menetas dan dapat berterbang. Sayangnya kualitas pada sarang ini akan menurun namun anda dapat menambahkan populasi dari burung wallet tersebut.

Anda dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sarang dan buang sarang wallet yang sudah tidak layak untuk dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *