ASET KRIPTO YANG TERDAFTAR RESMI

ASET KRIPTO YANG TERDAFTAR RESMI – Menurut peraturan badan pengawas perdagangan berjangka komoditi nomor 7 tahun 2020 tentang penetapan daftar aset kripto yang dapat diperjual belikan dalam pasar fisik aset ada 229 aset. Aset ini boleh diperdagangkan dalam negri. Peraturan ini telah berlaku mulai 17 desember 2020. Ijin ini ei berikan lewat Bapeppti seiring dengan terbitnya peraturan dari Bapeppti sendiri. Dalam peraturan tersebut telah dijabarkan beberapa aset yang resmi boleh diperualbelikan di Indonesia. Dengan terbitnya Perba (peraturan Bappebti, diharapkan kegiatan jual beli aset kripto di Indonesia mampu memberikan kapastian hukum sekaligus perlindungan masyarakat yang bertransaksi fisik aset kripto di Indonesia, jelas kepala Bapeppebti Shidarta Utama dalam keterangan resmi. Beliau menjelaskan dengan diberikanya ijin kepada 229 aset kripto, maka pihaknya berwajib untuk melakukan pelarangan transaksi aset yang tidak mendapatkan izin. Hal ini dilakukan untuk memberikan pejelasan bagi masyarakat yang bergelut di dunia aset kripto.

Shidarta menjelaskan 229 aset yang telah mendapatkan ijin sudah diputuskan melalui upaya upaya pendekatan yuridis dengan melihat pringkat 500 coin market cap yang sesuai ketentuan pasal 3 ayat 2 huruf c Peraturan Bappebti nomor 5 tahun 2019. Ia melanjutkan sebelum menetapkan ijin, 229 aset kripto ini sudah melalui proses penilaian analisis hierarki proses dari Bappebti dengan memperhatikan aspek keamanan, tata kelola system, profil tim dan anggota yang menggembangkan, skalabilitas system blockchain, roadmap yang menjelaskan rencana pengembangan sitem blockchain yang dapat diverifikasi nilai standar pencapainya mendapat nilai 6,5.

Sebelumnya hasil Ijtima Ulama Fatwa MUI menyatakan bahwa mata uang kripto haram, dan tidak sah diperdagangkan. Namun kabar terbaru Majlis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah telah mengeluarkan keharaman untuk kripto. Baik sebagai kegiaatan investasi maupun alat tukar. Alasanya adalah adanya kecenderungan mengandung unsur yang tidak pasti, perjudian dan belum di sahkan oleh Negara sebagai mata uang resmi. Banyak masyarakat yang belum paham mengenai mata uang digital ini sehingga sangat beresiko.

Dibawah akan kamu beri beberapa contoh aset yang terdaftar resmi di Bappebti

Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang yang terdesentralisasi. Mata uang ini diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto.

Ethereum

Menurut Website remi organisasi Ethereum, Ethereum adalah platform terdesentralisasi yang bisa menjalankan smart contract.

Tether

Sebuah aset digital berbasis stablecoin, mata uang digital yang terikat dengan aset dalam dunia nyata seperti mata uang dolar AS

XRP/Ripple

Ini adalah sebuah mata uang kripto asli dari XRP Ledger, kita sebenarnya dapat menggunakan mata uang apapun untuk melakukan transakti dalam platform.

Binance Coin

Merupakan sebuah aset kripto yang diterbitkan oleh Binance Exchange dan diperdagangkan dengan Simbol BNB.

Litecoin

Mata uang modifikasi dari kode bitcoin yang sudah terlebih dahulu. Memiliki kode LTC, mata uang ini diciptakan oleh Charlie Lee pada tahun 2011.

Uniswap

Merupakan sebuah protocol Ethereum yang dapat membantu pengguna untuk menukar toker ERC20.

Dogecoin

Merupakan sebuah mata uang digital cryptocurrency yang awal mulanya hanyalah sebuah gurauanyang di tulis oleh Elon Musk.

Waves

Sebuah platform blockchain dengan banyak kegunaan yang mendukung berbagai usecase termasuk DApp dan smart contract.

Enjin Coin

Merupakan koin digital berbasis blockchain yang menyediakan ekosistem produk gim

Solana

Adalah sebuah platform kumputasi berbasis blockchain yang terdesentralisasi menggunakan token aslinya (SOL) untuk membayar transaksinya.

BACA JUGA :

Waltonchain

Sebuah platform open source yang secara unik dapat mengintegrasikan block teknologi RFID dan IoT untuk mempromosikan transformasi industry.

Airswap

Merupakan aset yang diperdagangkan peer to peer token ERC20 dalam blockchain Ethereum, melalu negosiasi Off-chain dan diselesaikan on-chain.

Vidycoin

Merupakan jaringan iklan video yang terdesentralisasi Blockchain pertama di dunia yang disematkan ke dalam publisher atau media.

Ravencoin

Sebuah proyek blockchain open-source yang secara khusus didedikasikan untuk pembuatan dan transfer aset peer to peer.

Diatas adalah beberapa coin yang sudah memiliki ijin resmi untuk penjualan aset kripto di Negara kita ini. Sebenarnya masih banyak sekali coin coin yang sudah mendapatkan ijin resmi. Untuk memilih aset yang akan kita peradangkan ada baiknya kita untuk mempertimbangakan hal ini. Bertujuan untuk keaman dan kenyamanan dalam melakukan transaksi digital. Dengan bermain aset yang sudah mengantongi surat ijin kita tentunya akan merasa lebih tenang. Nah aset mana yang akan kita pilih untuk berdagang dalam dunia kripto? Tentukan pilihan kita sesuai budget yaa. Semangat mencoba

Tinggalkan komentar