√ Cara Menanam Cabe [Agar Cepat Subur Dan Memiliki Buah Melimpah]

4 min read

Cara menanam cabe – Cabe rawit adalah jenis cabe yang bentuknya lebih kecil memberikan sensasi yang sangat pedas dan sangat terasa. Nama latin cabe adalah Capsicum Annum var longum. Tanaman cabe ini merupakan jenis tanaman perdu dari keluarga terong-terongan.

Cabe ini berasal dari benua Amerika tepatnya di daerah Peru dan menyebar ke beberapa negara di Benua Amerika, Eropa, Asia, dan termasuk ke negara Indonesia.

Cabe ini sering sekali digunakan untuk menemani santapan gorengan maupun dijadikan sebagai bumbu nasi gorong atau yang lainnya.

Sebabnya, orang Indonesia adalah salah satu pecinta pedas sehingga ketika harga cabe naik, pastilah akan timbul kehebohan di tengah-tengah masyarakat.

Selain cabe rawit dan cabe merah, ada beberapa macam-macam cabe yakni :

  • Cabe merah
  • Cabe kathur
  • Cabe kriting
  • Cabe gendot
  • Cabe jalapeno
  • Cabe rawit
  • Cabe merah
  • Cabe hijau
  • Dan paprika

Selain sangat mudah ditanam, cabe ini sangat sering ditemukan.

Cara Menanam Cabe

tanaman cabai merah
penjaga rumah

1. Cara Menanam Cabe Untuk Penentuan Lokasi

Menentukan lokasi adalah hal yang sangat penting dan hal yang sangat krusial, yang harus dilakukan untuk memastikan tumbuh kembang tanaman cabai yang sempurna.

lokasi menanam cabai
kompasiana.com

Untuk itu, simak 6 syarat lokasi menanam cabe yang harus dipenuhi :

  • Permukaan tanah untuk menanam cabe harus berada di antara 300-2.000 mdpl
  • Harus dipastikan kelembapannya tidak terlalu tinggi
  • Lokasi media tanam cabai harus terkena sengatan cahaya matahari secara langsung sepanjang hari
  • Temperatur yang sangat ideal adalah 27 derajat C
  • Ph tanah harus netral haruslah berkisar antara 5 sampai 7
  • Menanam bibit cabe bisa dilakukan di atas sawah bekas menanam padi ataupun tegalan yang tanahnya harus gembur, kaya akan unsur hara, dan memiliki persediaan air tanah yang sangat cukup

2. Cara Menanam Cabe Pada Pemilihan Bibit Cabai

memilih bibit cabai
pangkalan jaya

Setelah itu, inilah saatnya untuk memilih bibit-bibit cabe yang bagus.

Bibit cabe yang berkwalitas adalah salah satu syarat penting untuk menumbuhkan tanaman cabai yang fisiknya sehat dan sempurna.

Untuk memilihnya, cukup kupas bagian kulitnya dengan pisau, pilih cabe yang segar dan bagus untuk diambil biji-bijinya.

Setelah sudah dipisahkan lalu simpahlah di bawah sinar matahari sampai kering.

Jika anda tidak mau repot, anda bisa saja membeli bibit di toko terdekat rumah anda.

Namun, modal yang diperlukan tentunya akan lebih mahal dari pada opsi yang diawal.

3. Cara Menanam Cabe Saat Pemilihan Jenis Pupuk

cara menaruh pupukdi cabe
kebun pedia

Banyak para ahli teknologi untuk meneliti tanaman yang menyatakan bahwa menggunakan pupuk organik jauh lebih baik dari pada penggunaan pupuk kimia.

Unsur pupuk kimia yang terkandung dalam pupuk buatan itu dapat menyebabkan kondisi tanah akan menjadi keras dan akan menghambat pertumbuhan zat hara.

Berbeda dengan pupuk yang organik yang mempunyai efek positif terhadap tanaman dan tanah, seperti mendukung daya kembang mikro organisem tanah.

Nitrogen dan urea memang sangat dibutuhkan pada tanaman, dimana hampir 70% zat yang dibutuhkan tanaman adalah nitrogen.

Namun kita tidak bisa diabaikan yang 30%-nya dimana hal ini dapat dipenuhi dengan menggunakan pupuk tanaman tersebut.

Akan tetapi hindarkan pada pupuk kimia seperti urea dan npk yang sangat berlebihan agar tanaman akan tetap menjadi bagus dalam masa pertumbuhannya.

Proses pemupukan ini juga jelas sangat berbeda dengan Pemupukan tanaman hias daun

4. Menyemai Cabe

menyamai cabai
kabartani.com

Untuk menyemai cabe, lebih mudahnya pakailah polybag kecil yang penuh dengan tanah dan pupuk sebagai medianya.

Masukkanlah bibit cabai yang telah dijemur di sinar matahari dan siramlah tanaman tersebut setiap pagi dan sore.

Untuk lebih rincinya lagi, kamu bisa mengikuti cara-cara ini :

  • Siapkan polybag dan masukkan tanah yang sudah diaduk dengan pupuk, cukup sedikit saja, setelah itu masukkan bibit cabe yang sudah dijemur di sinar matahari 1 bibit saja cukup.
  • Hindarkan dari air hujan serta sinar matahari selama kurang lebih satu minggu.
  • Sebelum dimasukkan, rendam terlebih dahulu bibitnya selama 4 jam.
  • Masukkan bibit ke dalam polybag lalu ditutupi dengan tanah dengan kedalaman 2 cm saja.
  • Setelah sudah tumbuh benih, kamu sudah bisa memperkenalkan tanaman cabe ini dengan sinar matahari langsung.

5. Penyiangan Tanaman Cabe

menyemai tanaman cabai
picssr.com

Penyiangan tanaman cabe adalah proses menghilangkan tanaman benalu pada tanaman yang ikut tumbuh di bagian pohon cabe dan juga menghilangkan bagian tanaman cabe yang terdapat kekeringan dan pembusukan.

Lakukan penyiangan terhadap daun maupun pohon tanaman yang mongering dan mati.

Tujuan dari penyiangan ini agar tanaman dapat memproduksi kembali dahan maupun batang yang dipotong tersebut dan digantikan dengan daun dan batang yang lebih kuat dari yang awalnya.

Proses penyiangan ini juga sangat berbeda dengan Budidaya tanaman melon

Namun, hal yang perlu diingat adalah jangan memangkas habis pohon agar tidak mengenai sumber kehidupan pada tanaman cabe tersebut dan berakhir dengan tanaman cabe yang mati.

Gunakanlah pisau atau gunting tanaman untuk melakukannya dan harap hindari menggunakan tangan kosong yang ditakutkan mengenai batang pohon cabe yang seharusnya tidak dihilangkan.

Itulah beberapa cara menanam cabai supaya cepat berbuah dan cepat besar.

Kegagalan ibarat seperti cabe. cabe pasti pedas, tapi kita tidak akan tahu seberapa pedasnya sampai kita mencicipinya. Iya memang sengaja dibuat untuk menambah nikmatnya sebuah perjuangan.

6. Cara Merawat Tanaman Cabe

Cara penyemprotan pupuk daun bayfolan dan fungisida antracol untuk pencegahan serangan jamur antraknosa, virus bule, daun kuning pada tanaman cabai
abahtani.com

Setelah sudah melalui 5 proses di atas kini kita akan merawat cabe agar cepat berbuah dengan sangat lebat.

Jangan lupa juga untuk menyirami dan memberikan nutrisi disetiap paginya. Dan juga jangan lupa selalu melihatnya apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang mengganggunya pertumbuhan cabe.

Jika ada tanaman lain maka cabutlah secara rutin agar tanaman cabe tersebut bisa tumbuh dengan cara yang sangat baik.

Cara ini jelas sangat berbeda dengan cara mencangkok tanaman. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan juga untuk merawat tanaman ini agar menghasilkan tanaman cabe ini berbuah sangat cepat.

  • Menjaga kadar air pada tanaman cabe tersebut. Jangan sampai tanaman cabe anda kekurangan air karena dapat mengakibatkan fatal dalam proses pertumbuhannya.
  • Perhatikanlah asupan nutrisi. Mulai dari setelah penanaman, pemupukan, dan hingga penyiraman sampai mulai tumbuh tetaplah jaga asupan nutrisi pada tanaman cabe. Banyak para petani dan orang-orang salah persepsi dan berfikir bahwa tanaman cabe yang sudah tumbuh tidak memerlukan air dan nutrisi lagi. Persepsi ini sangat salah besar karena untuk mendapatkan hasil yang memuaskan anda tetap harus menjaga asupan nutrisinya dan air juga.
  • Pangkas tunas susulan yang dapat memperlambat kecepatan berbuah tanaman cabai anda. Mungkin anda merasakan sayang, akan tetapi juga ingat tujuan anda disini hanya untuk memperoleh buah cabai yang cepat dan sangat lebat bukan pohon cabai yang lebat akan tetapi buahnya yang lebat.
  • Memberikan penopangan atau penyanggah pohon tersebut dengan kayu atau papan pada pohon tersebut. Ini bertujuan untuk pohon cabe tersebut tetap berdiri kokoh disaat buah cabe semakin banyak dan akarnya juga mulai melemah.
  • Menjaga tanaman dari hama dan gulma dengan cara menyemprotkan pestisida kepada tanaman cabe. Sebaiknya cara ini anda lakukan dengan cara manual saja, selain menghemat pengeluaran, cara ini juga tidak akan merusak tanaman dan kondisi tanah. Selain itu juga anda dapat memperhatikan pertumbuhan pada tanaman cabe ini secara intensif.

Ada banyak jenis gulma pada tanaman cabe. Namun sebaiknya tetaplah menggunakan pestisida kimia namun lebih           baiknya lagi tetap memakai pestisida yang alami untuk membasminya, jika tidak ada pestisida alami, maka pakailah           pestisida yang kimia namun dengan kadar yang sewajarnya saja jangan terlalu banyak-banyak agar tanaman cabe             tersebut tidak terkontaminasi dengan zat kimia dari pestisida tersebut.

7. Panen Cabe

memanen tanaman cabe
karonewsupdate.com

Ketika tanaman cabe telah tumbuh dengan cara sempurna, maka anada bisa melakukan panen. Ternyata menanam cabe itu pun bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah sekali. Jadi, anda tertarik dengan menanam cabe tersebut di halaman rumah anda.

Jika anda semua sudah mempraktekkan beberapa cara menanam cabe agar cepat berbuah diatas dengan sesuai. Anda akan mendapatkan hasil panen yang sangat berbeda dengan sebelumnya.

Tanaman cabe anda akan lebih cepat berbuah dan buahnya pun akan sangat melimpah. Cara merawat dan menanamnya berbeda dengan tanaman bonsai.

Cabe memang pedas, garam memang asin, bawang memang membuat mata kita perih, akan tetapi kalau bisa meramunya secara tepat dan pas, duka cita dan perkelahian bisa membuat keluarga jadi kokoh dan kuat, sekaligus bisa membuat keluarga kita menjadi taman jiwa yang sangat terindah.

Semoga artikel ini memberikan info-info yang bermanfaat untuk anda semua. Apabila ada kesalaham mohon dibukakan pintu maaf.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *